logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Hidup Sehat

7 Makanan Khas Yunani Ini yang Membuat Mereka Panjang Umur

open-summary

Makanan khas Yunani pula yang menjadi dasar diet Mediterania, dipadukan dengan pola masakan yang serupa dari negara-negara tetangga Yunani. Menurut penelitian, diet Mediterania mengurangi risiko seseorang mengalami serangan jantung, stroke, diabetes, dan obesitas.


close-summary

3 Sep 2020

| Azelia Trifiana

Ditinjau oleh dr. Anandika Pawitri

Sup ayam dengan lemon adalah salah satu makanan khas Yunani

Avgolemono, salah satu makanan khas Yunani yang mengandung lemon

Table of Content

  • Makanan khas Yunani yang menyehatkan
  • Catatan dari SehatQ

Ternyata ada alasan mengapa orang-orang Yunani lebih panjang umur dan jarang menderita penyakit kronis. Fakta ini sudah ada sejak tahun 1960-an. Salah satu faktor krusial adalah banyaknya pilihan makanan khas Yunani yang menyehatkan. Kandungannya mulai dari makanan laut, buah, sayur, gandum, kacang-kacangan yang diolah dengan resep menyehatkan.

Advertisement

Makanan khas Yunani pula yang menjadi dasar diet Mediterania, dipadukan dengan pola masakan yang serupa dari negara-negara tetangga Yunani. Menurut penelitian, diet Mediterania mengurangi risiko seseorang mengalami serangan jantung, stroke, diabetes, dan obesitas.

Makanan khas Yunani yang menyehatkan

Daftar makanan khas Yunani di bawah ini mungkin beberapa tampak kurang familiar bagi warga Indonesia. Namun, tidak menutup kemungkinan untuk mengolahnya sendiri di rumah demi mendapatkan khasiatnya. Apa saja makanan khas Yunani yang menyehatkan?

1. Hummus

Tak hanya terkenal di Timur Tengah, hummus adalah jenis selai atau olesan yang terbuat dari kacang arab, wijen, minyak zaitun, dan juga lemon. Sejak bertahun-tahun silam hummus banyak dikonsumsi karena membantu mengendalikan berat badan, kadar gula darah, dan menjaga kesehatan jantung.

Tak hanya itu, minyak zaitun yang terkandung dalam hummus berkhasiat untuk meredakan peradangan, menyehatkan otak, melindungi dari penyakit jantung, hingga mengatasi penyakit kanker.

2. Tzatziki

Seperti halnya hummus, tzatziki juga populer digunakan sebagai olesan atau selai dalam sajian khas Yunani. Tzatziki terbuat dari Greek yogurt, timun, dan minyak zaitun. Konsistensinya lebih kental jika dibandingkan dengan yogurt biasa.

Dalam kemasan 100 gram tzatziki, terdapat 10 gram protein yang penting, terlebih bagi orang yang sedang menjalani diet sehat. Mengonsumsi tzatziki dapat membantu mengurangi rasa lapar, mengoptimalkan metabolisme, hingga mengendalikan hormon penyebab rasa lapar.

3. Avgolemono

Termasuk dalam daftar sup sehat resep dari penjuru dunia, avgolemono adalah sup tradisional khas Yunani. Sajian ini terbuat dari ayam, lemon, telur, dan pasta atau beras. Sederhananya, avgolemono adalah sup ayam versi Yunani. Sejak ratusan tahun silam, avgolemono digunakan untuk menyembuhkan orang yang sedang flu atau demam.

Tak hanya meningkatkan kekebalan tubuh, avgolemono juga mengandung protein tinggi namun tersaji dalam kalori rendah. Meski demikian, waspadai kandungan sodium yang bisa jadi terlalu tinggi bagi mereka yang sensitif.

4. Souvlaki

Sebagai salah satu makanan khas Yunani yang populer, souvlaki terbuat dari potongan daging dipotong kecil-kecil. Menu ini mudah ditemukan di restoran-restoran Yunani penjuru dunia. Kandungan daging dalam souvlaki memberikan nutrisi berupa protein, zat besi, dan juga vitamin B. Biasanya, souvlaki disajikan di restoran cepat saji Yunani dengan roti pita dan kentang goreng.

5. Udang Saganaki

Jika mencari makanan khas Yunani yang menyehatkan jantung sekaligus lezat, udang Saganaki bisa jadi pilihannya. Umumnya, udang Saganaki diolah dengan olahan saus tomat gurih. Menu ini termasuk salah satu menu orang Yunani yang paling menyehatkan.

Di dalamnya, terdapat kandungan protein tinggi hingga 18 gram. Selain itu, udang Saganaki juga memenuhi 50% kebutuhan selenium harian orang dewasa yang bisa menurunkan risiko kanker prostat dan inflamasi. Menariknya lagi, udang ini tidak menyebabkan kolesterol pada orang yang mengonsumsinya.

6. Sarden panggang

Bagi orang Yunani, ikan termasuk protein utama yang menyehatkan dan kerap diolah menjadi berbagai masakan. Salah satunya adalah sarden panggang yang merupakan sumber asam lemak omega-3 melimpah. Dalam sajian 100 gram sarden saja, terdapat 437 mg EPA dan 509 mg DHA.

Kandungan ini sangat penting untuk kesehatan otak baik pada anak-anak maupun lansia. Adanya protein, kalsium, dan vitamin D dalam ikan sarden juga baik untuk kesehatan tulang.

7. Horta Vrasta

Tak heran jika orang Yunani bisa hidup lebih sehat, karena salah satu makanan khas Yunani yang dimilikinya adalah horta vrasta. Dalam bahasa Yunani, horta vrasta berarti sayuran rebus. Saat menyajikan horta vrasta, diberikan jus lemon dan juga minyak zaitun.

Mengonsumsi horta vrasta berarti mendapatkan sumber antioksidan yang bermanfaat bagi tubuh. Hebatnya lagi, sayuran tetap dapat menjaga kandungan antioksidannya meskipun telah direbus sekalipun. Jenis sayuran hijau yang biasa digunakan adalah bayam, andewi, atau kubis.

Baca Juga

  • Asam Gelugur, Buah Asam dengan Khasiat Turunkan Berat Badan
  • 8 Sayuran untuk Penderita Asam Urat, Rendah Purin dan Tinggi Serat
  • Jadikan Gaya Hidup, Inilah 4 Cara Sehat Menurunkan Berat Badan

Catatan dari SehatQ

Bagi orang Yunani, makanan sehat  tak harus selalu hambar. Mereka pandai mengolah berbagai resep menjadi sajian yang lezat namun nutrisinya tak berkurang.

Jika ingin mendapatkan manfaat kesehatan serupa, tak ada salahnya memperbanyak konsumsi menu seperti makanan laut, sayuran, buah, rempah, hingga minyak zaitun khas Yunani. Sesuaikan saja dengan preferensi lidah masing-masing, asalkan tetap mendapat asupan nutrisi dari makanan bergizi yang dikonsumsi.

Advertisement

makanan sehathidup sehatpola hidup sehat

Referensi

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved