9 Makanan Pencegah Mual saat Hamil yang Bisa Bumil Coba


Makanan pencegah mual saat hamil dapat bumil coba untuk atasi morning sickness yang mengganggu. Selain lezat, berbagai makanan ini juga bernutrisi tinggi.

(0)
23 Oct 2020|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Ada banyak sekali makanan pencegah mual saat hamil yang bisa bumil coba!Mulai dari pisang hingga alpukat, makanan pencegah mual saat hamil sangatlah beragam!
Makanan pencegah mual saat hamil dapat menjadi teman setia para bumil yang sedang dilanda morning sickness. Selain membantu mencegah mual, berbagai makanan ini juga bernutrisi tinggi sehingga dapat bermanfaat bagi kesehatan ibu hamil dan janinnya.

9 makanan pencegah mual saat hamil

Penyebab munculnya morning sickness belum diketahui secara pasti. Namun, para ahli memercayai perubahan hormon saat kehamilan menjadi salah satu dalang di balik terjadinya morning sickness.Untuk mengatasinya, ibu hamil bisa mencoba berbagai makanan pencegah mual saat hamil berikut ini.

1. Jahe

Selain dikenal sebagai obat alami untuk banyak penyakit, jahe juga masuk dalam daftar panjang makanan pencegah mual saat hamil.Beberapa studi membuktikan bahwa jahe dapat mengatasi rasa mual akibat motion sickness, operasi, dan kemoterapi.Manfaat tersebut diperkuat oleh sebuah studi lainnya yang menyatakan bahwa jahe dipercaya sebagai solusi rumahan yang aman untuk rasa mual yang sering kali dirasakan bumil.Keampuhan jahe dalam mengatasi mual tak lepas dari kandungan gingerol, paradol, dan shogaol-nya. Ketiganya memiliki peran penting dalam menyingkirkan rasa mual yang bumil rasakan.

2. Lemon

Meski rasanya asam, lemon merupakan salah satu makanan pencegah mual saat hamil. Rasa asam buah lemon dipercaya ampuh dalam meredakan gejala mual. Jika bumil tidak kuat dengan rasa asamnya, coba saja kombinasikan air lemon dengan jahe.Tidak hanya meredakan mual, berbagai kandungan nutrisi lemon juga bermanfaat menjaga kesehatan bumil dan janinnya.Bumil bahkan bisa mencium aromanya saja untuk redakan rasa mual, jika masih tidak kuat dengan rasa asamnya.

3. Pisang

Pisang dikategorikan sebagai makanan pencegah mual saat hamil yang ampuh
Si buah kuning yang lezat dan ampuh cegah mual!
Soal kandungan nutrisi, pisang tidak kalah dari lemon. Buah ini mengandung vitamin B6, yang dipercaya mampu mencegah mual dan morning sickness. Maka tidak mengherankan kalau dokter kandungan kerap merekomendasikan pisang untuk bumil di trimester pertama.

4. Teh herbal

Selain makanan, ada juga minuman pencegah mual saat hamil. Menurut sebuah riset, sekitar 21 persen dokter obgyn merekomendasikan bumil untuk minum teh herbal demi mencegah morning sickness.Bumil bisa  mencoba teh herbal dalam bentuk teh peppermint atau teh chamomile untuk mencegah mual akibat morning sickness.

5. Kacang

Selama bumil tidak punya alergi, kacang bisa menjadi makanan pencegah mual saat hamil yang ampuh. Karena kekurangan protein dapat memperparah rasa mual, makanan berprotein tinggi seperti kacang cocok untuk dikonsumsi.

6. Alpukat

Alpukat adalah makanan pencegah mual saat hamil yang ampuh
Alpukat adalah makanan pencegah mual saat hamil yang ampuh
Menurut sebuah riset, alpukat dapat mencegah rasa mual akibat morning sickness. Sebab, alpukat sangat kaya akan vitamin C, yang dipercaya dapat mengatasi mual pada ibu hamil.Namun ingat, jangan mengonsumsi alpukat secara berlebihan karena  buah ini mengandung lemak baik yang juga bisa meningkatkan berat badan.

7. Makanan kering

Makanan kering seperti kue pretzel juga dianggap sebagai makanan pencegah mual saat hamil. Sebab, makanan kering ini tidak memiliki aroma yang menyengat dan rasanya pun tidak menyebabkan bumil mual.Faktanya, sekitar 90 persen dokter obgyn merekomendasikan kue kering seperti pretzel dan sereal untuk mengatasi morning sickness.

8. Saus apel

Saus apel adalah apel yang sudah dihaluskan. Makanan ini cukup populer di kalangan orang-orang yang sering mengalami mual.Saus apel juga masuk dalam kategori diet BRAT, yang terdiri dari banana (pisang), rice (nasi), applesauce (saus apel), dan toast (roti panggang). Berbagai makanan yang masuk dalam kategori BRAT dianggap sebagai obat alami mual yang ampuh.

9. Brokoli

Brokoli adalah sayuran hijau yang memiliki banyak manfaat. Sayuran ini mengandung 3 gram protein yang dipercaya dapat mencegah mual-mual.Makanan yang mengandung protein tinggi dipercaya ampuh dalam mengatasi mual. Nutrisi ini juga sangat baik untuk perkembangan tubuh manusia.

Tips untuk mencegah mual selama kehamilan

Selain mengonsumsi sederet makanan pencegah mual saat hamil di atas, masih banyak tips yang bumil bisa lakukan untuk mencegah mual selama kehamilan:
  • Tidur yang teratur (karena rasa letih dapat membuat mual terasa lebih parah)
  • Hindari makanan yang aromanya bisa bikin mual
  • Minum air putih secara teratur
  • Tetap aktif bergerak dan jangan malas-malasan
  • Gunakan pakaian yang longgar karena pakaian ketat bisa memperparah mual.
Beberapa tips di atas dapat bumil lakukan untuk mengurangi frekuensi mual yang terjadi saat kehamilan. Namun, jika memang rasa mualnya tak tertahankan, tidak ada salahnya datang ke dokter kandungan untuk meminta bantuan.

Catatan dari SehatQ:

Meskipun berbagai makanan pencegah mual saat hamil di atas dianggap ampuh dan bernutrisi tinggi, perhatikan juga takarannya. Mengonsumsi makanan secara berlebihan, sekalipun itu makanan sehat, dapat menyebabkan kerugian.Untuk mengenal makanan pencegah mual saat hamil lebih lanjut, mari bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh di App Store atau Google Play sekarang juga!
makanan sehatmenjaga kehamilanhamilbuah dan sayuran
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/morning-sickness/symptoms-causes/syc-20375254
Diakses pada 9 Oktober 2020
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/foods-to-eat-when-nauseous#TOC_TITLE_HDR_2
Diakses pada 9 Oktober 2020
Times of India. https://timesofindia.indiatimes.com/life-style/health-fitness/home-remedies/get-rid-of-morning-sickness-with-these-common-kitchen-ingredients/photostory/68465880.cms?picid=68466036
Diakses pada 9 Oktober 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/pregnancy/is-lemon-good-for-pregnancy#safety
Diakses pada 9 Oktober 2020
American Pregnancy. https://americanpregnancy.org/healthy-pregnancy/pregnancy-health-wellness/morning-sickness-remedies-4597
Diakses pada 9 Oktober 2020
Parenting First Cry. https://parenting.firstcry.com/articles/eating-banana-during-pregnancy-health-benefits-and-more/#:~:text=Bananas%20are%20a%20good%20source,birth%20defects%20in%20the%20baby.
Diakses pada 9 Oktober 2020
Everyday Health. https://www.everydayhealth.com/digestive-health/diet/foods-that-help-relieve-nausea/#/slide-8
Diakses pada 9 Oktober 2020
Mom Junction. https://www.everydayhealth.com/digestive-health/diet/foods-that-help-relieve-nausea/#/slide-8
Diakses pada 9 Oktober 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/326683#dry-foods
Diakses pada 9 Oktober 2020
Pregnancy Sickness Suport. https://www.pregnancysicknesssupport.org.uk/documents/conference_papers/MGreen-Nausea_pregnancy_dietary_protein_final.pdf
Diakses pada 9 Oktober 2020
NHS. https://www.nhs.uk/conditions/pregnancy-and-baby/morning-sickness-nausea/#:~:text=get%20plenty%20of%20rest%20(tiredness,%2C%20rice%2C%20crackers%20and%20pasta)
Diakses pada 9 Oktober 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/37757#tips
Diakses pada 9 Oktober 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait