Ragam Makanan Penambah Hormon Kesuburan Wanita


Makanan penambah hormon kesuburan wanita antara lain kale, semangka, minyak zaitun, kacang, dan brokoli. Makanan ini akan membantu kadar hormon di tubuh kembali seimbang sehingga kesuburan meningkat

(0)
08 Mar 2021|Nina Hertiwi Putri
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Makanan penambah hormon kesuburan wanita bisa meningkatkan kemungkinan hamilMakanan penambah hormon kesuburan wanita salah satunya semangka
Mengonsumsi makanan penambah hormon kesuburan wanita bisa membantu meningkatkan peluang kehamilan. Dengan begitu, bagi Anda yang sedang berencana untuk punya momongan, cara ini bisa dilakukan sebagai pendamping selain menjalani gaya hidup sehat dan berkonsultasi dengan dokter kandungan.Hormon berperan penting dalam mendukung kemampuan seorang perempuan dalam memiliki anak. Saat hormon tidak seimbang, maka proses ovulasi atau produksi serta pelepasan sel telur di rahim akan terganggu. Akibatnya, pembuahan pun akan sulit terjadi.Salah satu contoh kondisi dimana ketidakseimbangan hormon menyebabkan menurunnya kesuburan adalah pada sindrom polikistik ovarium (PCOS).

Makanan penambah hormon kesuburan wanita

Berikut ini beberapa makanan yang dianggap bisa membantu menambah atau menyeimbangkan kadar hormon kesuburan pada wanita.
Brokoli adalah makanan untuk menyeimbangkan hormon kesuburan wanita
Brokoli adalah makanan penambah hormon kesuburan pada wanita

1. Brokoli

Brokoli adalah sayuran superfood yang tinggi nutrisi dan serat. Serat dapat membantu mengatasi resitensi insulin yang berisiko memicu ketidakseimbangan hormon pada tubuh wanita. Saat kadar insulin di tubuh terlalu tinggi, maka tubuh akan memproduksi lebih banyak hormon androgen, seperti testosteron yang dapat mengganggu proses ovulasi dan menyebabkan kadar menstruasi tidak teratur sehingga kesuburan menurun.

2. Kacang-kacangan dan biji-bjian

Baik kacang-kacangan maupun biji-bijian sama-sama bisa menjadi sumber serat dan folat yang baik bagi tubuh. Bagi Anda yang mengalami ketidakseimbangan hormon, kedua komponen tersebut dapat membantu hormon di tubuh kembali seimbang.Kandungan protein yang ada di dalam kacang juga baik untuk melancarkan proses ovulasi, sehingga kesempatan untuk hamil bisa meningkat.

3. Kuning telur

Kuning telur mengandung banyak vitamin dan mineral yang baik untuk meningkatkan kesuburan, seperti zat besi, kalsium, zinc, vitamin B6, folat, dan vitamin B12. Makanan ini juga mengandung asam lemak omega-3 yaitu EPA dan DHA yang juga sangat dibutuhkan untuk mempertahankan kesuburan.
Nanas makanan penambah hormon kesuburan wanita
Nanas mengandung vitamin C yang baik untuk kesuburan

4. Nanas

Nanas dapat menjadi sumber vitamin C yang baik untuk tubuh. Vitamin ini sangat penting untuk dipenuhi bagi Anda yang ingin segera memiliki momongan. Sebab, kekurangan vitamin C sendiri dinilai dapat meningkatkan risiko terkena PCOS.Nanas juga mengandung bromealin, sebagai enzim alami yang bersifat antiradang dan antikoagulan sehingga dapat membantu menurunkan kadar peradangan di tubuh. Hal ini penting untuk diperhatikan, karena saat Anda mengonsumsi makanan pemicu radang seperti gorengan atau makanan tidak sehat lainnya, tingkat kesuburan juga bisa terpengaruh. Ketika tubuh mengalami banyak peradangan, proses ovulasi akan terganggu, sehingga proses pembuahan pun akan sulit terjadi.

5. Kayu manis

Mengonsumsi kayu manis dinilai dapat membantu mengatasi siklus menstruasi yang tidak lancar pada para pengidap PCOS. Penyakit ini memang menjadi salah satu pemicu ketidaksuburan paling umum pada wanita.Saat siklus menstruasi tidak teratur, maka artinya proses pematangan dan pelepasan sel telur di tubuh pun terganggu. Hal ini akan menyulitkan seorang wanita untuk hamil. Sebab dengan kondisi ini, ia akan sulit memiliki sel telur sehat yang dapat dibuahi oleh sperma.

6. Buah-buahan

Buah merupakan salah satu makanan yang punya indeks glikemik rendah. Artinya, makanan ini tidak akan memicu kenaikan gula darah di tubuh secara signifikan. Hal ini baik untuk wanita yang mengidap PCOS agar kadar hormon di tubuhnya kembali seimbang.Buah seperti semangka mengandung glutationin, yang dapat meningkatkan kualitas sel telur.
sayur kale makanan penambah hormon kesuburan wanita
Sayur kale makanan penambah hormon kesuburan wanita

7. Kale

Sayuran hijau yang satu ini telah diketahui memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Salah satunya adalah bisa menjadi makanan penambah hormon kesuburan. Kale mengandung komponen-komponen yang dapat membantu memperbaiki metabolisme estrogen sebagai hormon seks wanita sekaligus berperan penting dalam kesuburan.

8. Minyak zaitun

Minyak zaitun merupakan sumber lemak sehat yang baik bagi tubuh selama konsumsinya tidak berlebihan. Minyak ini, dinilai dapat membantu menurunkan kadar peradangan di tubuh sehingga siklus ovulasi bisa kembali teratur dan kesuburan pun meningkat.

9. Karbohidrat kompleks

Karbohidrat kompleks seperti nasi coklat (brown rice) dan gandum, dapat membantu meningkatkan kesuburan wanita sebab komponen ini tidak akan membuat kadar insulin di tubuh naik secara signifikan.Hal ini terutama penting bagi para perempuan yang mengidap PCOS, karena mereka rawan mengalai resistensi insulin. Kandungan serat, vitamin B, serta vitamin E di dalamnya juga baik untuk mendukung kesuburan.

Catatan dari SehatQ

Mengonsumsi makanan penambah hormon keseburan wanita adalah salah satu cara yang bisa Anda coba untuk bisa mendapatkan momongan. Namun, perlu diingat bahwa cara paling baik untuk melakukan program hamil adalah mengawalinya melalui konsultasi dengan dokter.Jika Anda ingin tahu lebih banyak cara menambah kesuburan, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
meningkatkan kesuburanmerencanakan kehamilanorgan intim wanita
Very Well Family. https://www.verywellfamily.com/fertility-foods-recipes-1959903
Diakses pada 24 Februari 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/pcos-diet#foods-to-add
Diakses pada 24 Februari 2021
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/323002
Diakses pada 24 Februari 2021
Parents. https://www.parents.com/getting-pregnant/fertility/what-to-eat-to-get-pregnant/
Diakses pada 24 Februari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait