logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Kehamilan

Makanan agar Mudah Melahirkan, Ampuh atau Mitos Belaka?

17 Feb 2021

| Fadli Adzani

Ditinjau oleh dr. Reni Utari

kurma adalah salah satu makanan agar cepat melahirkan

Kurma dianggap sebagai makanan agar mudah melahirkan yang sudah terbukti secara ilmiah.

Table of Content

  • Makanan agar cepat melahirkan yang bisa dicoba
  • Pesan dari SehatQ

Supaya proses persalinan berjalan lancar, sebagian orang meyakini bahwa ada makanan agar cepat melahirkan yang bisa dikonsumsi oleh ibu hamil, seperti kurma, akar licorice, hingga teh daun raspberry.

Advertisement

Namun, apakah klaim ini terbukti secara ilmiah? Berikut adalah daftar panjang makanan agar mudah melahirkan sekaligus penjelasan ilmiahnya.

Makanan agar cepat melahirkan yang bisa dicoba

Ada berbagai makanan agar mudah melahirkan yang dianggap mengandung senyawa-senyawa bermanfaat dalam membantu memperlancar persalinan. Nah, berikut adalah makanan akan cepat melahirkan yang bisa ibu hamil coba selama masa kehamilan:

1. Nanas

Nanas dipercaya sebagai makanan agar mudah melahirkan
Nanas dipercaya sebagai makanan agar cepat melahirkan

Nanas bukan hanya terkenal sebagai buah yang tinggi kandungan vitamin C saja, namun tidak sedikit ibu hamil yang percaya jika mengonsumsi nanas dapat mempermudah proses melahirkan.

Klaim ini didasari oleh fakta bahwa enzim di dalam nanas, enzim bromelain, mampu melunakkan serviks (leher rahim) dan akhirnya baik untuk proses persalinan.

Namun, klaim ini belum dapat dibuktikan secara ilmiah karena tidak ada bukti yang mencukupi untuk menunjukkan bahwa nanas bisa mempermudah proses persalinan.

2. Kurma

Berbeda dengan nanas, kurma adalah buah manis bernutrisi tinggi yang terbukti secara ilmiah dapat menginduksi secara alami. Sebuah riset membuktikan, ibu hamil yang mengonsumsi kurma 4 minggu sebelum melahirkan cenderung tidak membutuhkan induksi.

Tidak hanya itu, penelitian pada tahun 2013 dan 2017 juga mengungkapkan, mengonsumsi kurma dapat mempercepat proses persalinan dan mengurangi penggunaan hormon oksitosin untuk mempercepat proses melahirkan.

3. Makanan pedas

Sebagian survei sudah membuktikan bahwa banyak orang yang percaya kalau makanan pedas dapat mempercepat dan mempermudah proses persalinan.

Namun, kenyataannya belum ada penelitian ilmiah yang mampu memperkuat klaim ini. Anda disarankan untuk berkonsultasi dulu sebelum mengonsumsi makanan pedas untuk mempermudah proses persalinan.

4. Pepaya hijau

Pepaya hijau adalah pepaya yang masih muda. Pepaya ini dipercaya kaya akan enzim papain yang sangat tinggi sehingga digolongkan sebagai makanan agar mudah melahirkan.

Selain itu, daun pepaya juga mengandung lateks, yang dapat bertindak layaknya hormon prostaglandin dan oksitosin sehingga dianggap bisa menyebabkan kontraksi. Meski kelihatannya menjanjikan, belum ada studi yang mampu memperkuat klaim ini.

5. Daun teh raspberry

Meminum daun teh raspberry dipercaya mampu mempermudah proses persalinan. Namun, lagi-lagi, belum ada bukti ilmiah yang bisa memperkuat klaim tersebut. Bahkan, keamanannya pun sampai sekarang masih dipertanyakan

Inilah alasan mengapa studi lebih lanjut dibutuhkan. Anda juga disarankan untuk berkonsultasi dulu pada dokter sebelum mencobanya.

Baca juga: Makanan Agar Kuat Mengejan Saat Melahirkan, Apa Saja?

6. Akar licorice

Kandungan glycyrrhizin pada akar licorice dipercaya mampu merangsang produksi hormon prostaglandin, sehingga mampu mempermudah proses persalinan dengan membuka jalannya lahir janin untuk melahirkan.

Namun, Anda perlu waspada karena The National Center for Complementary and Integrative Medicine menegaskan bahwa mengonsumsi akar licorice dalam porsi besar dapat menyebabkan persalinan prematur dan mengancam kesehatan janin.

Sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan sebelum mencoba akar untuk mempermudah persalinan.

7. Minyak jarak

Salah satu makanan perangsang kontraksi agar cepat melahirkan lainnya adalah castor oil atau minyak jarak. Minyak jarak yang langsung diekstrak dari bijinya dipercaya sebagai makanan agar cepat melahirkan.

Penggunaan minyak ini dipercaya telah dimanfaatkan selama berabad-abad lamanya. Akan tetapi, belum ada penelitian yang mampu membuktikan klaim ini.

Anda juga harus waspada karena mengonsumsi minyak jarak berpotensi menyebabkan efek samping, seperti diare dan muntah-muntah. Efek samping ini tentunya malah akan membuat Anda merasa tidak nyaman.

8. Pisang

Pisang dipercaya sebagai makanan agar mudah melahirkan
Pisang diyakini sebagai makanan agar mudah melahirkan

Makanan agar mudah melahirkan selanjutnya adalah pisang yang kaya akan kalium. Kalium adalah mineral yang dapat membantu otot untuk berkontraksi.

Mengonsumsi pisang selama beberapa minggu sebelum melahirkan diyakini dapat membantu menginduksi persalinan secara alami. Namun, lagi-lagi belum ada bukti yang bisa memperkuat klaim ini.

9. Terong

Terong juga menjadi salah satu makanan yang dipercaya dapat mempercepat kelahiran bayi. Meski belum ada bukti ilmiah yang menyebutkan terong bisa mempercepat kontraksi, namun di Amerika ada restoran yang menyebutkan bahwa terong parmesan bisa merangsang persalinan.

10. Balsamic vinegar

Bukan hanya terong, di Amerika Serikat, balsamic vinegar juga menjadi salah satu makanan agar cepat melahirkan. Namun, sampai saat ini juga belum ada bukti ilmiah yang menyebutkan bahwa balsamic vinegar bisa mempercepat kontraksi.

Baca juga: Ini Beragam Makanan Sehat untuk Ibu Hamil yang Baik untuk Janin

Pesan dari SehatQ

Di antara makanan agar mudah melahirkan yang telah disebutkan, hanya kurma satu-satunya makanan yang terbukti mampu mempercepat proses persalinan dan mengurangi penggunaan oksitosin untuk mempermudah proses persalinan.

Sementara itu, berbagai makanan lainnya hanya didukung oleh bukti anekdotal dan mitos yang berkeliaran dari mulut ke mulut saja.

Jangan lupa untuk berkonsultasi dulu pada dokter sebelum mengonsumsi makanan-makanan yang dianggap dapat menginduksi persalinan. Hal ini perlu dilakukan untuk menghindari efek samping yang berpotensi membahayakan kesehatan Anda dan janin.

Jangan ragu untuk berkonsultasi bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh di App Store atau Google Play sekarang juga!

Advertisement

makanan sehatkehamilanpersalinanbuah dan sayuran

Referensi

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved