Makanan Ibu Hamil Agar Bayi Berkulit Putih Itu Mitos atau Fakta?


Makanan ibu hamil agar bayi berkulit putih adalah mitos karena warna kulit berkaitan dengan faktor genetik. Namun ada makanan yang dapat membuat kulit bayi sehat.

(0)
24 Dec 2020|Azelia Trifiana
Tak ada makanan yang dapat membuat bayi berkulit putihMakanan yang dapat membuat bayi berkulit putih hanyalah mitos
Keinginan memiliki bayi dengan kulit berwarna cerah adalah hal yang lazim. Tak heran bila Anda mencari cara agar kulit bayi cerah nantinya, termasuk dari makanan.Sayangnya belum ada bukti ilmiah bahwa ada makanan ibu hamil agar bayi berkulit putih. Daripada pusing memikirkan warna kulit bayi, setidaknya mengonsumsi makanan bergizi akan berdampak baik pada kesehatan ibu dan janin dalam kandungan.Saat hamil, kebutuhan nutrisi meningkat dua kali lipat. Mulai dari protein, lemak sehat, karbohidrat kompleks, serat, vitamin, dan juga mineral. Jangan lupakan juga asupan cairan harus tercukupi setiap harinya.

Adakah makanan agar bayi berkulit putih?

Terlepas dari mitos dan terbatasnya penelitian yang menghubungkan antara makanan ibu hamil dengan warna kulit bayi, namun ada beberapa jenis makanan yang dianggap efektif membuat kulit bayi lebih sehat. Apa saja?

1. Alpukat

alpukat
Buah kaya vitamin C dan vitamin E ini dikenal kaya akan antioksidan. Jika menghubungkannya dengan potensi membuat kulit bayi berwarna cerah, vitamin C dapat mengurangi peradangan serta membantu produksi kolagen dalam tubuh. Umumnya, produksi kolagen berkaitan dengan warna kulit bayi.

2. Berries

Buah-buahan yang termasuk berries seperti blueberry, straweberry, raspberry, dan blackberry mengandung antioksidan sangat tinggi. Asupan antioksdan yang cukup dapat mencegah penuaan dini karena menyeimbangkan dampak dari zat radikal bebas.

3. Ikan

Jenis ikan yang tinggi kandungan asam lemak omega-3 seperti tuna, salmon, dan sarden juga baik dikonsumsi ibu hamil. Adanya asupan asam lemak ini membantu proses regenerasi membran sel sehingga ada kemungkinan kulit bayi bisa menjadi lebih elastis.

4. Tomat

tomat
Kandungan antioksidan dalam tomat disebut dengan lycopene, yang membuatnya berwarna merah. Menurut penelitian, lycopene ini bisa melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet berbahaya bagi ibu hamil yang kerap beraktivitas di bawah sinar matahari langsung.

5. Air kelapa

Salah satu minuman yang populer dianggap bisa membuat kulit bayi terlahir putih adalah air kelapa. Lagi-lagi, belum ada riset ilmiah yang membuktikan hal ini. Meski demikian, tak ada salahnya mengonsumsi air kelapa hijau karena berkhasiat untuk membantu proses detoksifikasi racun dalam tubuh.Bahkan, air kelapa dengan segudang manfaatnya disebut sebagai cairan terbaik kedua setelah ASI untuk bayi berusia di atas 6 bulan. Saat bumil merasa lesu, air kelapa juga bisa menjadi pilihan untuk menambah energi.

6. Kacang hijau

Mitos lain adalah ibu hamil disarankan mengonsumsi air rebusan kacang hijau agar bayi terlahir dengan kulit bersih. Meski belum terbukti, tetap ada banyak manfaat dari mengonsumsi kacang hijau.Kandungan asam folat serta protein di dalam kacang hijau bisa membantu perkembangan janin dalam kandungan. Bahkan, dalam 202 gram kacang hijau rebus sudah memenuhi 80% kebutuhan asam folat harian ibu hamil.

7. Bengkuang

bengkuang
Mengonsumsi jicama atau bengkuang akan memberi asupan antioksidan serta mineral yang diperlukan oleh ibu hamil. Tak hanya itu, bengkuang juga bisa mengurangi rasa tidak nyaman saat hamil seperti konstipasi. Menariknya, sejak dulu bengkuang dianggap sebagai buah yang dapat membuat bayi terlahir dengan kulit putih.

8. Jeruk

Sebagai buah dengan sumber vitamin C melimpah, jeruk juga dianggap bisa membuat kulit bayi lebih cerah. Tak hanya itu, ada klaim bahwa konsumsi jeruk juga dapat membuat kulit ibu menjadi cerah. Terlepas dari validitasnya, tak ada salahnya mengonsumsi buah kaya vitamin C ini.

9. Kacang almond

Ibu hamil sangat disarankan mengonsumsi kacang almond karena di dalamnya terkandung protein, kalsium, vitamin E, magnesium, dan juga serat. Adanya vitamin E ini dapat mencerahkan kulit bayi dan juga ibu.

10. Susu saffron

Sebagai salah satu bunga termahal yang dikenal dengan khasiatnya yang luar biasa, susu saffron juga dianggap dapat membuat bayi berkulit putih. Meski demikian, perhatikan bahwa susu saffron tidak disarankan untuk ibu hamil di trimester pertama dan kedua karena berisiko menyebabkan keguguran. Selalu konsultasikan dengan dokter sebelum mengonsumsinya.

11. Telur

telur
Putih telur dianggap dapat membuat kulit bayi lebih cerah. Namun terlepas dari benar tidaknya klaim ini, telur adalah sumber protein yang sangat baik untuk perkembangan janin dalam kandungan.

Memiliki kulit cerah atau gelap sebenarnya lebih berhubungan dengan faktor genetik. Anggapan bahwa kulit cerah berarti bersih dan lebih menarik seharusnya sudah tidak menjadi patokan karena yang lebih penting adalah kulit terawat serta bersih.Namun, tak ada salahnya mengonsumsi beberapa jenis makanan dan minuman di atas karena kandungannya bermanfaat untuk kehamilan. Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar makanan yang baik untuk kehamilan, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
bayi & menyusuiibu dan anakmenjaga kesehatan
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/13-foods-to-eat-when-pregnant#dairy
Diakses pada 10 Desember 2020
Health Xchange. https://www.healthxchange.sg/women/pregnancy/pregnancy-diet-myths-busted
Diakses pada 10 Desember 2020
Womens Byte. https://www.womensbyte.com/fruits-eat-during-pregancy-fair-babies/
Diakses pada 10 Desember 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait