Sederet Makanan agar Luka Cepat Kering yang Direkomendasikan


Makanan yang bisa membuat luka cepat kering antara lain telur, daging ayam, ubi, sayuran hijau, ikan salmon, jeroan, dan kerang. Tentu Anda juga tetap perlu merawat luka dengan baik.

0,0
06 Nov 2021|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Makanan yang membuat luka cepat kering antara lain telur, salmon, dan ubiMakanan yang membuat luka cepat kering biasanya yang tinggi protein
Setiap orang pasti pernah terluka karena berbagai alasan. Selain dengan pemberian obat dan perawatan yang tepat, kondisi ini bisa segera sembuh dengan dibantu oleh makanan agar luka cepat kering.
Mungkin tidak banyak yang menyadari, bahwa makanan yang dikonsumsi dapat berperan pada proses penyembuhan luka. Asupan makanan dapat membantu luka cepat kering, sehingga risiko infeksi pun bisa dikurangi.

Makanan agar luka cepat kering

Agar luka di tubuh cepat kering, selain harus rajin dibersihkan dan dirawat, Anda juga perlu memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi selama masa pemulihan. Pasalnya, beberapa makanan terutama yang mengandung protein, vitamin C, dan zinc ternyata bisa membuat luka jadi lebih cepat kering.Protein adalah salah satu nutrisi yang penting untuk mempercepat proses penyembuhan luka. sementara zinc atau seng berperan penting dalam pertumbuhan sel, khususnya kolagen dan jaringan serat. Seng juga dapat memperkuat sistem imun tubuh serta memerangi peradangan dan infeksi pada luka.Berikut ini beberapa makanan yang bisa membantu luka agar cepat kering yang bisa Anda konsumsi:
Makanan untuk luka cepat kering adalah telur
Telur bisa membantu luka agar cepat kering

1. Telur

Telur merupakan makanan yang bisa membuat luka cepat kering karena mengandung protein dan seng dalam jumlah yang cukup. Tak hanya itu, telur juga sangat baik untuk memperkuat imun tubuh. Untuk luka besar seperti operasi, telur bisa dikonsumsi sebanyak 1,5 gr – 2 gr per kg berat badan utuk membantu penyembuhan pascaoperasi.

2. Ikan salmon

Ikan telah dikenal sebagai makanan sumber protein hewani. Khususnya pada ikan salmon, selain kaya protein dan seng, juga terdapat asam lemak omega 3 yang bermanfaat dalam mempercepat penyembuhan luka, meningkatkan respon imun tubuh dan meredakan peradangan.
Makanan untuk luka cepat kering salah satunya ayam
Ayam mengandung asam amino yang bisa mempercepat penyembuhan luka

3. Daging unggas

Daging unggas seperti ayam atau kalkun merupakan makanan yang baik untuk membuat luka cepat kering karena tinggi asam amino glutamin dan arginin. Keduanya dapat membantu pemulihan dan penyembuhan luka lebih cepat dengan memberikan perlindungan pada sel dan mendorong produksi kolagen.

4. Jeroan

Daging jeroan merupakan sumber protein yang kaya nutrisi termasuk vitamin A, zat besi, vitamin B kompleks dan seng. Semuanya penting untuk memproduksi sel jaringan ikat serta kolagen yang bisa membantu penyembuhan luka. Tentu pengolahannya juga perlu diperhatikan agar manfaatnya tidak tertutup oleh risiko gangguan kesehatan lain akibat kolesterol.

5. Kerang

Makanan yang bisa membuat luka agar cepat kering lainnya adalah kerang seperti tiram yang merupakan sumber seng. Mengonsumsinya dapat membantu mempercepat pemulihan dan penyembuhan luka, termasuk luka operasi.
Ubi bisa membuat luka cepat kering
Ubi memiliki enzim yang bisa membuat luka cepat kering

6. Ubi

Selain sumber protein dan seng, percepatan penyambuhan luka juga bisa dicapai dengan mengonsumsi sumber karbohidrat menyehatkan seperti ubi. Ubi mengandung enzim yang akan mempercepat penyembuhan luka sekaligus meningkatkan imun agar tubuh lebih cepat pulih.

7. Sayuran dan buah-buahan

Sayuran dan buah-buahan sangat direkomendsasikan sebagai makanan agar luka cepat kering. Pada keduanya terdapat berbagai nutrisi lengkap yang dibutuhkan tubuh. Untuk penyembuhan luka, sebaiknya konsumsi sayuran dan buah yang tinggi vitamin C, seperti paprika merah, jeruk, kiwi, stroberi, brokoli dan berbagai sayuran berdaun hijau.Baca Juga: Cara Merawat Luka Sayat yang Benar Agar Tidak Infeksi

Makanan yang harus dihindari agar luka cepat kering

Makanan penyebab luka sulit sembuh adalah fast food
Makanan tinggi gula dan fast food membuat luka sulit sembuh
Selain memperhatikan jenis makanan yang perlu dikonsumsi, Anda juga disarankan untuk menghindari juga makanan yang dapat menghambat penyembuhan luka, seperti di bawah ini:

1. Makanan tinggi gula

Menjaga kadar gula darah sangat penting dalam proses penyembuhan, khususnya jika Anda memilki diabetes. Kadar gula darah tinggi akan membuat tubuh rentan mengalami peradangan dan dapat membuat penyembuhan luka semakin lama.

2. Makanan pedas

Jika dikonsumsi dalam jumlah yang tidak berlebihan, makanan pedas memang tidak akan menghambat penyembuhan luka. Namun, mengonumsi makanan pedas terlalu banyak terutama saat terluka dapat menghambat proses pembekuan darah, yang mana merupakan proses penting agar luka cepat kering.

3. Makanan cepat saji

Makanan cepat saji atau junk food termasuk makanan yang sebaiknya dihindari pada masa penyembuhan. Ini adalah jenis makanan yang rendahnutrisi yang sebaiknya dibatasi walaupun Anda tidak sedang sakit.Contoh makanan cepat saji yang perlu Anda hindari selama masa penyembuhan luka antara lain biskuit, soda, gorengan, dan permen.Itulah berbagai jenis makanan agar luka cepat kering yang direkomendasikan serta yang harus dihindari. Jika luka tidak kunjung sembuh dan menunjukkan tanda-tanda infeksi, sebaiknya segera kunjungi unit kesehatan terdekat untuk mendapatkan penanganan.Apabila Anda masih punya pertanyaan seputar luka yang tak kunjung sembuh, diskusikan langsung dengan dokter lewat fitur Chat Dokter di aplikasi kesehatan SehatQ. Unduh secara gratis di App Store dan Google Play.
penyembuhan lukainfeksi luka pasca operasibekas luka
Livestrong. https://www.livestrong.com/article/485523-the-best-foods-to-eat-to-help-stitches-heal/
Diakses 26 Oktober 2021
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/foods-that-help-you-heal#6.-Poultry
Diakses 26 Oktober 2021
NMC Health Care. https://nmchealthcare.com.my/after-circumcision/
Diakses 26 Oktober 2021
Drugs. https://www.drugs.com/cg/wound-healing-and-your-diet.html
Diakses pada 27 Oktober 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait