Makanan Pasca Operasi untuk Membantu Penyembuhan, Apa Saja?

(0)
Ketika memilih makanan pasca operasi, Anda harus memerhatikan kandungan nutrisi, vitamin, dan mineral yang ada di dalamnyaMengonsumsi makanan sehat akan mempercepat pemulihan pasca operasi
Setelah menjalani operasi, dokter biasanya akan memberi daftar pantangan makanan agar kondisi pasien bisa cepat pulih dan tidak semakin memburuk. Di sisi lain, terdapat sejumlah makanan yang dapat membantu proses pemulihan pascaoperasi. Makanan pasca operasi ini dinilai mampu membantu mengurangi peradangan, meningkatkan imunitas, sumber energi pada masa pemulihan, hingga mempercepat proses penyembuhan.

Makanan pasca operasi yang baik dikonsumsi pada masa pemulihan

Ketika memilih makanan pasca operasi, Anda harus memerhatikan kandungan nutrisi, vitamin, dan mineral yang ada di dalamnya. Hal ini sangatlah penting untuk membantu proses penyembuhan dan pemulihan pascaoperasi.Berikut ini beberapa makanan yang baik untuk dikonsumsi pascaoperasi:

1. Telur

Setelah operasi, Anda membutuhkan banyak asupan protein untuk mempercepat pemulihan. Salah satu bahan makanan yang kaya akan kandungan protein adalah telur. Selain protein, telur juga mengandung beragam nutrisi seperti vitamin A, vitamin B12, zinc, zat besi, dan juga selenium.Nutrisi yang terkandung dalam telur diketahui dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh serta mempercepat proses penyembuhan luka.

2. Sayuran berdaun hijau

Sayuran berdaun hijau seperti kangkung, bayam, dan sawi merupakan makanan pasca operasi yang dapat membantu mempercepat pemulihan. Nutrisi-nutrisi yang terkandung dalam sayuran berdaun hijau dapat membantu mengurangi peradangan, meningkatkan fungsi kekebalan, dan mempercepat penyembuhan luka.Kemampuan tersebut tak lepas dari kandungan vitamin C, mangan, magnesium, folat, polifenol, provitamin A yang terdapat di dalam sayuran-sayuran berdaun hijau.

3. Buah berry

Salah satu makanan pasca operasi adalah buah-buahan beri
Buah berry mengandung vitamin C yang dapat mempercepat proses penyembuhan luka
Kaya akan kandungan vitamin C, mengonsumsi buah berry mampu merangsang produksi kolagen dalam tubuh Anda. Kolagen sendiri merupakan protein yang memiliki kemampuan untuk mempercepat proses penyembuhan luka.Tak hanya kolagen, buah berry juga mengandung antioksidan antosianin yang memberikan efek anti-peradangan dan antivirus, serta menunjang sistem kekebalan tubuh.

4. Salmon

Salmon merupakan makanan pasca operasi yang dapat membantu mempercepat proses penyembuhan luka, meningkatkan imunitas, serta mengurangi peradangan. Kemampuan tersebut tak lepas dari kandungan lemak omega-3 yang terdapat dalam ikan laut ini.Selain kaya akan kandungan lemak omega-3, salmon juga mengandung beragam nutrisi bermanfaat lainnya seperti protein, vitamin B, selenium, zinc, dan zat besi.

5. Daging unggas

Penelitian menjelaskan, kandungan asam amino glutamine dan arginine yang terdapat dalam daging unggas bisa membantu proses penyembuhan dan pemulihan. Glutamine memberikan efek perlindungan, sedangkan arginine membantu proses produksi kolagen yang baik untuk proses penyembuhan luka.

6. Kacang dan biji-bijian

Kandungan protein nabati, lemak sehat, vitamin, serta mineral yang terdapat dalam kacang dan biji-bijian dapat membantu proses penyembuhan. Selain itu, kedua bahan makanan ini juga bisa menjadi pilihan tepat untuk mengisi energi selama proses pemulihan.Menurut sejumlah penelitian, kandungan vitamin E yang terdapat dalam kacang dan biji-bijian dapat meningkatkan fungsi sel kekebalan tubuh untuk melawan infeksi dan penyakit.

7. Sayuran cruciferous

Sayuran cruciferous cocok menjadi makanan pasca operasi
Sayuran cruciferous dapat membantu mengurangi peradangan pasca operasi
Ketika dikonsumsi, kandungan glukosinolat dalam sayuran cruciferous seperti kubis, kembang kol, dan brokoli akan diubah menjadi isothiocyanate. Isothiocyanate diketahui mampu memberikan manfaat-manfaat berupa:
  • Mengurangi peradangan
  • Meningkatkan sistem kekebalan
Tak hanya itu, kandungan vitamin, mineral, dan antioksidan dalam sayuran cruciferous membuatnya menjadi makanan yang baik dikonsumsi pascaoperasi.

8. Jeroan

Jeroan merupakan makanan pasca operasi yang dapat meningkatkan fungsi kekebalan dan mempercepat proses penyembuhan. Kemampuan tersebut tak lepas dari kandungan nutrisi-nutrisi seperti vitamin A, vitamin B, zat besi, dan zinc yang dibutuhkan dalam proses produksi kolagen dan pembentukan jaringan ikat.Selain itu, jeroan adalah sumber protein yang baik dan diperlukan untuk membantu proses pemulihan pasca operasi. Namun, konsumsilah dalam jumlah yang secukupnya agar tidak menyebabkan penyakit lain.

9. Ubi

Mengandung enzim hexokinase and citrate synthase, ubi dapat membantu proses penyembuhan luka. Di sisi lain, ubi juga merupakan sumber karbohidrat yang baik untuk dikonsumsi pada masa pemulihan.Sebagai zat pembangun, kekurangan asupan karbohidrat pasca operasi dapat mengganggu proses penyembuhan luka dan memperlambat pemulihan.

10. Kerang

Kerang adalah makanan yang kaya akan kandungan zinc. Mineral ini mampu membantu mempercepat proses penyembuhan luka serta pemulihan pasca operasi. Selain itu, zinc diperlukan untuk menciptakan fungsi kekebalan yang sehat.

Cara mempercepat pemulihan selain mengonsumsi makanan pasca operasi

Untuk mempercepat proses pemulihan pascaoperasi, Anda sebaiknya menghindari makanan-makanan yang dapat mengakibatkan sembelit. Sembelit dapat memicu peningkatan rasa sakit dan menambah tekanan pada sayatan.Beberapa makanan yang dapat memicu terjadinya sembelit, di antaranya:
  • Makanan kering seperti buah-buahan yang dikeringkan, dendeng, keripik kentang
  • Makanan olahan yang kaya akan kandungan lemak dan gula, namun minim serat
  • Keju tinggi lemak
  • Susu berlemak dan produk turunannya seperti es krim
  • Daging merah dengan kandungan lemak jenuh tinggi
  • Makanan manis seperti kue kering dan permen
Selain menghindari makanan penyebab sembelit, Anda juga diharuskan untuk menerapkan pola hidup sehat. Tindakan-tindakan yang dapat dilakukan untuk mempercepat pemulihan meliputi:
  • Berhenti merokok
  • Istirahat yang cukup
  • Menjaga tubuh tetap terhidrasi
  • Tidak mengonsumsi minuman beralkohol
  • Meminum suplemen untuk memenuhi asupan nutrisi (sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter)

Catatan dari SehatQ

Dalam memilih makanan pasca operasi, Anda harus memerhatikan kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya. Makanan-makanan yang kaya akan kandungan nutrisi,vitamin, serta mineral seperti ikan, buah, dan sayuran bisa membantu mempercepat proses penyembuhan maupun pemulihan pascaoperasi.Selain itu, hindari makanan-makanan yang dapat memicu terjadinya sembelit. Apabila kondisi Anda bertambah parah setelah mengonsumsi makanan tertentu, segeralah konsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan.Untuk berdiskusi lebih lanjut soal makanan pasca operasi yang bisa membantu mempercepat proses penyembuhan dan pemulihan, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
operasimakanan sehatmakanan tidak sehatsembelitinfeksi luka pasca operasi
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/foods-that-help-you-heal
Diakses pada 22 Oktober 2020
Very Well Health. https://www.verywellhealth.com/what-to-eat-during-your-recovery-after-surgery-3156923
Diakses pada 22 Oktober 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait