6 Makanan Berbahaya yang Bisa Mengancam Kesehatan Anda

(0)
03 Apr 2021|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Fly agaric adalah jamur beracun yang digolongkan sebagai makanan berbahayaMakanan berbahaya seperti jamur beracun fly agaric tidak boleh dikonsumsi sembarangan
Tahukah Anda kalau ada beberapa makanan yang kita anggap biasa, tapi ternyata termasuk makanan berbahaya? Sebab, berbagai makanan ini—baik itu buah, sayur, atau daging—memiliki racun alami yang bisa berdampak buruk bagi kesehatan.Untuk mengonsumsinya, hanya sebagian dari bahan makanan berbahaya tersebut yang dapat digunakan, atau harus diolah terlebih dahulu dengan teknik tertentu untuk menghilangkan racunnya.

Macam-macam makanan berbahaya

Sejumlah makanan berbahaya yang tidak boleh dikonsumsi secara sembarangan, di antaranya:

1. Jamur liar

Jamur memiliki banyak jenis dan bisa tumbuh bebas di berbagai tempat. Namun, perlu diingat bahwa sebagian jamur termasuk jenis makanan yang berbahaya. Tidak jarang jamur beracun dapat terlihat mirip dengan jamur yang bisa dimakan.Jika Anda menemukan jamur liar, disarankan untuk tidak sembarangan menyentuh, apalagi memakannya, kecuali Anda benar-benar mampu menjamin keamanannya.Mengonsumsi makanan berbahaya seperti jamur liar dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan, mulai dari sakit kepala, sakit perut, hingga kematian.

2. Kluwek

Kluwek atau picung termasuk salah satu makanan berbahaya di Indonesia. Setiap bagian pohon kluwek mengandung racun hidrogen sianida, dengan konsentrasi tertinggi ada di bagian bijinya. Namun, di sisi lain, biji kluwek merupakan salah satu bumbu masak tradisional khas Indonesia.Supaya bisa dikonsumsi, biji kluwek harus melalui proses khusus dengan direbus, direndam, atau bahkan dikubur dengan dibungkus daun pisang di dalam tanah selama satu bulan. Jika biji kluwek langsung dikonsumsi secara berlebihan setelah dipetik, ini bisa menimbulkan gejala, seperti sakit kepala, pusing, lemas, hingga kematian.

3. Ikan buntal

Ikan buntal bisa jadi makanan mematikan. Ini adalah jenis ikan yang dapat menggembung saat terancam bahaya dan memiliki duri pada kulitnya. Ikan buntal memiliki tetrodotoxin yang dapat menyebabkan kelumpuhan otot dan sesak napas.Hingga saat ini, belum ada obat untuk menangani keracunan ikan buntal. Penderitanya mungkin dapat selamat dengan alat bantu pernapasan dan jika dapat bertahan lebih dari 24 jam.Beberapa negara seperti Jepang malah menganggap ikan buntal sebagai kuliner mewah. Namun, tidak sembarangan orang dapat menyajikannya. Setidaknya koki harus memiliki keahlian yang memadai dan tersertifikasi sebelum menyajikan makanan berbahaya ini.

4. Singkong

Dikenal sebagai salah satu makanan pokok, ternyata singkong termasuk salah satu makanan yang berbahaya di Indonesia. Singkong mengandung sianida yang dapat menyebabkan gangguan kesehatan, mulai dari kelumpuhan pada anak, gangguan saraf, hingga kematian.Keracunan sianida dapat terjadi jika singkong dimakan mentah atau tidak disiapkan dengan semestinya sebelum dikonsumsi. Khususnya, jika singkong dikonsumsi dalam jumlah banyak.Untuk menurunkan kadar racunnya sehingga aman untuk dikonsumsi, singkong dapat direndam terlebih dahulu dan dimasak hingga benar-benar matang.

5. Kacang merah

Kacang-kacangan umumnya dapat menyebabkan gangguan pencernaan ringan jika kurang matang saat dimasak. Namun, lain halnya dengan kacang merah yang mengandung senyawa beracun phytohaemagglutinin.Senyawa ini dapat menyebabkan diare dan muntah yang serius jika Anda mengonsumsi kacang merah yang tidak atau belum matang. Hal ini membuat kacang merah menjadi salah satu makanan yang berbahaya dan harus mendapatkan perhatian khusus saat dimasak.

6. Daging katak

Orang Indonesia mengenal masakan daging kaki katak yang disebut swike. Di Prancis, kaki katak juga menjadi favorit banyak orang.Meski demikian, ada sejumlah spesies katak yang beracun. Salah satunya adalah katak tebu, yang bisa jadi makanan yang mematikan karena racun dalam tubuhnya. Katak ini memiliki racun bernama bufotoxin, yang dianggap sebagai salah satu racun paling mematikan di seluruh dunia.Oleh karena itu, Anda tidak disarankan untuk sembarangan memasak daging katak tanpa keahlian yang memadai. Sebab, salah memilih jenis katak atau salah memasak bagian tubuh katak dapat menjadikannya makanan yang paling mematikan.Itulah berbagai makanan berbahaya yang sebaiknya Anda waspadai. Olah bahan makanan dengan baik dan benar untuk menurunkan risiko keracunan.Jika terdapat rasa atau aroma yang tidak biasa, hentikan konsumsi makanan apa pun karena dikhawatirkan makanan beracun atau terkontaminasi patogen. Apabila setelah makan muncul gejala yang merisaukan, segera kunjungi unit layanan kesehatan untuk mendapatkan penanganan yang tepat.Jika Anda punya pertanyaan seputar makanan sehat, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
makanan tidak sehatkeracunan makanan
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/323756
Diakses 22 Maret 2021
Modern Farmer. https://modernfarmer.com/2015/08/secretly-poisonous-plants/
Diakses 22 Maret 2021
One Kind Planet. https://onekindplanet.org/top-10/top-10-most-poisonous-animals/
Diakses 22 Maret 2021
Travel and Leisure. https://www.travelandleisure.com/food-drink/worlds-most-dangerous-foods
Diakses 22 Maret 2021
10 Most Today. https://10mosttoday.com/10-most-deadly-fruits-on-earth/
Diakses 22 Maret 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait