11 Makanan Penambah Berat Badan Anak yang Dapat Dikonsumsi


Agar tubuh si kecil berisi, cobalah berbagai makanan penambah berat badan anak seperti nasi, daging merah, kentang, hingga ikan salmon.

0,0
21 Sep 2021|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Makanan penambah berat badan anakAda banyak makanan penambah berat badan anak yang bernutrisi tinggi.
Bingung memilih makanan yang bisa membuat tubuh anak lebih berisi? Jangan khawatir, ada banyak makanan penambah berat badan anak yang lezat sekaligus menyehatkan karena bernutrisi tinggi.Maka dari itu, sebaiknya orangtua tidak asal-asalan memilih makanan penambah berat badan anak. Simaklah berbagai makanan bernutrisi tinggi yang bisa membuat tubuh anak berisi di bawah ini.

11 makanan penambah berat badan anak yang bernutrisi

Mulai dari nasi, daging merah, kentang, hingga ikan salmon, berikut adalah makanan penambah berat badan anak yang bisa dikonsumsi dengan aman.

1. Nasi

Nasi adalah makanan penambah berat badan anak yang akrab di lidah orang Indonesia. Makanan pokok ini mengandung 204 kalori dan 44 gram karbohidrat di dalam satu cangkir (158 gram). Jadi, tidak heran kalau nasi bisa membuat tubuh anak jadi berisi.Untuk menambah kandungan nutrisinya, Anda dapat menyajikan nasi bersama dengan telur, keju, hingga sayuran bernutrisi tinggi seperti brokoli.

2. Kentang

Kalau anak Anda tidak suka dengan nasi, Anda boleh menggantinya dengan kentang. Sayur yang mengenyangkan ini dianggap sebagai makanan penambah berat badan anak karena mengandung karbohidrat dan kalori yang cukup tinggi.Kentang juga mampu meningkatkan jumlah penyimpanan glikogen di dalam otot. Glikogen adalah sumber bahan bakar utama yang digunakan oleh tubuh anak untuk melakukan olahraga dan aktivitas lainnya.

3. Daging merah

Makanan penambah berat badan anak selanjutnya adalah daging merah. Dilansir dari Healthline, sekitar 1 porsi (170 gram) daging merah mengandung 456 kalori yang bisa membuat tubuh anak lebih berisi.Daging merah memiliki kandungan 49 gram protein yang baik untuk kesehatan tubuh si kecil. Tidak hanya itu, daging ini juga mengandung leusin, yaitu asam amino yang dibutuhkan tubuh untuk menstimulasi sintesis protein otot dan menambah jaringan otot baru.Meski begitu, cobalah untuk memilih daging merah yang kandungan lemaknya sedikit.

4. Ikan salmon

Ikan salmon juga patut disertakan dalam daftar menu makanan anak 2 tahun agar cepat gemuk. Sebab, ikan yang rasanya lezat ini mengandung protein dan lemak baik yang bermanfaat bagi si kecil.Ikan salmon mengandung asam lemak omega-3 yang baik untuk kesehatananak. Asam lemak omega-ini menawarkan segudang manfaat untuk anak, mulai dari menyehatkan otak, meningkatkan kualitas tidur, serta meredakan gejala asma.

5. Buah kering

Dilansir dari Medical News Today, buah kering juga dianggap sebagai makanan penambah berat badan anak 2 tahun. Sebab, buah ini mengandung cukup banyak kalori yang bisa bikin tubuh anak berisi. Tidak hanya menggemukkan badan, buah kering juga mengandung berbagai nutrisi yang baik untuk kesehatan.

6. Cokelat hitam

Jika anak Anda menyukai cokelat, cobalah berikan ia cokelat hitam. Camilan lezat ini ternyata juga dianggap sebagai makanan untuk menambah berat badan anak.Cokelat hitam mengandung lemak baik dan kalori yang bisa membantu anak mencapai berat badan idealnya. Makanan lezat ini juga mengandung antioksidan yang baik untuk kesehatan.Cokelat hitam juga tergolong sebagai makanan bernutrisi tinggi. 100 gram cokelat hitam yang memiliki 70-85 persen kakao mengandung:
  • Serat: 11 gram
  • Zat besi: 67 persen dari angka kecukupan gizi (AKG) harian
  • Magnesium: 58 persen dari AKG
  • Tembaga: 89 persen dari AKG
  • Mangan: 98 persen dari AKG.
Memilih cokelat hitam untuk menaikkan berat badan juga tidak boleh sembarang. Pilihlah cokelat hitam yang setidaknya mengandung 70 persen kakao agar manfaatnya bisa Anda dapatkan.

7. Telur

Telur dipercaya sebagai makanan penambah berat badan anak usia 3 tahun ke atas karena mengandung lemak baik, protein dan nutrisi lain yang terkandung di dalam bagian kuningnya.Makanan ini juga dianggap mampu meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) di dalam tubuh. Dikutip dari sebuah studi yang dimuat dalam Journal of Internal Medicine, mengonsumsi dua telur per hari selama enam minggu dapat meningkatkan kadar kolesterol baik sebanyak 10 persen.

8. Keju

Selain dipercaya sebagai makanan penambah berat badan balita, keju adalah camilan sehat yang mengandung protein dan kalsium.Di sisi lain, kandungan lemak dan kalorinya dipercaya bisa membuat tubuh anak berisi. Kalau bisa, pilihlah keju yang mengandung lemak tinggi supaya berat badan anak Anda bisa lebih cepat naik.

9. Roti gandum utuh

Jika Anda ingin tubuh anak lebih berisi, coba berikan mereka roti yang terbuat dari gandum utuh sebagai camilan atau makanan berat.Roti gandum utuh mengandung karbohidrat kompleks yang dipercaya bisa merangsang kenaikan berat badan anak.Beberapa jenis roti gandum utuh juga mengandung biji-bijian yang bisa berdampak baik untuk kesehatan anak.

10. Minyak zaitun

Saat menggoreng makanan untuk anak, cobalah gunakan minyak zaitun. Selain dianggap bisa membuat tubuh anak berisi, minyak zaitun juga memiliki berbagai manfaat untuk anak.Dilansir dari Mom Junction, minyak zaitun mengandung polifenol, antioksidan yang bisa menjaga kesehatan jantung dan mencegah kanker.Selain itu, minyak zaitun juga mengandung asam lemak omega-3 dan omega-6 yang dipercaya bisa merangsang pertumbuhan otak anak.

11. Susu

Selain makanan, ada juga minuman yang bisa membuat tubuh anak berisi, salah satunya susu.Dilansir dari Healthline, susu merupakan sumber kalori dan protein yang bisa membantu anak mencapai berat badan idealnya.Namun, jika anak Anda memiliki alergi susu atau mengidap intoleransi laktosa, jangan berikan ia susu dan berkonsultasilah pada dokter.

Catatan dari SehatQ

Meski berbagai makanan penambah berat badan anak di atas dianggap sehat, sebaiknya Anda jangan memberikannya dalam jumlah yang berlebihan untuk mencegah masalah-masalah kesehatan. Maka dari itu, sesuaikan porsinya dengan kebutuhan anak.Jika berat badan anak tidak kunjung naik setelah mengonsumsi berbagai makanan di atas, cobalah berkonsultasi pada dokter untuk mengetahui penyebabnya.Jangan ragu untuk bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh di App Store atau Google Play sekarang juga.
makanan sehattips parentingbuah dan sayuran
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/18-foods-to-gain-weight#TOC_TITLE_HDR_4
Diakses pada 6 Agustus 2021
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/omega-3-for-kids#:~:text=Omega%2D3%20fatty%20acids%20are%20important%20for%20maintaining%20your%20child's,is%20meeting%20their%20daily%20needs.
Diakses pada 6 Agustus 2021
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/321518#foods-to-gain-weight-quickly
Diakses pada 6 Agustus 2021
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/7-health-benefits-dark-chocolate#TOC_TITLE_HDR_2
Diakses pada 6 Agustus 2021
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/10-proven-health-benefits-of-eggs#TOC_TITLE_HDR_4
Diakses pada 6 Agustus 2021
Mom Junction. https://www.momjunction.com/articles/benefits-of-olive-oil-for-kids_00122440/
Diakses pada 7 September 2021
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/milk-and-weight-gain#:~:text=Milk%20is%20a%20great%20source,milk%20allergy%20should%20avoid%20it.
Diakses pada 7 September 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait