8 Makanan agar Mudah Melahirkan, Ampuh atau Mitos Belaka?

(0)
03 Mar 2021|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Kurma, si manis bernutrisi tinggi yang diyakini sebagai makanan agar mudah melahirkan.Kurma dianggap sebagai makanan agar mudah melahirkan yang sudah terbukti secara ilmiah.
Supaya proses persalinan berjalan lancar, sebagian orang meyakini bahwa ada makanan agar mudah melahirkan yang bisa dikonsumsi oleh ibu hamil, seperti kurma, akar licorice, hingga teh daun raspberry.Namun, apakah klaim ini terbukti secara ilmiah? Berikut adalah daftar panjang makanan agar mudah melahirkan sekaligus penjelasan ilmiahnya yang bisa Anda simak.

Makanan agar mudah melahirkan yang bisa dicoba

Ada berbagai makanan agar mudah melahirkan yang dianggap mengandung senyawa-senyawa bermanfaat dalam membantu mempermudah persalinan. Sebelum mencobanya, ada baiknya Anda terlebih dahulu memahami berbagai makanan ini secara ilmiah supaya tidak salah kaprah.

1. Nanas

Nanas dipercaya sebagai makanan agar mudah melahirkan
Nanas dipercaya sebagai makanan agar mudah melahirkan
Tidak sedikit ibu hamil yang percaya kalau nanas dapat mempermudah proses melahirkan. Klaim ini didasari oleh fakta bahwa enzim di dalam nanas, bromelain, mampu melunakkan serviks (leher rahim) dan akhirnya mempermudah proses persalinan.Namun, klaim ini belum dapat dibuktikan secara ilmiah karena tidak ada bukti yang mencukupi untuk menunjukkan bahwa nanas bisa mempermudah proses persalinan.

2. Kurma

Berbeda dengan nanas, kurma adalah buah manis bernutrisi tinggi yang terbukti secara ilmiah dapat menginduksi secara alami. Sebuah riset membuktikan, ibu hamil yang mengonsumsi kurma 4 minggu sebelum melahirkan cenderung tidak membutuhkan induksi.Tidak hanya itu, penelitian pada tahun 2013 dan 2017 juga mengungkapkan, mengonsumsi kurma dapat mempercepat proses persalinan dan mengurangi penggunaan oksitosin untuk mempercepat proses melahirkan.

3. Makanan pedas

Sebagian survei sudah membuktikan bahwa banyak orang yang percaya kalau makanan pedas dapat mempercepat dan mempermudah proses persalinan.Namun, kenyataannya belum ada penelitian ilmiah yang mampu memperkuat klaim ini. Anda disarankan untuk berkonsultasi dulu sebelum mengonsumsi makanan pedas untuk mempermudah proses persalinan.

4. Pepaya hijau

Pepaya hijau adalah pepaya yang masih muda. Pepaya ini dipercaya kaya akan enzim papain yang sangat tinggi sehingga digolongkan sebagai makanan agar mudah melahirkan.Selain itu, daun pepaya juga mengandung lateks, yang dapat bertindak layaknya hormon prostaglandin dan oksitosin sehingga dianggap bisa merangsang kontraksi. Meski kelihatannya menjanjikan, belum ada studi yang mampu memperkuat klaim ini.

5. Daun teh raspberry

Meminum daun teh raspberry dipercaya mampu mempermudah proses persalinan. Namun, lagi-lagi, belum ada bukti ilmiah yang bisa memperkuat klaim tersebut. Bahkan, keamanannya pun sampai sekarang masih dipertanyakanInilah alasan mengapa studi lebih lanjut dibutuhkan. Anda juga disarankan untuk berkonsultasi dulu pada dokter sebelum mencobanya.

6. Akar licorice

Kandungan glycyrrhizin pada akar licorice dipercaya mampu merangsang produksi hormon prostaglandin sehingga mampu mempermudah proses persalinan.Namun, Anda perlu waspada karena The National Center for Complementary and Integrative Medicine menegaskan bahwa mengonsumsi akar licorice dalam porsi besar dapat menyebabkan persalinan prematur dan mengancam kesehatan janin.Sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan sebelum mencoba akar untuk mempermudah persalinan.

7. Minyak jarak

Minyak jarak yang langsung diekstrak dari bijinya dipercaya sebagai makanan agar mudah melahirkan. Penggunaan minyak ini dipercaya telah dimanfaatkan selama berabad-abad lamanya. Akan tetapi, belum ada penelitian yang mampu membuktikan klaim ini.Anda juga harus waspada karena mengonsumsi minyak jarak berpotensi menyebabkan efek samping, seperti diare dan muntah-muntah. Efek samping ini tentunya malah akan membuat Anda merasa tidak nyaman.

8. Pisang

Pisang dipercaya sebagai makanan agar mudah melahirkan
Pisang diyakini sebagai makanan agar mudah melahirkan
Makanan agar mudah melahirkan selanjutnya adalah pisang yang kaya akan kalium. Kalium adalah mineral yang dapat membantu otot untuk berkontraksi.Mengonsumsi pisang selama beberapa minggu sebelum melahirkan diyakini dapat membantu menginduksi persalinan secara alami. Namun, lagi-lagi belum ada bukti yang bisa memperkuat klaim ini.Di antara makanan agar mudah melahirkan yang telah disebutkan, hanya kurma satu-satunya makanan yang terbukti mampu mempercepat proses persalinan dan mengurangi penggunaan oksitosin untuk mempermudah proses persalinan.Sementara itu, berbagai makanan lainnya hanya didukung oleh bukti anekdotal dan mitos yang berkeliaran dari mulut ke mulut saja.Jangan lupa untuk berkonsultasi dulu pada dokter sebelum mengonsumsi makanan-makanan yang dianggap dapat menginduksi persalinan. Hal ini perlu dilakukan untuk menghindari efek samping yang berpotensi membahayakan kesehatan Anda dan janin.Jangan ragu untuk berkonsultasi bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh di App Store atau Google Play sekarang juga!
makanan sehatkehamilanpersalinanbuah dan sayuran
Healthline. https://www.healthline.com/health/pregnancy/foods-that-induce-labor#labor-inducing-foods
Diakses pada 17 Februari 2021
Parenting First Cry. https://parenting.firstcry.com/articles/top-12-foods-that-can-help-you-to-induce-labour-naturally/
Diakses pada 17 Februari 2021
Parenting First Cry. https://parenting.firstcry.com/articles/inducing-labour-best-ways-bring-labour/
Diakses pada 17 Februari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait