Makanan dan Minuman Penghilang Capek yang Bisa Anda Konsumsi Sehari-hari


Mengonsumsi minuman dan makanan yang tepat bisa menjadi cara mengatasi badan pegal dan capek sekaligus mengembalikan energi yang hilang. Beberapa contoh makanan dan minuman penghilang capek adalah air putih, teh hijau, serta buah dan sayur segar.

0,0
02 Sep 2021|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Air putih termasuk sebagai salah satu minuman penghilang capekMinum air putih dapat membantu mengatasi capek
Jadwal kegiatan yang padat sehari-hari dapat menyebabkan tubuh kelelahan. Mengonsumsi minuman dan makanan yang tepat bisa menjadi cara mengatasi badan pegal dan capek sekaligus mengembalikan energi yang hilang. Apa saja makanan dan minuman yang bisa dikonsumsi untuk menghilangkan capek?

Minuman penghilang capek

Ada beberapa jenis minuman penghilang capek yang dapat Anda konsumsi selama atau setelah beraktivitas sebagai cara mengatasi badan pegal dan capek.

1. Air

Air putih sangat penting untuk menjaga kesehatan setiap sel di dalam tubuh supaya bisa bekerja dan berfungsi dengan baik sehingga Anda tidak mudah lelah. Asupan air yang cukup dapat menjaga tubuh tetap terhidrasi dan membuat Anda senantiasa segar.

2. Teh hijau

Teh hijau bisa dibilang sebagai salah satu minuman tradisional penghilang capek. Minuman ini mengandung sejumlah kecil kafein yang dapat membuat Anda lebih waspada dan produktif.Teh hijau juga kaya antioksidan yang dapat membantu mengurangi stres oksidatif dan peradangan dalam tubuh. Maka dari itu, konsumsi teh hijau bisa menjadi cara mengatasi badan pegal dan capek sehingga Anda lebih terjaga dan berenergi.

3. Ginseng

Minuman tradisional penghilang capek selanjutnya adalah jenis minuman yang mengandung ginseng. Di samping meningkatkan stamina untuk berolahraga, ginseng juga dapat merangsang fungsi otak.Manfaat ginseng ini berasal dari berbagai senyawa yang dikandungnya untuk meningkatkan kinerja dan energi, seperti ginsenosides, eleutherosides, dan ciwujianosides.Namun, konsumsi ginseng harus sesuai dengan dosis yang dianjurkan karena berpotensi menimbulkan efek samping dan mengganggu pengobatan lain.

4. Kopi

Kopi dianggap sebagai minuman penghilang capek yang dapat menambah energi. Senyawa polifenol di dalamnya dapat mengurangi stres oksidatif dalam sel dan membantu menjaga fungsi tubuh supaya bekerja dengan baik.Akan tetapi, sebaiknya Anda minum kopi sewajarnya saja. Terlalu banyak minum kopi malah dapat menyebabkan hilangnya energi yang disebabkan oleh kandungan kafeinnya.

Makanan yang membantu menghilangkan capek

Selain mengonsumsi minuman penghilang capek, Anda juga bisa mengonsumsi sejumlah makanan untuk mengembalikan energi yang hilang. Berikut adalah beberapa jenis makanan yang dapat dikonsumsi sebagai cara menghilangkan badan pegal dan capek.

1. Protein tanpa lemak

Daging tanpa lemak, seperti daging unggas dan ikan, menyediakan protein berkualitas dengan jumlah lemak jenuh yang lebih sedikit. Ikan yang kaya asam lemak omega-3, seperti salmon dan tuna, juga direkomendasikan karena  bermanfaat bagi kesehatan jantung dan baik untuk dikonsumsi.

2. Buah dan sayur segar

Buah dan sayur segar memiliki kandungan nutrisi yang lebih tinggi ketimbang buah dan sayur yang telah diproses. Buah dan sayur ini juga matang secara alami sehingga lebih menguntungkan bagi kesehatan dan kesegaran tubuh Anda.Salah satu contohnya adalah pisang yang mampu memberikan tambahan energi secara alami. Selain murah dan mudah didapatkan, buah ini juga menawarkan banyak energi ekstra saat dimakan langsung atau dapat diolah menjadi smoothies sebagai minuman penghilang capek.

3. Kacang-kacangan dan biji-bijian

Kacang-kacangan dan biji-bijian dapat memberikan nutrisi dan energi yang sehat bagi tubuh.  Beberapa jenis kacang-kacangan dan biji-bijan yang bisa dikonsumsi sebagai cara mengatasi badan pegal dan capek adalah kacang almond, kacang kacang mete, hazelnut, walnut, biji bunga matahari, dan biji labu.

4. Biji chia

Biji chia telah terbukti secara ilmiah dapat memberikan energi yang sama banyaknya dengan minuman energi berkarbohidrat.Untuk mengonsumsinya, Anda bisa menaburkan beberapa sendok makan biji chia ke dalam makanan di pagi dan sore hari untuk memberikan dorongan energi yang cukup sebagai cara menghilangkan capek.

5. Oat

Oat adalah makanan tinggi serat yang bermanfaat bagi penderita gula darah tinggi dan memberikan energi yang cukup untuk beraktivitas.Oat juga dapat dikombinasikan dengan makanan dan minuman sehat lainnya, misalnya susu, buah beri, atau sedikit madu. Cara ini dapat menambah lebih banyak energi dengan jumlah kalori yang dapat Anda atur sesuai kebutuhan.

Cara menghilangkan capek lainnya

Tidur membantu menghilangkan capek
Tidur yang cukup dapat membantu menghilangkan capek
Selain mengonsumsi makanan dan minuman penghilang capek, beberapa hal berikut ini bisa dijadikan cara mengatasi badan pegal dan capek.Itulah berbagai makanan dan minuman penghilang capek yang dapat meningkatkan stamina dan kesehatan. Anda juga perlu mengusahakan untuk lebih mengutamakan makanan dan minuman segar.Sebab, makanan dan minuman kemasan instan mengandung berbagai bahan tambahan yang berpotensi meningkatkan risiko berbagai gangguan kesehatan.Apabila Anda memiliki pertanyaan seputar masalah kesehatan, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
makanan sehatair putihkelelahan
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/323947
Diakses 19 Agustus 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/food-nutrition/foods-that-beat-fatigue
Diakses 19 Agustus 2021
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/herbs-for-energy
Diakses 19 Agustus 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/how-to-stop-feeling-tired#eat-a-balanced-diet
Diakses 19 Agustus 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait