Makanan Saat Haid yang Bisa Dipilih Ketika Datang Bulan

Cokelat hitam adalah salah satu makanan saat haid yang bagus untuk dikonsumsi ketika datang bulan.
Salah satu makanan saat haid yang bisa dicoba kaum hawa adalah yogurt, yang bisa menghindari dari infeksi ragi.

Makanan saat haid yang direkomendasikan, sebenarnya cukup mudah Anda peroleh. Makanan maupun minuman untuk meredakan nyeri datang bulang, penting untuk dikonsumsi. Sebab, haid memang bisa menimbulkan kram maupun rasa sakit lainnya, yang mengganggu aktivitas sehari-hari.

Bahkan saat datang bulan tiba, rasa nyeri, pusing, kelelahan, kembung, diare, hingga suasana hati yang tak menentu pun bisa dialami wanita. Agar hal ini tidak terjadi, kenali makanan saat haid yang bisa hindarkan Anda dari kram perut dan sakit kepala ini.

Makanan saat haid dan rekomendasi minuman untuk redakan nyeri

Jika gejala datang bulan menyerang, jangan khawatir. Perubahan pola makan yang baik, bisa membantu Anda untuk menghindari gejala menstruasi yang menjengkelkan. Maka dari itu, kenali berbagai makanan saat haid ini yang bisa membuat periode datang bulan jadi lebih menyenangkan:

1. Buah yang kaya akan air

Buah yang kaya akan air, seperti semangka atau mentimun, menjadi makanan saat haid yang cocok untuk dikonsumsi saat gejala haid menyiksa. Dengan mengonsumsi buah yang kaya akan air, Anda akan tetap terhidrasi. Dengan begitu, gejala menstruasi seperti sakit kepala karena dehidrasi bisa dihindari.

2. Sayuran berdaun hijau

Penurunan kadar zat besi saat menstruasi adalah hal yang umum terjadi, terutama jika aliran darah menstruasi Anda sangat “deras”. Hal ini dapat menyebabkan kelelahan, nyeri badan, dan pusing.
Sayuran berdaun hijau, seperti bayam, bisa meningkatkan kadar zat besi dalam tubuh Anda. Bayam juga kaya akan magnesium, yang bisa menjaga kesehatan sistem kekebalan tubuh.

3. Teh chamomile

Chamomile memiliki banyak zat anti-inflamasi, yang sangat berguna saat Anda sedang dalam masa haid. Sebab, chamomile bisa menghambat datangnya prostaglandin (zat yang memicu kontraksi otot rahim, rasa sakit, dan kram).

Selain itu, prostaglandin ini juga mengalir dalam aliran darah, dan menyebabkan rasa pusing, mual, dan diare saat masa menstruasi. Maka dari itu, minumlah teh chamomile saat datang bulan tiba, untuk meredakan gejala menstruasi.

4. Jahe

Sama seperti teh chamomile, jahe juga memiliki zat anti-inflamasi yang bisa meredakan sakit otot, saat masa haid tiba. Selain itu, jahe juga bisa menghilangkan rasa pusing selama menstruasi.

Akan tetapi, jangan terlalu banyak mengonsumsi jahe. Sebab, mengonsumsi lebih dari 4 gram jahe dalam satu hari, bisa menyebabkan rasa perih dan panas seperti terbakar pada dada, hingga sakit perut.

5. Biji adas

Dalam sebuah studi, sekitar 80% perempuan yang mengonsumsi kapsul dengan kadar 30 miligram biji adas, sebanyak 4 kali dalam 3 hari, tidak merasakan gejala menstruasi yang menyakitkan. Biji adas juga bisa menghambat kontraksi rahim yang dipacu oleh prostaglandin.

6. Daging ayam

Daging ayam adalah makanan saat haid yang kaya akan zat besi dan protein. Secara keseluruhan, protein sangatlah penting bagi kesehatan Anda. Saat masa menstruasi tiba, daging ayam yang kaya akan protein dan zat besi itu, bisa mengenyangkan perut, sehingga Anda tidak makan berlebihan.

7. Cokelat hitam

Selain lezat, cokelat hitam juga menjadi makanan saat haid yang bisa membantu meredakan gejala menstruasi. Mengonsumsi 100 gram cokelat hitam mampu memenuhi 67% dari kebutuhan zat besi harian dan 58% kebutuhan magnesium harian.

Pada tahun 2010, sebuah studi membuktikan bahwa wanita yang sedang haid, merasakan penurunan gejala menstruasi, setelah mengonsumsi cokelat hitam. Sementara itu, mereka yang kekurangan magnesium, justru merasakan gejala menstruasi yang parah. Itulah sebabnya, cokelat hitam sangat penting untuk dikonsumsi saat datang bulan.

8. Yogurt

Banyak wanita yang mengalami infeksi ragi saat sedang haid, atau sesudahnya. Mengonsumsi yogurt, yang kaya akan probiotik, bisa memberi makan bakteri baik pada vagina, dan membantu Anda terhindar dari infeksi ragi yang berisiko muncul pada masa haid. Yogurt juga kaya akan magnesium dan kalsium, yang tentunya berguna untuk Anda yang sedang mengalami masa haid.

Catatan dari SehatQ

Percayalah, pola makan yang baik dapat membantu Anda terhindar dari gejala menstruasi yang menyebalkan. Akan tetapi, jika rasa kram, pusing dan letih yang Anda rasakan sudah sangat mengganggu aktivitas, ada baiknya berkonsultasi ke dokter, untuk mengetahui penyebab gejala haid terjadi begitu parah.

Healthline. https://www.healthline.com/health/womens-health/what-to-eat-during-period
Diakses pada 18 Desember 2019

On Health. https://www.onhealth.com/content/1/menstrual_period_cramps
Diakses pada 18 Desember 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed