Makanan Pantangan Penyakit Liver yang Perlu Anda Hindari

(0)
20 Aug 2020|Nina Hertiwi Putri
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Makanan pantangan penyakit liver adalah gorengan, daging olahan, dan makanan kemasanMakanan pantangan penyakit liver adalah makanan yang berlemak dengan gula dan garam berlebih
Untuk Anda yang mengidap penyakit liver seperti hepatitis, perlemakan hati atau bahkan sirosis hati, asupan makanan sehari-hari harus sangat diperhatikan. Sebab jika terus-menerus mengonsumsi makanan pantangan penyakit liver, kondisi yang dialami bisa saja memburuk dan proses penyembuhan akan semakin terhambat.Mengonsumsi makanan sehat adalah bagian penting dalam proses penyembuhan dari hampir semua penyakit, tak terkecuali penyakit hati.Jadi, pastikan Anda menghindari pantangan di bawah ini dan konsumsi makanan yang dapat mendukung terjaganya kesehatan hati.

Makanan pantangan penyakit liver

Berikut ini beberapa makanan pantangan yang sebaiknya dihindari para pengidap penyakit liver.
Makanan berlemak berbahaya bagi pengidap penyakit liver
Junk food perlu dihindari pengidap penyakit liver

1. Makanan berlemak

Jika dikonsumsi terlalu banyak, makanan berlemak akan membuat kerja hati menjadi lebih berat. Kebiasaan ini bisa merusak liver sehat, apalagi lliver yang memang sedang terkena penyakit.Jadi, masukkanlah kentang goreng, burger, gulai, dan makanan-makanan berlemak lainnya dalam daftar makanan pantangan penyakit liver.Pilih opsi makanan yang lebih sehat termasuk sayur-sayuran dan daging tanpa lemak seperti dada ayam atau ikan.

2. Makanan dengan kandungan gula yang tinggi

Salah satu fungsi liver adalah untuk mengubah gula menjadi lemak. Jadi, jika Anda mengonsumsi gula dalam jumlah banyak, tentu pekerjaan liver akan bertambah dan membuat kerusakan semakin parah.Jika dibiarkan, lemak yang berasal dari gula tadi juga bisa menumpuk di hati dan memicu terjadinya perlemakan hati atau fatty liver. Jadi apabila Anda sudah didiagnosis memiliki penyakit hati, segera kurangi konsumsi gula sehari-hari.

3. Makanan yang banyak mengandung garam

Mengonsumsi terlalu banyak garam bisa memperparah kondisi penyakit liver. Bahkan, kebiasaan makan yang tidak sehat ini juga bisa memicu terjadinya fibrosis hati yang lama-kelamaan dapat berujung pada sirosis hati.Sehingga apabila Anda yang memiliki penyakit liver, sebaiknya hindari makanan tinggi garam seperti daging olahan maupun camilan dan makanan dalam kemasan kaleng.

4. Makanan kemasan

Makanan dalam kemasan seperti keripik kentang maupun camilan lainnya adalah asupan tinggi gula, garam, dan lemak, sehingga masuk sebagai salah satu pantangan penyakit liver.Jadi saat Anda merasa ingin ngemil, pilihlah opsi yang lebih sehat, seperti buah potong.
Gorengan makanan pantangan penyakit liver
Gorengan harus dihindari pengidap penyakit liver

5. Gorengan

Gorengan secara umum memang sudah buruk untuk kesehatan, apalagi jika dikonsumsi oleh orang dengan penyakit liver.Kandungan lemak dan kalorinya yang tinggi membuat gorengan menjadi salah satu pantangan penyakit liver yang harus dihindari.

6. Daging merah

Daging merah seperti daging sapi dan olahannya seperti bakso maupun sosis, tinggi akan kandungan lemak jenuh. Jika dikonsumsi terlalu banyak, makanan ini bisa memicu perlemakan hati.

7. Alkohol

Konsumsi alkohol berlebihan adalah salah satu penyebab paling umum dari kerusakan hati. Jika kebiasaan ini tidak segera dihentikan, maka sirosis hati sudah hampir pasti akan terjadi.Batasi atau hindari alkohol sepenuhnya apabila Anda punya riwayat pernah mengalami gangguan hati.

Makanan dan minuman yang baik untuk kesehatan liver

Lantas, apa saja makanan yang baik untuk menjaga kesehatan liver? Berikut ini jenis asupan yang direkomendasikan.
Bayam baik untuk kesehatan hati
Bayam baik untuk kesehatan liver

• Bayam

Sayuran hijau seperti bayam, memiliki antioksidan bernama glutathione yang sangat baik untuk menjaga kerja liver.

• Brokoli

Brokoli sebagai sayuran yang tinggi serat, juga dinilai bermanfaat untuk penderita perlemakan hati.Sebuah penelitian menyebutkan bahwa sayuran yang satu ini dapat memperbaiki kerja enzim dan mengurangi stres oksidatif yang bisa merusak sel-sel di tubuh, termasuk sel di hati.Dari riset yang sama, brokoli juga terbukti bisa mencegah terjadinya gagal hati pada hewan uji.

• Rempah-rempah

Rempah-rempah seperti kayu manis, jintan, dan dan bubuk kari dapat memberikan perlindungan untuk hati sekaligus jantung.Menambahkan rempah-rempah ke masakan juga bisa jadi salah satu cara untuk mengurangi asupan garam tanpa mengurangi kelezatan masakan.

• Anggur

Mengonsumsi buah anggur dinilai dapat membantu meningkatkan kadar antioksidan di tubuh dan melindungi hati dari kerusakan. Pada orang yang memiliki penyakit hati, anggur juga dapat membantu meredakan peradangan jaringan.

• Kacang-kacangan

Kacang-kacangan merupakan sumber lemak sehat dan antioksidan seperti vitamin E, yang sangat baik untuk kesehatan hati.
Salmon baik untuk liver
Ikan berlemak seperti salmon baik untuk liver

• Ikan berlemak

Ikan berlemak mengandung asam lemak omega-3 yang sangat sehat untuk hati. Lemak sehat tersebut sudah terbukti bisa mengurangi peradangan di organ tubuh, termasuk liver, menjaga kadar enzim di hati tetap normal, dan memperbaiki kerja insulin.

• Minyak zaitun

Minyak zaitun dinilai efektif untuk membantu mengurangi kadar lemak di hati. Selain itu, bahan yang biasa dicampurkan pada salad ini juga dapat memperbaiki kerja enzim di hati.

• Oatmeal

Mengonsumsi makanan tinggi serat seperti oatmeal, akan membuat liver bisa bekerja dengan optimal. Serat juga akan membantu Anda mengurangi berat badan agar menjadi ideal, dan menjaga kesehatan hati dalam jangka waktu lebih lama.

• Kopi

Minum dua hingga tiga gelas kopi hitam tanpa gula setiap harinya bisa melindungi hati dari kerusakan lebih lanjut akibat konsumsi alkohol berlebihan, atau pola makan yang tidak sehat.

• Teh

Teh hitam dan teh hijau sudah dikenal bisa menyehatkan hati. Manfaat tersebut didapatkan dari antioksidannya yang tinggi untuk mencegah kerusakan hati.Menghindari makanan dan minuman yang menjadi pantangan penyakit liver dan menggantinya dengan asupan yang menyehatkan organ tersebut, bisa jadi salah satu langkah untuk memperbaiki kondisi hati.Tentu, pola makan yang sehat juga akan semakin terasa manfaatnya apabila disertai dengan olahraga teratur.
hepatitisgagal hatipenyakit hatiperlemakan hati
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/11-foods-for-your-liver
Diakses pada 7 Agustus 2020
WebMD. https://www.webmd.com/hepatitis/ss/slideshow-best-and-worst-foods-for-your-liver
Diakses pada 7 Agustus 2020
Healhtline. https://www.healthline.com/health/fatty-liver-diet
Diakses pada 7 Agustus 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait