Tak Cuma Lezat, Makanan Ini Juga Bermanfaat Sebagai Penyembuh Luka Khitan


Tubuh memerlukan asupan sejumlah nutrisi guna mempercepat proses penyembuhan luka, termasuk luka bekas sunat. Nutrisi-nutrisi tersebut bisa didapat dari sejumlah makanan seperti telur, sayur, hingga kacang-kacangan.

(0)
18 Mar 2021|Rhandy Verizarie
makanan agar luka sunat cepat sembuhMakanan agar luka sunat cepat sembuh harus mengandung nutrisi tertentu seperti vitamin C dan zat besi
Luka bekas sunat atau sirkumsisi biasanya akan sembuh dalam beberapa hari hingga minggu ke depan. Selain pengobatan yang dianjurkan dokter, ada sejumlah makanan yang bisa dikonsumsi untuk membantu agar luka sunat cepat sembuh. Apa sajakah itu?

Pilihan makanan agar luka sunat cepat sembuh

Tubuh memerlukan asupan sejumlah nutrisi guna mempercepat proses penyembuhan luka, termasuk bekas sunat. Nutrisi yang dimaksud antara lain meliputi:
  • Protein
  • Karbohidrat
  • Zat besi 
  • Zinc
  • Vitamin A
  • Vitamin B
  • Vitamin C
Berikut adalah makanan agar luka sunat cepat sembuh yang dapat dikonsumsi selama dalam tahap penyembuhan luka sunat:

1. Telur

Makanan penyembuh luka khitan yang pertama adalah telur. Telur diketahui sebagai sumber protein yang baik dan mudah diserap oleh tubuh.Protein sendiri berguna untuk proses penyembuhan luka sunat, khususnya untuk memperkuat sistem imun. Dengan begitu, risiko infeksi pada luka dapat diminimalisir. Menurut penelitian tahun 2019 yang dimuat dalam International Journal of Molecular Sciences, kurangnya asupan protein dapat melemahkan aktivitas sistem imun tubuh.

2. Salmon

Ikan salmon menjadi jenis makanan yang bisa dikonsumsi agar luka sunat cepat sembuh. Pasalnya, pada salmon terkandung asam lemak omega-3.Tinjauan ilmiah tahun 2014 menyebutkan jika asam lemak omega-3 terbukti efektif dalam menyembuhkan luka dan infeksi, termasuk luka sunat.

3. Sayuran berdaun hijau

Anak laki-laki ataupun pria dewasa yang baru disunat juga disarankan untuk mengonsumsi sayuran berdaun hijau, seperti bayam dan kale agar luka sunat lebih cepat sembuh.Sayuran berdaun hijau gelap mengandung beragam nutrisi yang penting bagi proses penyembuhan luka pada kulit, tidak terkecuali kulit penis, salah satunya adalah vitamin C. Menurut studi tahun 2013, vitamin C berupa asam askorbat berperan penting dalam proses proliferasi, yakni pembentukan jaringan baru pada kulit yang mengalami luka.

4. Buah beri

Buah beri masuk ke dalam daftar makanan yang berpotensi sebagai penyembuh luka khitan karena kandungan vitamin C di dalamnya. Sama seperti pada sayuran hijau, peran vitamin C di dalam buah beri adalah untuk membantu proses pembentukan jaringan kulit yang baru dengan mengoptimalkan produksi kolagen.

5. Kacang-kacangan dan biji-bijian

Jenis makanan, seperti kacang-kacangan dan biji-bijian, juga menjadi salah satu yang bisa Anda konsumsi agar luka sunat cepat sembuh. Pasalnya, di dalam makanan ini terkandung vitamin E.Berdasarkan penelitian, vitamin E terbukti mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan melawan infeksi. Sistem kekebalan tubuh termasuk salah satu faktor yang berpengaruh terhadap seberapa cepat luka sunat dapat sembuh.Beberapa jenis kacang dan biji-bijian yang dapat dimakan selama proses penyembuhan luka sunat antara lain:
  • Almon
  • Walnut
  • Biji bunga matahari

6. Daging jeroan

Makan daging jeroan seperti hati sapi maupun ayam ternyata dapat membantu mempercepat proses penyembuhan luka sunat, lho!Hal ini dikarenakan pada daging jeroan terkandung vitamin A. Menurut penelitian yang dirilis oleh Journal of Clinical Medicine, vitamin A dapat membantu meningkatkan imunitas tubuh.Seperti yang telah disinggung sebelumnya, sistem imun turut berperan dalam proses penyembuhan luka kulit. Semakin baik imunitas tubuh, semakin cepat luka untuk sembuh dan terhindar dari infeksi bakteri.Meski begitu, pastikan Anda tidak terlalu banyak mengonsumsi jeroan karena ini bisa berdampak pada masalah kesehatan lain, seperti kolesterol. 

7. Tiram

Luka sunat juga mungkin saja sembuh lebih cepat apabila selama dalam proses penyembuhan, Anda mengonsumsi tiram. Pasalnya, makanan laut ini diperkaya dengan mineral zinc.Menurut sebuah penelitian, kurangnya asupan zinc berisiko membuat luka lebih lama sembuh. Walau demikian, diperlukan penelitian lebih lanjut untuk meneliti hal ini.

8. Ubi 

Jenis makanan lainnya yang dapat dikonsumsi agar luka sunat cepat sembuh adalah ubi. Kandungan karbohidrat dan protein di dalamnya dapat bekerja sama untuk mempercepat penyembuhan luka sunat . Sebaliknya, asupan karbohidrat yang kurang dapat memperlambat tahapan penyembuhan luka.

Cara lain agar luka sunat cepat sembuh

Selain dengan makanan, terdapat beberapa cara lain agar luka sunat cepat sembuh, yaitu:
  • Istirahat yang cukup
  • Hindari aktivitas tertentu, seperti berkendara, berolahraga setelah sunat
  • Tidak melakukan hubungan seks terlebih dahulu
  • Gunakan celana dalam yang longgar
  • Oleskan petroleum jelly pada kulit penis agar luka tidak lembap dan lengket
  • Minum obat pereda nyeri untuk meringankan gejala sakit pada penis
Konsultasikan dengan dokter Anda mengenai diet yang tepat selama masa pemulihan pasca sunat, juga bagaimana cara merawat luka sunat yang benar. Anda juga bisa bertanya dengan dokter langsung dari smartphone melalui aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Unduh aplikasinya sekarang di App Store dan Google Play
makanan sehatkelamin laki-lakizat gizisunat
Advances in Wound Care. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4217020/#:~:text=Omega%2D3%20fatty%20acids%20from,collagen%2C%20possibly%20preventing%20extensive%20scarring. Diakses pada 5 Maret 2021British Journal of Community Nursing. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/24796079/#:~:text=Vitamin%20C%2C%20also%20known%20as,secretion%20and%20degradation%20of%20collagen. Diakses pada 5 Maret 2021International Journal of Molecular Sciences. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6429075/ Diakses pada 5 Maret 2021Journal of Clinical Medicine. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6162863/ Diakses pada 5 Maret 2021Molecular Medicine. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2277319/ Diakses pada 5 Maret 2021National Health Service. https://www.nhs.uk/conditions/circumcision-in-men/#:~:text=Circumcision%20is%20a%20relatively%20simple,stitched%20together%20using%20dissolvable%20stitches. Diakses pada 5 Maret 2021StatPearls. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK535406/ Diakses pada 5 Maret 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait