13 Jenis Makanan Berserat Tinggi yang Wajib Anda Santap

Selain pir, stroberi dan alpukat juga termasuk sumber makanan berserat tinggi
Pir merupakan salah satu buah dengan kandungan serat tinggi

Serat atau fiber merupakan zat yang sangat penting bagi kesehatan. Sebagai sumber makanan nabati yang tidak bisa dicerna oleh tubuh, serat akan mengikat air dalam usus dan melancarkan pencernaan. Beberapa makanan berserat tinggi juga bisa membantu menurunkan berat badan, tekanan darah, menurunkan kandungan gula darah, hingga menyingkirkan konstipasi.

Asupan yang direkomendasikan untuk wanita adalah 25 gram dan 38 gram bagi pria dalam setiap harinya. Namun, kebanyakan orang hanya mengonsumsi setengah dari jumlah tersebut. Untungnya, Anda masih bisa meningkatkan jumlah asupan serat dengan mengonsumsi makanan berserat tinggi seperti makanan-makanan di bawah ini.

1. Pir 

Buah populer ini termasuk salah satu makanan berserat tinggi dengan kandungan serat mencapai 3,10% dari asupan harian yang direkomendasikan. Pir bahkan termasuk sumber terbaik dari serat.

2. Stroberi 

Selain enak dijadikan jus atau disantap langsung, stroberi memiliki kandungan serat hingga 2%. Buah ini juga memiliki kandungan vitamin C dan antioksidan yang tentunya menyehatkan bagi tubuh Anda.

3. Alpukat 

Alpukat termasuk buah yang unik karena selain tinggi karbohidrat buah ini juga kaya akan lemak baik. Kandungan serat dari buah ini mencapai 6,7% dari asupan harian serat yang direkomendasikan.

4. Apel 

Apel adalah salah satu buah terbaik dan terenak yang bisa Anda santap, dan termasuk sumber makanan berserat tinggi dengan kandungan serat hingga 2,4% dari asupan harian yang direkomendasikan.

5. Rasberi 

Rasanya yang kuat dan kandungan vitamin C yang tinggi bukanlah satu-satunya kelebihan rasberi. Buah ini mengandung 6,5% serat yang sangat bermanfaat untuk kesehatan Anda.

6. Nanas 

Selain mengandung vitamin C, B6, dan potasium, nanas punya 2,6% serat untuk memenuhi sebagian kebutuhan harian Anda. Selain itu, nanas juga merupakan sumber makanan berserat tinggi yang mudah dicampur dengan bahan makanan lainnya, seperti dalam salad atau pizza sehat.

7. Wortel 

Sebagai salah satu sayuran dengan rasa yang enak, wortel mengandung vitamin K dan B6 yang tinggi. Selain itu, masih ada betakaroten, antioksidan, dan 2,8% kandungan serat di dalamnya.

8. Buah Bit 

Buah bit mengandung banyak nutrisi seperti zat besi, folat, mangan, dan potasium. Buah bit juga jadi salah satu pilihan makanan berserat tinggi yang bisa Anda pilih.

9. Brokoli 

Sayuran hijau yang enak ini termasuk salah satu makanan super yang paling bergizi di muka bumi. Selain vitamin C, K, dan B, brokoli juga mengandung 2,6% dari asupan serat harian yang direkomendasikan.

10. Popcorn 

Kabar gembira untuk Anda yang ingin menyantap makanan berserat sambil mengemil. Popcorn (tanpa tambahan karamel dan garam) memiliki kandungan 14,5% serat yang baik untuk kesehatan.

11. Almond 

Sebagai salah satu jenis kacang-kacangan yang paling populer, almond ternyata memiliki kandungan serat yang sangat tinggi, mencapai 12,5%. Almond juga kaya akan nutrisi lain, seperti vitamin E, mangan, dan magnesium.

12. Cokelat Hitam 

Tidak perlu diragukan bahwa cokelat hitam adalah salah satu makanan paling enak di dunia. Selain kaya akan kandungan nutrisi dan antioksidan, cokelat hitam ternyata termasuk makanan berserat tinggi dengan kandungan mencapai 10,9%.

13. Oat 

Oat merupakan bahan makanan yang tinggi vitamin, mineral, dan antioksidan. Dengan kandungan serat mencapai 10,6%, oat adalah pilihan sarapan yang baik untuk mengawali hari Anda.

Itulah beberapa jenis makanan berserat tinggi yang bisa Anda masukkan ke dalam menu diet Anda. Sertakan beberapa makanan tersebut untuk memenuhi kebutuhan serat harian Anda.

WebMD. https://www.healthline.com/nutrition/22-high-fiber-foods
Diakses pada Oktober 2018

Artikel Terkait

Banner Telemed