Hati-hati, Makanan Juga Bisa Menjadi Penyebab Batu Empedu

Gorengan merupakan sumber kolesterol tinggi yang menjadi penyebab batu empedu
Kandungan kolesterol dalam gorengan bisa menyebabkan batu empedu

Penumpukan kolesterol yang terjadi di dalam tubuh bukan hanya berisiko menyebabkan Anda terkena stroke atau serangan jantung. Lebih dari itu, kolesterol juga dapat menjadi penyebab terbentuknya batu empedu pada kantong empedu Anda.

Meski disebut sebagai batu, batu empedu sebetulnya merupakan cairan atau lemak yang mengeras di dalam kantung empedu. Batu empedu dapat berbentuk sekecil kerikil hingga sebesar bola golf.

Adanya batu empedu di dalam kantung empedu biasanya tidak menimbulkan gejala. Namun jika batu empedu berukuran terlalu besar atau sudah menyebabkan penyumbatan, maka Anda biasanya merasakan sakit pada perut kanan bagian atas atau perut tengah (tepat di bawah tulang dada) yang datang tiba-tiba dan berlangsung selama beberapa menit hingga hitungan jam.

Waspada penyebab batu empedu

Berdasarkan catatan Harvard Health Publications, sebanyak 80% kasus batu empedu disebabkan oleh penumpukan kolesterol, sedangkan penyebab batu empedu sisanya merupakan pengerasan kalsium garam dan bilirubin. Proses memadatnya lemak maupun bilirubin di dalam kantung empedu sendiri tidak diketahui secara pasti.

Jika batu empedu terbentuk karena lemak, maka batu akan berwarna kuning kehijauan. Sedangkan batu empedu yang terbentuk karena pigmentasi (bilirubin), maka ia akan berwarna lebih gelap dan berukuran lebih kecil. Batu empedu yang terbentuk karena proses pigmentasi lebih banyak terjadi pada penderita penyakit tertentu, misalnya penyakit sirosis hati atau kelainan darah anemia sel sabit.

Terdapat beberapa dugaan penyebab batu ginjal ini, di antaranya:

  • Faktor gen (keturunan)
  • Berat badan Anda di atas normal
  • Kantung kemih Anda tidak berfungsi sebagaimana mestinya
  • Faktor makanan

Penyakit batu empedu bisa menyerang siapa saja. Namun terdapat beberapa orang yang memiliki risiko lebih besar terkena masalah kesehatan ini.

Siapa saja yang berisiko terkena batu empedu?

Anda berisiko terkena batu empedu jika:

  • Menderita obesitas: ini adalah faktor risiko paling besar bagi seseorang terkena batu empedu. Obesitas dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah sekaligus menyulitkan kantung empedu untuk mengeluarkan cairan.

  • Diabetes: penderita diabetes cenderung memiliki level trigliserida (lemak darah) tinggi sehingga lemak tersebut berpotensi mengeras menjadi batu empedu.

  • Faktor hormonal: mulai dari mengonsumsi pil KB, melakukan terapi hormon, menopause, hingga kehamilan bisa meningkatkan risiko Anda terkena batu empedu.

  • Minum obat penurun kolesterol: yang justru bisa meningkatkan level kolesterol di saluran empedu.

  • Penurunan berat badan drastis: yang mengakibatkan hati memproduksi lebih banyak kolesterol sehingga berpotensi menjadi batu empedu.

  • Puasa: yang kadang kala membuat pengosongan kantung empedu tidak berjalan optimal.

Faktor keturunan juga disebut sebagai salah satu penyebab batu empedu sehingga Anda patut waspada jika ada anggota keluarga yang pernah mengalami masalah ini sebelumnya.

Penyakit batu empedu juga dikabarkan lebih banyak menyerang wanita daripada pria, begitu pula orang yang sudah berusia lanjut.

Daftar makanan penyebab batu empedu yang harus Anda hindari

Karena salah satu penyebab batu empedu adalah penumpukan lemak, maka Anda sebaiknya lebih berhati-hati dengan pola makan agar tidak terkena penyakit ini. Berikut makanan penyebab batu empedu yang sebaiknya Anda hindari, atau minimal mengurangi konsumsinya, yaitu:

  • Makanan yang mengandung lemak jenuh (saturated fats), misalnya butter, keju, serta aneka kue dan biskuit.

  • Makanan tinggi lemak pada umumnya, seperti gorengan atau makanan berminyak lainnya.

  • Makanan atau minuman yang bisa menyebabkan diare, seperti minuman berkafein, produk susu tinggi lemak, dan makanan yang mengandung banyak gula.

Sebaliknya, Anda disarankan mengonsumsi makanan yang kaya akan serat untuk memperkuat sistem pencernaan.

Makanlah dalam porsi kecil, namun sering, serta jangan lupa cukupi kebutuhan cairan dengan minum 6-8 gelas air putih per hari.

Jika Anda ingin menurunkan berat badan, jangan pilih metode yang bisa menurunkan berat badan dengan drastis. Ingat, penurunan berat badan drastis merupakan salah satu faktor risiko penyebab batu empedu.

Batas penurunan berat badan yang ideal adalah 1 kg per minggu atau sesuai anjuran dokter maupun ahli gizi yang memantau nutrisi Anda.

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/gallstones/symptoms-causes/syc-20354214
Diakses pada 16 September 2019

Healthline. https://www.healthline.com/health/gallstones#causes
Diakses pada 16 September 2019

WebMD. https://www.webmd.com/digestive-disorders/gallstones#1
Diakses pada 16 September 2019

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/153981.php
Diakses pada 16 September 2019

Banner Telemed