Mempercepat Proses Pemulihan, Inilah 10 Makanan untuk Flu yang Wajib Anda Coba


Saat flu, nafsu makan pun jadi hilang. Padahal, makan makanan bernutrisi sangat penting bagi proses pemilihan. Makanan untuk flu sebaiknya tinggi protein yang dapat membantu sistem kekebalan tubuh, dan mengandung cairan demi mencegah dehidrasi. Lengkapi pula dengan buah untuk flu, yakni yang tinggi kandungan vitamin C.

(0)
makanan hangat sehat untuk flu demam dan pilekMakanan untuk flu harus bernutrisi agar proses pemulihan lebih cepat
Flu dapat menyerang siapa saja dan kapan saja. Gejala yang ditimbulkan infeksi virus ini kadang membuat tubuh tidak nyaman, seperti demam, sakit kepala, pilek, hingga penurunan nafsu makan. Namun, Anda tidak bisa menurutinya begitu saja. Pasalnya, nutrisi yang Anda dapatkan dari makanan dapat membantu menyembuhkan flu. Beberapa makanan untuk flu yang akan dibahas dalam artikel ini diketahui dapat mempercepat proses pemulihan.Simak ulasan lengkapnya berikut ini. 

Rekomendasi makanan untuk pereda flu

Meski tidak nafsu makan, nyatanya Anda tetap harus makan agar proses pemulihan menjadi lebih cepat. Berikut ini adalah beberapa makanan yang dianjurkan saat Anda terserang flu. 

1. Kaldu

Kaldu adalah makanan untuk flu yang mengandung banyak nutrisi
Nutrisi dari kaldu menjadikan makanan ini baik untuk flu
Kaldu adalah makanan untuk flu yang sangat baik dalam mempercepat proses penyembuhan. Kaldu merupakan cairan yang dihasilkan dari rebusan daging, tulang, atau sayuran, bersamaan dengan rempah-rempah lainnya. Kaldu, khususnya yang dibuat dari tulang, mengandung nutrisi yang sangat kaya, di antaranya kalsium, magnesium, fosfor, vitamin A, hingga mineral seperti zink dan zat besi. Nutrisi-nutrisi tersebut membantu agar tubuh lebih cepat pulih.Ketika Anda flu, tubuh juga cenderung mengalami dehidrasi atau kehilangan cairan tubuh melalui keringat, demam, dan lendir penyumbat hidung. Nah, kaldu membantu mencegah dehidrasi. . Efek menghangatkan dari kaldu juga berperan dalam meredakan gejala flu, seperti sakit tenggorokan dan melegakan hidung tersumbat.

2. Sup ayam

Sup ayam merupakan makanan yang tepat untuk meredakan flu karena menggabungkan manfaat kaldu, ayam, sayuran, dan rempah. Tidak hanya dapat terhidrasi dengan baik, sup ayam juga mengenyangkan dan menyehatkan dengan bahan-bahan di dalamnya, seperti kandungan protein, vitamin, dan serat. 

3. Ikan

Kandungan protein dalam ikan membantu mempercepat pemulihan saat flu
Makanan mengandung protein, seperti ikan, membantu mempercepat pemulihan saat flu
Ikan seperti tuna, kembung, dan salmon merupakan jenis makanan yang kaya akan omega-3. Omega-3 sangat baik dalam menjaga sistem kekebalan tubuh untuk mencegah, sekaligus melawan penyakit. Selain itu, kandungan lemak ikan juga merupakan antiperadangan alami yang baik dalam proses pemulihan. 

4. Kacang-kacangan 

Jenis kacang-kacangan seperti zaitun dan kenari juga kaya akan omega-3 untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. 

5. Bawang putih 

Konsumsi suplemen bawang putih atau makan bawang putih mentah sekalipun terbukti secara ilmiah dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menjadi pereda flu. Jika tak terlalu suka mengonsumsinya mentah, Anda bisa menambahkan bawang putih dalam setiap masakan Anda sebagai alternatif. 

6. Sayuran

Sayuran sudah terbukti menyehatkan tubuh, termasuk sebagai pereda flu. Sayur-sayuran, seperti brokoli, bayam, kangkung, dan sayuran berdaun hijau lainnya kaya akan vitamin, mineral, dan serat. Selain untuk memenuhi kebutuhan tubuh, kandungan ini sangat penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh di masa pemulihan.

7. Buah

buah mengandung vitamin c untuk flu
Buah mengandung vitamin C baik untuk flu
Buah termasuk salah satu makanan untuk meredakan flu. Buah untuk flu yang terbaik adalah yang mengandung vitamin C karena dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Mengutip dari situs Kementerian Kesehatan RI, beberapa buah tinggi vitamin C yang baik untuk flu, antara lain:
    • Jeruk
    • Apel
    • Pepaya
    • Pisang
    • Cranberry
    • Kiwi 

8. Yogurt

Yogurt merupakan produk olahan susu melalui proses fermentasi. Dengan kandungan nutrisi dan protein di dalamnya, yogurt menjadi salah satu makanan yang dianjurkan untuk flu dan membantu meredakan radang tenggorokan. Kandungan bakteri baik di dalamnya juga dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan. Dengan demikian, nutrisi dari setiap makanan yang masuk dapat terserap dengan baik. Sebaiknya Anda mengonsumsi yogurt utuh (plain) tanpa tambahan gula.

9. Oatmeal

Semangkuk oatmeal hangat bisa menjadi superfood yang praktis untuk meredakan flu. Kandungan nutrisi seperti vitamin E, antioksidan polifenol, dan serat beta-glukan dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh.  

10. Rempah

Ketika flu, Anda mungkin mengalami gejala hidung tersumbat, sakit tenggorokan, dan sesak di bagian dada. Rempah-rempah seperti lada, jahe, kunyit, dan kapulaga dapat meredakan gejala tersebut dan membuat Anda bernapas lebih baik. Kandungan vitamin dan mineral di dalam rempah-rempah juga membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Mengapa makanan penting dalam proses pemulihan?

Makanan yang sehat dan bergizi seimbang sangat penting bagi tubuh, terutama dalam proses pemulihan ketika sakit. Makanan diperlukan untuk mencukupi kebutuhan tubuh, memperbaiki sel-sel yang rusak, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh atau sistem imun.Sistem kekebalan tubuh ini berperan sebagai sistem pertahanan tubuh terhadap suatu penyakit, termasuk virus penyebab flu. Dengan meningkatnya sistem kekebalan tubuh maka dapat mencegah dan membantu tubuh melawan penyakit. 

Catatan dari SehatQ

Tidak ada cara pasti yang dapat mencegah Anda dari serangan penyakit. Namun, makanan yang sehat dan tepat dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda untuk melawan virus dan penyakit, bahkan mencegah flu.  Selama flu, pastikan Anda cukup minum dan memilih makanan yang tepat. Bila perlu, Anda juga bisa minum obat pereda flu yang dijual bebas. Konsumsilah makanan yang dapat membantu meredakan gejala flu, khususnya buah dan sayur.Sebaiknya, Anda juga perlu menghindari beberapa pantangan makanan saat flu, seperti camilan kemasan yang mengandung garam dan MSG tinggi, serta makanan cepat saji. Ini karena kandungan lemak jenuh dan lemak trans yang tinggi dapat meningkatkan risiko peradangan. Apabila Anda ingin bertanya lebih jelas mengenai makanan apa saja yang sebaiknya dihindari ketika flu, Anda bisa menggunakan fitur chat dengan dokter melalui aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download aplikasinya di App Store dan Google Play sekarang! 
makanan sehatfluinfluenzaimunitas turun
Cleveland Clinic. https://health.clevelandclinic.org/what-to-eat-when-you-have-the-flu/
Diakses 18 Mei 2021
Web MD. https://www.webmd.com/cold-and-flu/ss/slideshow-flu-foods
Diakses 18 Mei 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/what-to-eat-when-you-have-the-flu#to-eat
Diakses 18 Mei 2021
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/bone-broth
Diakses 18 Mei 2021
Kementerian Kesehatan RI. https://sehatnegeriku.kemkes.go.id/baca/tips-sehat/20160903/553852/ini-dia-7-jenis-buah-untuk-mencegah-flu/
Diakses 18 Mei 2021
Clinical nutrition. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/22280901/
Diakses 18 Mei 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait