8 Makanan Mengandung Zinc yang Bisa Memperkuat Sistem Imun Tubuh

Jangan lupa konsumsi makanan mengandung zinc hari ini, ya!
Makanan mengandung zinc sangat dibutuhkan tubuh Anda, karena peran zinc sangatlah penting.

Zinc adalah mineral yang tidak bisa diproduksi tubuh. Padahal, fungsinya sangat penting. Zinc memiliki peran dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh, menjaga pembentukan sel, mempercepat proses penyembuhan luka, hingga memecah karbohidrat. Maka dari itu, mari konsumsi beberapa makanan mengandung zinc ini.

Makanan mengandung zinc

Tubuh tidak bisa memproduksi zinc. Itulah sebabnya, Anda disarankan untuk mengonsumsi makanan mengandung zinc secara rutin. Terlebih lagi, 300 enzim yang ada di dalam tubuh Anda, membutuhkan zinc supaya bisa berfungsi baik. Jadi, tak ada alasan bagi Anda untuk tidak mengonsumsi makanan mengandung zinc ini.

1. Kerang-kerangan

Kerang adalah makanan mengandung zinc yang bisa Anda coba. Sekitar 6 kerang saja sudah mengandung 32 miligram zinc.

Namun, jika Anda sedang hamil, ada baiknya memasak dulu kerang-kerang itu hingga matang sempurna. Hal ini penting untuk menghindari keracunan makan.

2. Daging merah

Daging merah juga menjadi makanan mengandung zinc yang jadi favorit banyak orang, apalagi kalau sudah berbentuk steak. Faktanya, 100 gram daging merah mengandung 4,8 miligram zinc. Selain itu, daging merah juga menjadi sumber zat besi, kreatin, dan vitamin B yang baik.

3. Legum

Legum adalah tanaman dari jenis kacang-kacangan (Leguminosae). Beberapa jenisnya termasuk buncis dan lentil.

Untuk Anda yang sedang mencari makanan mengandung zinc untuk vegetarian, coba saja kacang lentil, yang bisa memenuhi kebutuhan harian zinc hingga 12%. Selain itu, kacang lentil juga menawarkan protein dan serat tinggi.

Namun, ingatlah untuk memasaknya dulu sebelum memakannya. Sebab, ada zat bernama fitat, yang bisa mengurangi kemampuan tubuh dalam menyerap zinc. Dengan memasaknya, fitat dapat “dijinakkan”.

4. Produk susu

Minum susu
Minum susu

Produk susu seperti keju menjadi makanan mengandung zinc yang sangat lezat. Selain itu, jenis zinc yang ada di dalam produk susu, lebih mudah diserap oleh tubuh.

Sekitar 100 gram keju cheddar ternyata mengandung 28% kebutuhan harian zinc. Sementara itu 1 gelas susu mengandung 9% kebutuhan harian zinc.

Produk susu ini juga mengandung nutrisi yang penting untuk kesehatan tulang, yakni protein, kalsium, dan vitamin D.

5. Telur

Telur adalah makanan mengandung zinc yang disukai hampir setiap orang. Satu telur besar mengandung 5% kebutuhan harian zinc Anda. Tidak hanya itu, telur juga mengandung 6 gram protein, 5 gram lemak baik, hingga 77 kalori.

6. Biji-bijian utuh

Biji-bijian utuh seperti quinoa hingga nasi menjadi makanan mengandung zinc selanjutnya. Biji-bijian utuh juga mengandung nutrisi penting lainnya, seperti serat, vitamin B, magnesium, zat besi, fosfor, mangan, dan selenium.

Faktanya, mengonsumsi gandum utuh seringkali diasosiasikan dengan umur panjang dan manfaat kesehatan lainnya, seperti berkurangnya risiko obesitas, diabetes tipe 2, dan penyakit jantung.

7. Kentang

Kentang
Kentang jadi makanan mengandung zinc

Sebenarnya, sayuran bukanlah makanan mengandung zinc yang dianjurkan. Sebab, sayuran tidak memiliki kandungan zinc yang besar.

Meski begitu, beberapa sayuran seperti kentang, masih memiliki kadar zinc yang bisa “ditolerir”. Satu buah kentang mengandung 1 miligran zinc.

Selain itu, sayuran yang mengandung zinc juga cocok untuk vegetarian. Walau begitu, sayuran adalah makanan sehat yang bisa membantu Anda menjaga kesehatan tubuh yang optimal.

8. Cokelat hitam

Jangan salah, cokelat hitam adalah makanan mengandung zinc yang lebih banyak daripada kentang. Nyatanya, 100 gram cokelat hitam mengandung 3,3 miligram zinc.

Namun perlu diingat baik-baik, cokelat hitam juga mengandung banyak kalori. Sekitar 100 gram cokelat hitam mengandung 600 kalori.

Oleh karena itu, jangan jadikan cokelat hitam sebagai satu-satunya makanan mengandung zinc dalam pola makan.

Gejala kekurangan zinc

Gejala kekurangan zinc tidak bisa diremehkan. Jadikan hal ini sebagai penyemangat Anda untuk lebih rutin mengonsumsi makanan mengandung zinc.

Saat tubuh kekurangan zinc, maka produksi sel sehat yang baru bisa terhenti. Akhirnya, gejala kekurangan zinc ini akan terjadi:

Tenang saja, beberapa gejala kekurangan zinc yang mengkhawatirkan di atas dapat dicegah dengan mengonsumsi makanan mengandung zinc. Untuk Anda yang “parno” terhadap gejala kekurangan zinc itu, mari biasakan diri untuk memenuhi kebutuhan harian zinc.

Rekomendasi asupan harian (RAH) zinc

Kebutuhan harian zinc setiap orang berbeda-beda, tergantung dari jenis kelamin dan juga usianya:

  • Pria usia 14 tahun ke atas: 11 miligram per hari
  • Wanita usia 14 tahun ke atas: 9 miligram per hari
  • Ibu hamil: 11 miligram per hari
  • Ibu yang sedang menyusui: 12 miligram per hari

Nah, jika sudah tahu kebutuhan harian zinc Anda, berusahalah sebisa mungkin untuk memenuhinya. Jadi, sudahkah Anda mengonsumsi makanan mengandung zinc hari ini?

Medline Plus. https://medlineplus.gov/ency/article/002416.htm
Diakse pada 13 Maret 2020

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/best-foods-high-in-zinc
Diakses pada 13 Maret 2020

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/325916#foods-high-in-zinc
Diakses pada 13 Maret 2020

Artikel Terkait