9 Makanan Penghilang Alergi Kulit yang Bisa Anda Coba

(0)
06 Apr 2021|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Makanan penghilang alergi kulit tidak boleh dijadikan pengobatan utama dari alergi kulit yang Anda alami.Ada banyak makanan penghilang alergi kulit yang bisa dicoba.
Gejala alergi pada kulit, seperti ruam, gatal-gatal, hingga kulit kemerahan, dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Selain mengonsumsi obat antihistamin, Anda juga bisa mencoba sejumlah makanan penghilang alergi kulit.  

Berbagai makanan penghilang alergi kulit

Dilansir dari Everyday Health, pola makan yang sehat dapat membantu mengatasi berbagai macam kondisi medis, salah satunya adalah alergi.Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk mencoba berbagai makanan penghilang alergi kulit berikut ini.

1. Makanan yang mengandung probiotik

Probiotik, yang umumnya ditemukan dalam makanan fermentasi, terbukti mengandung senyawa antiradang dan antialergi, terutama jika diberikan pada wanita hamil dan menyusui.Misalnya, para ibu yang meminum susu probiotik selama dan sesudah kehamilan, dapat menurunkan risiko berkembangnya penyakit eksim pada bayinya hingga 50 persen.Selain itu, sebuah studi dari Italia juga mengungkapkan, partisipan berusia 2-5 tahun yang mengidap rhinitis alergi mampu mengurangi gejala alerginya setelah meminum susu fermentasi yang mengandung Lactobacillus casei selama satu tahun.

2. Buah yang mengandung vitamin C

Terdapat sejumlah buah penghilang alergi, terutama buah-buahan yang mengandung vitamin C. Secara tidak langsung, vitamin C dapat menghambat sel yang meradang agar tidak melepas histamin di dalam tubuh.Selain itu, vitamin C dalam kadar tinggi bisa mengurangi kadar histamin dan membuat proses pemecahannya lebih cepat sehingga meredakan gejala alergi.Vitamin C juga bisa mengurangi peradangan di dalam tubuh sehingga alergi dapat diatasi. Sebab, vitamin ini merupakan antioksidan yang mampu menghambat efek radikal bebas.Terdapat banyak buah yang bagus untuk alergi kulit dan mengandung vitamin C, seperti jeruk, stroberi, apel, hingga semangka.

3. Makanan yang mengandung bioflavonoid

Makanan yang mengandung bioflavonoid juga termasuk dalam daftar makanan penghilang alergi kulit. Sebab, nutrisi ini mampu mengurangi jumlah sel yang bereaksi terhadap alergen. Salah satu jenis bioflavonoid, quercetin, juga bisa mengatasi peradangan dan alergi.Ada banyak makanan yang mengandung bioflavonoid quercetin, seperti apel, bawang bombay, hingga teh.

4. Makanan yang mengandung magnesium

Makanan mengandung magnesium turut diyakini mampu menghilangkan alergi kulit. Sebab, magnesium dapat bertindak sebagai bronkodilator dan antihistamin.Para peneliti di Brigham Young University, Amerika Serikat, membuktikan bahwa hewan yang mengalami defisiensi atau kekurangan magnesium memiliki kadar histamin yang lebih banyak di darahnya saat terpapar dengan alergen.Ada banyak makanan yang mengandung magnesium untuk dicoba, seperti kacang almond hingga kacang mete. Namun pastikan Anda tidak memiliki alergi kacang sebelum mengonsumsinya.  

5. Makanan yang mengandung vitamin E

Sumber-sumber vitamin E, seperti Labu, paprika merah, selai kacang, biji bunga matahari, hingga kacang almond, termasuk makanan penghilang alergi kulit yang patut dicoba.Menurut riset yang dirilis dalam jurnal International Immunopharmacology, mengonsumsi vitamin E berpotensi ampuh meredakan peradangan sehingga gejala alergi dapat diredakan.

6. Ikan air dingin

Ikan yang hidup di air dingin seperti salmon, diyakini sebagai makanan penghilang alergi kulit. Sebab, ikan ini mengandung asam lemak omega-3 yang cukup tinggi. Jenis lemak baik ini mampu meredakan peradangan di dalam tubuh sehingga gejala alergi dapat diatasi.Selain ikan air dingin, Anda juga bisa mencoba makanan yang mengandung asam lemak omega-3 lainnya, seperti biji rami hingga kacang kenari.

7. Kunyit

Tidak hanya digunakan sebagai bumbu dapur, kunyit juga dianggap sebagai makanan penghilang alergi kulit. Sebab, rempah ini mengandung kurkumin yang diyakini bisa meredakan pembengkakan dan iritasi akibat rhinitis alergi.Sebuah riset hewan uji membuktikan, tikus yang mengonsumsi kunyit mampu mengurangi respons alerginya.Namun, efektivitas kunyit sebagai makanan penghilang alergi kulit masih harus diteliti lebih lanjut karena belum ada studi yang membuktikannya secara langsung pada manusia.

8. Bee pollen

Bee pollen adalah salah satu makanan penghilang alergi kulit. Menurut sebuah penelitian, bee pollen mengandung senyawa antiradang, antijamur, serta antimikroba yang baik untuk kesehatan.Berdasarkan sebuah studi hewan uji, bee pollen terbukti mampu menghambat aktivasi sel mast. Proses ini dianggap penting untuk mencegah munculnya reaksi alergi.

9. Oatmeal

Tahukah Anda bahwa oatmeal termasuk dalam golongan makanan penyembuh gatal? Makanan ini mengandung antioksidan dan antiradang yang dipercaya mampu meredakan rasa gatal akibat reaksi alergi pada kulit.Untuk mencobanya, Anda perlu untuk mencampurkan oatmeal ke dalam bak mandi. Berikut langkah-langkahnya:
  • Masukkan 1 cangkir oatmeal bubuk ke dalam bak berisikan air hangat
  • Aduk airnya hingga oatmeal tercampur merata
  • Masuk ke dalam bak mandi dan berendam
  • Setelah 30 menit, bilaslah tubuh menggunakan air bersih.

Catatan dari SehatQ

Berbagai makanan penghilang alergi kulit di atas sebaiknya tidak Anda jadikan sebagai pengobatan utama untuk alergi kulit. Sebab, obat-obatan medis tetap dibutuhkan agar hasil pengobatannya maksimal.Perlu ditegaskan juga, berbagai makanan penghilang alergi kulit di atas tidak sepenuhnya mampu mengatasi alergi. Hanya saja, mereka dapat membantu Anda meredakan gejala dari alergi.Jika Anda memiliki masalah kulit, jangan ragu untuk bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh di App Store atau Google Play sekarang juga.
penyakitmakanan sehatalergirhinitis alergi

NHS. https://www.nhs.uk/conditions/allergies/symptoms/
Diakses pada 23 Maret 2021
Everyday Health. https://www.everydayhealth.com/allergy-pictures/foods-that-fight-allergies.aspx
Diakses pada 23 Maret 2021
HPSH Harvard Edu. https://www.hsph.harvard.edu/nutritionsource/vitamin-e/
Diakses pada 23 Maret 2021
Science Direct. https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S1567576920336638
Diakses pada 23 Maret 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/seasonal-allergies-best-foods#4.-Turmeric
Diakses pada 23 Maret 2021
 
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait