10 Makanan yang Dapat Mencegah Kanker Payudara Secara Alami


Makanan pencegah kanker payudara antara lain bayam, brokoli, tuna, yogurt, dan kacang. Makanan tersebut mengandung serat, vitamin, antioksidan, dan lemak yang dibenci oleh sel kanker.

0,0
Makanan pencegah kanker payudara terdiri dari sayuran, buah, hingga ikanMakanan pencegah kanker payudara terdiri dari sayuran, buah, hingga ikan
Selain menjalani pemeriksaan medis rutin dan olahraga teratur, mengonsumsi makanan pencegah kanker payudara bisa jadi salah satu langkah alami agar Anda bisa terhindar dari penyakit berbahaya ini.
Dengan mengonsumsi makanan yang sehat, faktor risiko munculnya sel kanker niscaya bisa dikurangi. Contohnya, tingkat inflamasi yang tinggi, berat badan berlebih, serta gangguan kesehatan lainnya.Mencegah kanker payudara dengan buah dan sayur memang bukan satu-satunya cara, tapi tentu tidak ada salahnya jika Anda mencoba. Apa sajakah itu?

Makanan pencegah kanker payudara yang baik dikonsumsi

Berikut beberapa makanan pencegah kanker payudara yang bisa dimasukkan dalam menu harian Anda:

1. Sayuran hijau

Sayuran hijau baik untuk mencegah kanker payudara
Sayuran hijau baik untuk mencegah kanker payudara
Sayuran hijau, seperti bayam, daun kale, sawi, swiss chard, dan arugula, merupakan contoh makanan pencegah kanker payudara yang bisa Anda nikmati.Sayuran ini mengandung antioksidan karotenoid, seperti karoten, lutein, dan zaxanthin. Menurut penelitian, wanita yang memiliki kadar karotenoid lebih tinggi di dalam darahnya, memiliki risiko lebih rendah terkena kanker payudara.

2. Ikan berlemak

Makanan pencegah kanker payudara berikutnya adalah ikan berlemak. Lemak alami pada ikan berbeda dengan lemak jenuh yang didapatkan dari gorengan maupun sumber protein lain.Pasalnya, jenis lemak dari ikan merupakan asam lemak omega-3 yang telah terbukti bisa menurunkan risiko munculnya kanker payudara.Untuk mendapatkan omega-3, Anda bisa mengonsumsi berbagai jenis ikan laut. Mulai dari tuna, sardin, salmon, hingga makarel.

3. Buah beri

Menambahkan buah-buahan beri ke dalam campuran yogurt atau oatmeal saat sarapan tidak hanya bisa melezatkan, tapi juga menyehatkan. Contoh buah ini meliputi seperti strawberry, blueberry, blackberry, dan raspberry.Buah kecil dengan rasa asam manis ini didapuk sebagai salah salah satu makanan pencegah kanker payudara berkat kaya akan komponen yang bersifat anti-peradangan dan antioksidan.

4. Buah citrus

Makanan pencegah payudara salah satunya lemon
Lemon bisa bantu mencegah kanker payudara
Buah citrus mengandung banyak komponen yang bisa mencegah kanker payudara. Misalnya, jeruk, lemon, persik, kiwi, hingga grapefruit.Buah-buahan ini tinggi kandungan folat, vitamin C, polifenol, dan antioksidan, yang akan menurunkan risiko kanker payudara.Sebuah riset yang menilai hubungan antara jumlah konsumsi buah citrus dengan risiko kanker payudara, menyebutkan bahwa makin tinggi konsumsi buah citrus seseorang, risiko kanker payudaranya akan makin menurun.

5. Bawang

Meski sering dilihat sebagai bahan makanan yang sepele, bawang juga termasuk salah satu makanan pencegah kanker payudara yang baik untuk wanita.Bawang putih, bawang merah, dan daun bawang merupakan makanan yang dibenci sel kanker. Manfaat ini muncul karena bumbu masak ini mengandung antioksidan flavonoid, vitamin C, hingga komponen organosulfur, yang bisa mencegah kanker payudara.

6. Makanan fermentasi

Makanan yang dibuat melalui proses fermentasi mengandung probiotik yang dapat menurunkan risiko terjadinya kanker payudara. Contohnya, kimchi dan yoghurt.Manfaat ini sudah dibuktikan pada penelitian yang dilakukan baik pada hewan maupun manusia.

7. Apel

Ungkapan an apple a day keeps the doctor away rupanya bukan hanya mitos belaka. Buktinya, selain bisa membantu dalam memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral harian, buah apel dapat menurunkan risiko kanker payudara.Uniknya, kemampuan ini kebanyakan bukan dari buah melainkan kulitnya. Mengonsumsi apel dengan kulitnya akan menambah kandungan antikosidan, serat, dan komponen lain yang dibutuhkan untuk menghambat penyebaran sel kanker.

8. Kacang-kacangan

Kacang adalah salah satu makanan pencegah kanker payudara
Makanan pencegah payudara salah satunya kacang
Selain sebagai sumber protein nabati, kacang-kacangan termasuk makanan yang dibenci oleh sel-sel kanker. Pasalnya, kacang kaya akan kandungan serat, vitamin, dan mineral. Konsumsi serat yang tinggi bisa mencegah terjadinya kanker payudara.

9. Sayuran berbonggol

Tahukah Anda jika sayuran berbonggol, seperti brokoli dan kembang kol, juga termasuk makanan pencegah kanker payudara yang ampuh? Kemampuan sayuran ini dalam menangkal sel kanker didapatkan dari kandungan sulfurnya.Tidak hanya mencegah kemunculan kanker payudara, sayuran berbonggol juga mampu mencegah kekambuhan kanker yang sudah sembuh.Di samping brokoli dan kembang kol, kandungan sulfur juga bisa Anda peroleh dari daun kale, kubis mini atau brussle sprout, dan bok choy.

10. Rempah-rempah

Rempah-rempah adalah senjata rasa yang wajib ditambahkan jika Anda ingin membuat makanan sehat yang rendah garam dan gula, namun tetap lezat. Anda juga bisa memetik berbagai manfaatnya untuk kesehatan.Rempah memang jarang dijadikan sebagai bahan utama, tapi Anda bisa menambahkannya sebagai pelengkap makanan pencegah kanker. Sebagai contoh, kunyit dan jahe yang dapat dimasak sebagai campuran bumbu ikan berlemak hingga sayuran. Anda juga bisa mengolahnya menjadi jamu maupun minuman.Kunyit mengandung curcumin, yang merupakan bahan aktif yang telah terbukti bisa menghambat pertumbuhan sel kanker. Sementara jahe, memiliki vitamin, asam lemak, serta antioksidan polifenol yang dapat melindungi tubuh dari kanker payudara.

Catatan dari SehatQ

Mengonsumsi makanan pencegah kanker payudara termasuk cara yang bisa dilakukan agar terhindar dari penyakit serius ini. Namun perlu diingat bahwa untuk bisa benar-benar mengurangi risikonya, Anda juga perlu menjalani pemeriksaan kesehatan rutin serta gaya hidup sehat (seperti olahraga teratur).Selain konsultasi medis ke dokter, Anda perlu melakukan pemeriksaan payudara secara mandiri di rumah, yakni metode SADARI atau periksa payudara sendiri.Metode SADARI sudah dikeluarkan secara resmi oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Dengan ini, Anda tidak hanya bisa mencegah kanker payudara, tapi juga mengetahui gejalanya sejak dini.Jika masih ada pertanyaan seputar makanan atau metode lain untuk mencegah kanker payudara, Anda bisa berdikusi dengan dokter secara langsung lewat Chat Dokter di aplikasi SehatQ. Unduh secara gratis di App Store maupun Google Play.
makanan sehatkanker payudaratumor jinak payudarabuah dan sayuranpayudara
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/breast-cancer-foods
Diakses pada 4 Januari 2021
NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3625773/
Diakses pada 4 Januari 2021
Very Well Health. https://www.verywellhealth.com/diet-and-breast-cancer-risk-430445
Diakses pada 4 Januari 2021
Everyday Health. https://www.everydayhealth.com/breast-cancer-pictures/foods-for-breast-cancer-prevention.aspx
Diakses pada 4 Januari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait