7 Makanan Berkalori Tinggi Ini Dapat Membantu Menaikkan Berat Badan

Makanan berkalori tinggi bisa digunakan sebagai cara menaikkan berat badan
Berbagai macam junk food termasuk dalam makanan berkalori tinggi

Diet seringkali berkaitan erat dengan kalori. Ketika seseorang ingin menurunkan atau menaikkan berat badan, kalori merupakan salah satu hal utama yang perlu diperhatikan.

Berbagai makanan memiliki tingkat kalori yang berbeda-beda. Makanan berkalori tinggi umumnya terdengar tidak baik, namun ini dapat menjadi pilihan sebagai cara menaikkan berat badan.

Mengonsumsi makanan berkalori tinggi sebagai cara menaikkan berat badan

Kalori adalah energi yang didapat dari makanan dan minuman yang dikonsumsi, serta energi yang digunakan dalam aktivitas fisik. Tanpa energi, sel-sel tubuh akan mati, dan organ-organ tubuh tidak mampu melakukan fungsinya dengan baik.

Rata-rata pria membutuhkan 2.700 kalori per hari, sedangkan rata-rata wanita membutuhkan 2.200 kalori per harinya. Namun, tidak semua orang membutuhkan jumlah kalori yang sama karena tingkat metabolisme tubuh berbeda-beda.

Ketika Anda mengonsumsi jumlah kalori yang dibutuhkan setiap harinya, maka ini akan menyehatkan. Namun, terlalu rendah atau terlalu tinggi mengonsumsi kalori dapat menimbulkan masalah kesehatan.

Mengonsumsi makanan berkalori tinggi sebenarnya baik bagi Anda yang ingin menaikkan berat badan. Akan tetapi, pilih jenis makanan yang menyehatkan dan dipenuhi berbagai nutrisi lainnya. Beberapa jenis makanan berkalori tinggi yang menyehatkan dan dapat membantu menaikkan berat badan, di antaranya:

  • Beras

Beras adalah makanan berkalori tinggi yang dapat menaikkan berat badan secara bertahap. Beras juga mengandung sedikit protein dan serat tambahan. Satu cangkir atau 195 gram nasi merah menyediakan 216 kalori, 5 gram protein, dan 3,5 gram serat.

  • Kacang-kacangan

Kacang merupakan sumber protein, lemak, dan kalori yang sehat. Ini merupakan pilihan yang baik untuk menaikkan berat badan Anda, misalnya saja kacang kenari. Dalam seporsi (sekitar 28 gram) kacang kenari mengandung 185 kalori dan 4 gram protein.

Mengonsumsi seporsi atau dua porsi kacang setiap hari, seperti halnya almond, kacang mete, dan kacang kenari, dapat menambah kalori yang cukup dalam makanan untuk membantu menaikkan berat badan dengan sehat.

  • Minyak zaitun

Satu sendok makan minyak zaitun mengandung 119 kalori dan 13,5 gram lemak. Kandungan ini membuat minyak zaitun dapat menjadi cara sehat untuk menambahkan kalori pada makanan. Tambahkan minyak zaitun ke dalam sayuran yang dimasak atau campurkan bersama salad.

  • Alpukat

Alpukat terkenal karena teksturnya yang lembut dan rasanya yang lezat. Alpukat juga memiliki kandungan nutrisi yang baik. Satu alpukat mengandung 322 kalori, 13,5 gram serat, dan 30 gram lemak total.

Selain itu, alpukat kaya akan vitamin C, folat, asam pantotenat, dan kalium. Mengonsumsi alpukat dapat membantu meningkatkan berat badan yang sehat karena mengandung banyak kalori dan nutrisi lain.

  • Buah kering

Buah kering merupakan pilihan terbaik untuk mendapat tambahan kalori, mineral, antioksidan, dan vitamin. Kandungan kalori setiap buah tentu berbeda, seperti halnya plum yang mengandung 209 kalori, sementara kismis mengandung 247 kalori.

Mencampurkan buah kering ke dalam yogurt atau oatmeal akan membantu Anda mendapatkan asupan berkalori tinggi sehingga cocok dijadikan cara menaikkan berat badan.

  • Ubi

Ubi banyak disukai karena warnanya yang cerah, rasanya yang lezat, dan kaya nutrisi. Ubi mengandung kalori dan serat yang tinggi, serta sejumlah vitamin, mineral, dan antioksidan yang penting.

200 gram ubi yang dimasak mengandung 180 kalori dan 6,5 gram serat. Banyaknya kalori dalam ubi dapat membantu menaikkan berat badan Anda.

  • Polong-polongan

Polongan-polongan, seperti kacang merah, lentil, kacang hitam, dan buncis, mengandung kalori, serat, serta protein dalam jumlah yang memadai. 1 cangkir kacang hitam mengandung 227 kalori dan 15 gram protein.

Menambahkan polong-polongan ke dalam salad dapat membuat Anda mendapat banyak kalori yang bisa membantu menaikkan berat badan. Tak hanya itu, kacang-kacangan juga mengandung zat besi, magnesium, folat, kalium, dan zinc.

Mengonsumsi makanan-makanan berkalori tinggi di atas merupakan salah satu cara menaikkan berat badan dengan cepat dan mudah. Namun, sebaiknya gabungkan makanan tersebut dengan bahan-bahan bergizi lainnya untuk menciptakan diet yang sehat dan seimbang.

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/high-calorie-vegan-foods#section12
Diakses pada 13 November 2019

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/263028.php#takeaway
Diakses pada 13 November 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed