Kimchi merupakan salah satu makanan probiotik yang dapat melancarkan pencernaan
Berbagai macam makanan probiotik memiliki manfaat untuk pencernaan Anda

Saat terjadi masalah pada pencernaan, Anda mungkin sering mendengar bahwa makanan probiotik atau makanan yang tinggi probiotik dapat membantu kinerja usus Anda. 

Umumnya, makanan probiotik yang paling dikenal adalah yogurt, tetapi sebenarnya, makanan probiotik tidak hanya yogurt saja, tetapi ada juga makanan probiotik lain yang bisa ditemukan di pasar swalayan sekitar rumah Anda.

Makanan probiotik mengacu pada makanan yang mengandung probiotik atau bakteri dan jamur yang berguna untuk proses pencernaan. Probiotik sering dilabel sebagai ‘bakteri yang baik bagi usus’.

Apa saja makanan probiotik yang bisa dikonsumsi?

Makanan probiotik tidak harus melulu yogurt, Anda bisa mencari alternatif makanan probiotik lain di pasar swalayan atau bahkan di pasar tradisional sekitaran tempat tinggal Anda. Berikut adalah berbagai jenis makanan probiotik yang bisa Anda konsumsi dan cicipi:

  • Tempe

Siapa bilang Indonesia tidak ada makanan probiotik lokal? Selama ini, tempe yang merupakan hasil fermentasi dari kacang kedelai dan yang sering dipasangkan dengan tahu sebagai pelengkap dari nasi putih kaya akan probiotik. 

Selain tinggi probiotik, tempe juga mengandung protein dan vitamin B12 yang umumnya ditemukan di produk susu dan daging.

Oleh karenanya, tempe bisa menjadi makanan probiotik bagi orang yang menerapkan pola makan vegetarianTidak hanya itu, tempe diyakini memiliki antibiotik alami yang mampu menangkal beberapa jenis bakteri tertentu.

  • Acar

Acar seringkali disepelekan dan hanya dianggap sebagai tambahan belaka di nasi goreng, tetapi acar sebenarnya merupakan salah satu jenis makanan probiotik yang mudah untuk ditemukan.

Namun, tidak semua acar mengandung probiotik, karena acar yang dicampur cuka tidak memiliki probiotik. Bila Anda ingin mengonsumsi acar yang mengandung probiotik, maka pilihlah acar yang difermentasi dengan air garam.

Terdapat berbagai macam jenis acar yang bisa dikonsumsi, seperti acar timun, acar wortel, acar lobak, dan sebagainya. Tidak hanya variatif, acar juga rendah kalori dan mengandung vitamin K yang berperan dalam proses penggumpalan darah.

Meskipun demikian, acar biasanya tinggi garam dan karenanya penderita hipertensi sebaiknya menghindari konsumsi acar dan mencari alternatif makanan probiotik lainnya.

  • Sup miso

Pecinta masakan Jepang tentunya sudah familiar dengan sup miso yang terbuat dari campuran saus miso. Saus miso ini sebenarnya adalah hasil campuran fermentasi antara kacang kedelai, jamur koji, dan garam.

Selain tinggi probiotik, sup miso juga kaya vitamin B, antioksidan, protein, serat, vitamin K, mangan, serta vitamin dan mineral lainnya. Saat ingin memasak sup miso, sebaiknya campurkan miso dengan air hangat karena air panas dapat membunuh probiotik dalam miso.

  • Kefir

Kefir adalah salah satu makanan probiotik yang sedang naik daun dan bisa ditemukan di rak pendingin yang sama dengan yogurt. Kefir lebih tepat jika disebut sebagai minuman probiotik hasil fermentasi susu.

Kefir dibuat dengan mencampurkan biji-biji kefir yang merupakan kumpulan probiotik ke dalam susu kambing atau sapi. Serupa dengan yogurt, kefir juga umumnya dapat dikonsumsi oleh penderita intoleransi laktosa.

Kefir yang tinggi probiotik dapat membantu melindungi dari infeksi dan meningkatkan kesehatan tulang.

  • Kombucha

Selain susu, teh juga bisa dijadikan bahan baku minuman atau makanan probiotik. Salah satunya adalah kombucha. Kombucha merupakan hasil fermentasi dari teh hijau atau hitam yang mengandung probiotik.

Namun, selalu konsultasikan ke dokter sebelum mengonsumsi kombucha jika Anda sedang hamil atau menyusui, karena kombucha mengandung alkohol dalam kadar yang rendah.

  • Kimchi

Maraknya K-pop dan K-drama juga turut meningkatkan minat masyarakat Indonesia mengenai budaya dan makanan Korea. Kimchi adalah salah satu makanan khas Korea yang terkenal dengan rasanya yang pedas dan asam.

Kimchi merupakan salah satu makanan probiotik yang bisa menjadi alternatif. Kimchi yang terbuat dari kubis tinggi vitamin K, zat besi, dan vitamin B2.

  • Roti sourdough

Di dunia ini terdapat berbagai macam roti, salah satu roti yang mengandung probiotik adalah roti sourdough yang terbuat dari air dan tepung yang difermentasi selama beberapa hari.

Namun, tidak semua roti sourdough mengandung probiotik dan Anda perlu memastikan apakah roti sourdough yang dibeli mengandung probiotik atau tidak.

  • Yogurt

Yogurt yang merupakan fermentasi dari susu selalu menjadi andalan makanan probiotik. Tidak hanya baik bagi pencernaan, yogurt juga berguna untuk menurunkan hipertensi dan meningkatkan kesehatan tulang.

Selalu perhatikan kadar gula dalam yogurt yang akan dikonsumsi dan sebaiknya pilihlah yogurt yang rendah atau bebas lemak.

  • Natto

Satu lagi makanan probiotik dari Jepang yang juga cukup terkenal, yaitu natto. Natto kaya akan vitamin K2 dan protein. Namun, bau natto yang tajam dan rasanya yang khas mungkin membuat natto menjadi makanan probiotik yang belum tentu disukai semua orang.

  • Kubis asam (sauerkraut)

Sauerkraut adalah asaman kubis yang yang difermentasi dan populer di daerah Eropa serta merupakan salah satu makanan pendamping. Sauerkraut kaya akan zat besi, antioksidan, vitamin C, vitamin K, vitamin B, serta vitamin dan mineral lainnya.

Saat ingin membeli sauerkraut, belilah yang tidak dipasteurisasi karena proses pasteurisasi membunuh probiotik dalam sauerkraut

  • Beberapa jenis keju

Beberapa jenis keju, seperti keju mozzarella, gouda, cheddar, dan cottage mengandung probiotik. Selain dapat menjadi makanan probiotik, keju bisa menjadi sumber protein yang kaya akan kalsium, vitamin B12, selenium, fosfor, serta vitamin dan mineral lainnya.

Bila Anda bosan dengan yogurt, Anda bisa mencoba makanan probiotik yang telah disebutkan di atas untuk menambah variasi menu makanan sehari-hari Anda. Selamat mencoba!

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/11-super-healthy-probiotic-foods#section2
Diakses pada 13 Agustus 2019

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/323139.php
Diakses pada 13 Agustus 2019

WebMD. https://www.webmd.com/digestive-disorders/ss/slideshow-probiotics
Diakses pada 13 Agustus 2019

WebMD. https://www.webmd.com/digestive-disorders/what-are-probiotics#1
Diakses pada 13 Agustus 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed