9 Makanan Pengganti Telur untuk Resep Baking Favorit Anda


Telur termasuk salah satu sumber protein yang paling populer. Namun bagi yang punya alergi, tentu perlu tahu apa saja makanan pengganti telur yang tak kalah bernutrisi. Ini juga berlaku terutama ketika menggunakan telur saat baking.

0,0
16 Jun 2021|Azelia Trifiana
Makanan pengganti telurBerbagai makanan pengganti telur yang bisa digunakan saat membuat kue
Telur termasuk salah satu sumber protein yang paling populer. Namun bagi yang punya alergi, tentu perlu tahu apa saja makanan pengganti telur yang tak kalah bernutrisi. Ini juga berlaku terutama ketika menggunakan telur saat baking.Namun, mereka yang punya alergi telur tak perlu khawatir. Ada banyak produk lain yang juga bermanfaat dalam memberikan struktur, warna, rasa, dan konsistensi olahan baking agar tetap lezat.

Daftar makanan pengganti telur

Hampir semua resep membuat kue menggunakan telur sebagai salah satu bahannya. Sebab, telur bisa berpengaruh signifikan terhadap warna, rasa, struktur, hingga konsistensi dari menu panggangan.Mulai dari mengikat semua bahan, mengembangkan kue, melembapkan, hingga membuat kue tampak lezat dengan warna kuning-kecokelatan.Namun jika kerap terhalang mengeksekusi resep karena alergi telur, jangan khawatir. Ada beberapa daftar makanan pengganti telur yang bisa jadi pilihan:

1. Pisang tumbuk

Buah yang satu ini telah lama dikenal sebagai salah satu makanan pengganti telur. Hanya saja, memang dapat berpengaruh terhadap hasil akhir kue karena akan ada rasa pisang. Jika ingin yang tidak terlalu signifikan mengubah rasa, coa gunakan labu atau alpukat.Setiap satu butir telur setara dengan 65 gram purée pisang, alpukat, atau labu. Nantinya, buah ini akan membuat kue menjadi padat sekaligus empuk. Cocok menjadi alternatif dalam membuat cake, muffin, roti, dan juga brownies.

2. Chia seed atau flaxseed

chia seed
Bukan hanya terkenal karena kaya antioksidan, chia seed dan flaxseed juga bisa menjadi pengganti telur. Sebagai pengganti satu butir telur, campurkan 1 sendok makan (7 gram) chia seed atau flaxseed dengan 3 sendok makan (45 gram) air hingga mengental.Mencampurkan bahan ini akan membuat olahan baking menjadi semakin padat. Selain itu, juga akan ada sedikit rasa kacang sehingga cocok untuk olahan waffle, muffin, cookies, dan roti.

3. Tahu sutra

Ternyata, tahu sutra juga bisa menjadi makanan pengganti telur. Jenis tahu sutra memiliki kandungan air lebih tinggi sehingga konsistensinya pun lebih lembut. Satu butir telur setara dengan 60 gram tahu sutra. Campuran olahan kedelai ini tidak akan berpengaruh terhadap rasa akhir olahan.

4. Cuka dan soda kue

cuka putih
Mencampur 1 sendok teh atau 7 gram soda kue dengan 1 sendok makan (15 gram) cuka bisa jadi pengganti satu butir telur. Biasanya, cuka apel menjadi pilihan paling populer.Ketika kedua bahan di atas tercampur, akan ada reaksi kimia yang menghasilkan air dan karbon dioksida. Dengan demikian, olahan kue akan menjadi ringan dan cocok untuk olahan cake, cupcake, serta roti.

5. Yogurt

Anda juga bisa menggunakan yogurt sebagai pengganti telur. Pilih yang tanpa rasa agar tidak berpengaruh terhadap hasil akhir panggangan. Sekitar 60 gram yogurt setara dengan sebutir telur. Cocok menjadi bahan untuk membuat muffing, cake, dan cupcake.

6. Saus apel

Purée dari apel yang sudah dimasak disebut dengan saus apel atau applesauce. Biasanya, ini menjadi pemanis atau perasa alami sama seperti kayu manis.Satu butir telur setara dengan 65 gram saus apel. Sebaiknya pilih jenis yang tidak mengandung pemanis tambahan agar tidak merusak rasa baking.

7. Agar-agar

Bagi mereka yang alergi telur, agar-agar atau gelatin juga bisa menjadi pilihan makanan pengganti. Banyak produk agar-agar atau gelatin bubuk tanpa rasa yang dijual di pasaranCara membuatnya cukup campurkan 1 sendok makan (9 gram) gelatin atau agar-agar dalam 15 gram air dingin. Kemudian, tambahkan 2 sendok makan air mendidih hingga berbusa. 

8. Lecithin kedelai

Olahan lecithin kedelai adalah produk turunan dari minyak kedelai dan punya manfaat mengikat adonan sama seperti fungsi telur. Biasanya, lecithin kedelai dijual dalam bentuk bubuk di pasaran. Tambahkan 1 sendok makan atau 14 gram bubuk lecithin kedelai untuk menggantikan sebutir telur

9. Air rendaman chickpea

Disebut juga dengan aquafaba, konsistensi dari cairan ini sangat mirip dengan putih telur. Jadi, ini bisa dipilih untuk menggantikan putih telur dalam resep membuat kue.Anda bisa menggunakan 3 sendok makan (45 gram) aquafaba sebagai pengganti sebutir telur. Cocok sekali menjadi bahan dalam olahan nougat, macaroon, marshmallow, atau meringue.Jadi, sekarang tak perlu ragu lagi mencoba membuat resep baking favorit bagi yang alergi telur. Ada banyak sekali alternatif makanan pengganti telur, baik kuning maupun putihnya.Cukup sesuaikan saja dengan kebutuhan atau resep yang digunakan. Apabila ada perubahan rasa pun, tidak akan terlalu signifikan.Penasaran ingin tahu bagaimana reaksi ketika seseorang mengalami alergi telur? Anda bisa konsultasi langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.  
makanan sehatmakanan diethidup sehat
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/egg-substitutes
Diakses pada 1 Juni 2021
The Kitchnn. https://www.thekitchn.com/best-egg-substitutes-baking-23003895
Diakses pada 1 Juni 2021
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/egg-substitutes
Diakses pada 1 Juni 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait