Menyiapkan Makanan Bayi 1 Tahun: Apa Saja yang Bisa Dikonsumsi?

Makanan bayi 1 tahun harus kaya akan nutrisi karena bayi belum bisa makan banyak
Orangtua harus mempersiapkan makanan bayi 1 tahun yang penuh nutrisi

Ketika bayi menginjak usia 1 tahun, peran ASI tidak lagi menjadi asupan utama, namun tetap menjadi nutrisi penting dan perlindungan dari penyakit. Dalam periode ini, makanan selain ASI menjadi sumber utama dari nutrisi dan energi si Kecil.

Meski demikian, ibu bisa terus memberi ASI kepada bayi, apalagi Ikatan Dokter Anak Indonesia merekomendasikan pemberian ASI setidaknya hingga usia anak mencapai 2 tahun. Kandungan pada ASI pun masih berperan penting dalam melengkapi nutrisi sekaligus memberi perlindungan pada anak.

Meski demikian, pemberian ASI ini sebisa mungkin dilakukan setelah anak makan bila ia masih menunjukkan tanda-tanda lapar. Pasalnya, bayi berusia 1 tahun masih memiliki kapasitas lambung yang terbatas sehingga orangtua harus memprioritaskan makanan yang kaya nutrisi agar si Kecil dapat tumbuh dengan sehat dan kuat.

Tips memberikan makanan untuk bayi 1 tahun

Ketika Anda merancang daftar makanan untuk bayi 1 tahun, ingatlah bahwa kebutuhan mereka berbeda dengan orang dewasa. Misalnya, makanan untuk anak 1 tahun harus tetap mengandung kolesterol dan lemak karena keduanya adalah elemen penting dalam tumbuh kembangnya.

Berikut tips lengkap yang dapat menjadi panduan Anda dalam menyiapkan makanan untuk anak 1 tahun agar tumbuh kembangnya optimal.

  • Menu keluarga

    Berikan anak menu yang sama dengan yang Anda makan sekeluarga. Pastikan bayi 1 tahun selalu dikenalkan dengan rasa dan tekstur yang baru (misalnya nasi, bukan bubur).
  • Jadikan tampilan makanan menarik

    Anda bisa memilihkan makanan yang berwarna cerah, misalnya buah jeruk yang berwarna oranye, mengatur letak makanan sehingga berpenampilan menarik, atau menggunakan piring serta mangkuk favoritnya agar bayi lebih semangat makan.
  • Biarkan mereka makan

    Jangan batasi makanan anak, namun pastikan makanan anak 1 tahun itu tetap kaya akan nutrisi. Jika ia ingin ngemil di antara waktu makan besarnya, lebih baik berikan buah.
  • Hindari junk food dan minuman ringan 

    Yang termasuk dalam golongan ini adalah makanan dan minuman kemasan, seperti keripik, cookies, kue, soda, dan permen yang banyak mengandung gula, garam, lemak, serta zat kimia lain yang tidak bernutrisi.
  • Ajarkan anak makan sendiri

    Biarkan si Kecil mengeksplorasi mangkuk makanannya untuk melatih kemandirian. Awalnya, tentu ia akan makan dengan perlahan dan berantakan sehingga orangtua tetap perlu memberi bantuan agar anak tetap makan dengan porsi yang cukup.
  • Makan 5 kali sehari

    Makan 5 hari sekali ini terbagi menjadi dua bagian, yaitu dengan porsi tiga kali makan besar (masing-masing 180-240 ml) dan dua kali snack. Jika anak tidak minum ASI, mereka bahkan harus diberi makan dengan frekuensi lebih sering.

Sekalipun Anda telah menyiapkan makanan bayi 1 tahun sesuai panduan di atas, kadang kala anak akan melakukan mogok makan. Jangan paksa anak untuk makan jika ia memang tidak ingin melakukannya, sebaliknya biarkan ia melewatkan satu sesi makan beratnya.

Dengan melakukan itu, Anda sekaligus mengajarkannya rasa lapar. Ketika lapar, anak diharapkan akan makan lebih lahap pada sesi berikutnya.

Anda pun jangan membiarkan anak terus makan tanpa henti. Tetap beri makan anak sesuai jadwal sehingga ia tahu kapan harus makan dan kapan harus berhenti.

Panduan menu sehat untuk makanan bayi 1 tahun

Pada dasarnya, makanan untuk bayi 1 tahun haruslah penuh nutrisi. Anda bisa memberi makanan apa pun yang ia mau, namun berikut rekomendasi makanan bayi 1 tahun yang dapat Anda pilih:

  • Daging merah seperti daging sapi adalah sumber protein maupun zat besi yang baik. Nutrisi ini sangat penting untuk membantu bayi tumbuh dengan sehat dan kuat, jadi pastikan Anda menyertakan daging merah dalam makanan bayi 1 tahun setidaknya 2-3 kali dalam seminggu.

  • Jeruk dan stroberi merupakan sumber vitamin C yang sekaligus berfungsi membantu tubuh menyerap zat besi dari makanan lain.

  • Wortel yang kaya akan vitamin A sehingga dapat menyehatkan mata bayi.

  • Ayam memiliki lemak yang lebih rendah dibanding daging lain jika dikonsumsi tanpa kulit.

  • Ikan berdaging putih kaya akan protein rendah lemak dan mineral, seperti kalsium, selenium, serta magnesium, yang dapat menangkal radikal bebas serta menguatkan sistem imun bayi.

  • Salmon atau ikan kembung mengandung asam lemak omega 3 yang bagus untuk perkembangan otak anak.

  • Keju mengandung kemak jenuh yang justru merupakan sumber energi yang baik bagi anak mengingat ia mengandung riboflavin (vitamin B2) yang dapat mengubah lemak dan karbohidrat menjadi energi.

  • Nasi merah adalah nasi yang lebih baik dijadikan makanan untuk bayi 1 tahun karena mengandung lebih banyak protein, vitamin B, dan mineral dibanding nasi putih sehingga dapat menghasilkan energi yang lebih banyak untuk anak.

Berbagai makanan di atas dapat dijadikan pilihan untuk menu makanan bayi 1 tahun sehari-hari, agar kebutuhan nutrisi si Kecil bisa terpenuhi dengan baik.

UNICEF. https://www.unicef.org/parenting/food-nutrition/feeding-your-baby-1-2-years#R2923979-1D0eeeDB-THWIOY
Diakses pada 22 November 2019

IDAI. http://www.idai.or.id/artikel/klinik/asi/1-2-3-menuju-asi-eksklusif
Diakses pada 22 November 2019

Kids Health. https://kidshealth.org/en/parents/feed12yr.html
Diakses pada 22 November 2019

Healthy Children. https://www.healthychildren.org/English/ages-stages/baby/feeding-nutrition/Pages/Sample-One-Day-Menu-for-a-One-Year-Old.aspx
Diakses pada 22 November 2019

Parents. https://www.parents.com/baby/feeding/nutrition/superfoods-1-2-years/
Diakses pada 22 November 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed