10 Makanan agar Cepat Hamil Ini Perlu Dikonsumsi Semua Calon Ibu (Bukan Mitos Belaka!)

(0)
10 Jul 2019|Anita Djie
makanan agar cepat hamil adalah makanan sehat yang mengandung asam folatSalmon merupakan makanan yang wajib dikonsumsi agar Anda cepat hamil
Bagi kebanyakan pasangan suami istri, memiliki anak adalah dambaan yang mampu melengkapi keluarga kecil mereka. Bahkan, beberapa pasangan secara khusus giat mengikuti program hamil agar cepat mendapatkan momongan. Nah agar promil sukses membuahkan hasil yang manis, Anda dan pasangan perlu memerhatikan jenis makanan yang diasup sehari-hari.Banyak orang berpendapat bahwa mengonsumsi makanan tertentu dapat meningkatkan kesuburan. Benarkah?[[artikel-terkait]]

Rekomendasi makanan agar cepat hamil

Agar cepat dapat momongan, bukan hanya seberapa sering berhubungan intim yang perlu Anda perhitungkan. Setiap jenis makanan dan minuman yang Anda konsumsi tiap hari juga memainkan peran penting dalam menyukseskan kehamilan.Berikut ini adalah deretan yang makanan yang dapat meningkatkan kesuburan dan peluang hamil:
  • Yogurt
  • Buah jeruk
  • Susu full-cream
  • Hati sapi
  • Ikan salmon
  • Telur omega-3
  • Kuaci bunga matahari
  • Dark chocolate
  • Tomat
  • Tiram
Selain yang telah disebutkan di atas, masukkan juga makanan berikut ini dalam menu harian Anda.

1. Produk susu

Produk susu adalah salah satu makanan agar cepat hamil
Sebuah penelitian mendapati bahwa konsumsi rutin dari produk susu tinggi lemak dapat mengurangi risiko anovulasi (ovarium tidak memproduksi sel telur untuk dilepaskan) pada beberapa wanita. Belum dapat dipastikan apa hubungan antara susu tinggi lemak dengan peningkatan ovulasi. Namun, bagi wanita yang tidak memiliki alergi susu maupun intoleransi laktosa, susu full cream atau full fat bisa menjadi salah satu pilihan makanan agar cepat hamil. Termasuk juga yogurt dan keju dengan kandungan lemak utuh.

2. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan adalah salah satu sumber protein nabati pengganti protein hewani yang baik untuk kesuburan.Tercatat oleh Harvard Medical School bahwa asupan protein hewani berlebihan dalam jangka panjang berpotensi meningkatkan masalah kesuburan pada wanita. Sebaliknya, wanita yang rutin makan protein nabati lebih kecil kemungkinannya untuk didiagnosis dengan infertilitas.Selain protein, kacang-kacangan juga termasuk makanan yang mengandung asam folat dan penting untuk mendukung program hamil.Mencukupi asupan asam folat selama menjalani promil telah dikaitkan dengan peluang sukses hamil yang lebih besar, meningkatkan keberhasilan pengobatan kesuburan, dan mengurangi risiko cacat tabung saraf pada bayi.

3. Telur

Agar Anda cepat mendapat momongan, telur mungkin dapat menjadi pilihan lauk makanan yang harus dikonsumsi saat program hamil.Pilihlah telur yang tinggi omega-3. Kandungan asam lemak omega-3 terutama paling banyak terdapat di bagian kuningnya. Konsumsi rutin dari makanan tinggi omega-3 selama merencanakan kehamilan dapat meningkatkan kualitas sel telur.Selain itu, kuning telur juga merupakan sumber vitamin B6 yang diperlukan untuk mempersiapkan tubuh terhadap kehamilan.Mencukupi asupan vitamin B6 membantu produksi hormon yang membuat lapisan rahim lebih kuat dan meningkatkan kadar progesteron, sehingga meningkatkan kemungkinan pembuahan.

4. Salmon

Salmon mengandung vitamin D dan omega 3 untuk kesehatan janin
Salmon sudah cukup terkenal sebagai salah satu bahan makanan yang sehat dan sumber vitamin D, omega-3, serta asam lemak esensial lainnya.Vitamin D dan asam lemak omega-3 merupakan nutrisi penting yang diperlukan untuk membantu proses kehamilan dan untuk mendukung kesehatan janin.Setiap wanita yang berencana hamil dianjurkan untuk makan ikan berlemak seperti salmon, tuna, atau sarden 1-2 kali seminggu. Sebaiknya pilihlah ikan salmon segar yang ditangkap di alam liar dan bukan yang diternakkan. Namun, Anda juga harus berhati-hati terhadap kontaminasi merkuri pada daging ikan.Jika tidak bisa mendapatkan ikan segar, mencukupi kebutuhan harian dari suplemen omega-3 setiap hari juga merupakan ide yang baik.

5. Asparagus

Makanan sehat untuk program hamil selanjutnya adalah asparagus. Tidak hanya rendah kalori, secangkir asparagus yang telah direbus mampu memenuhi lebih dari 60 persen asupan asam folat harian Anda dan memenuhi asupan vitamin K harian Anda.Selain asam folat dan vitamin K, secangkir asparagus yang direbus memenuhi 20 persen asupan harian vitamin C, vitamin A, dan vitamin B harian. Makanan ini juga dapat membantu mengatur kadar gula darah Anda.

6. Hati sapi

Sebenarnya organ hati yang dikonsumsi tidak perlu dari sapi, tetapi organ hati sapi memiliki kandungan nutrisi yang lebih banyak. Daging sapi memiliki kandungan koenzim Q10 yang meningkatkan kualitas indung telur pada wanita.Selain itu, hati sapi juga mengandung vitamin A, vitamin B12, riboflavin, dan asam folat yang berperan dalam proses kehamilan.Namun, tentu saja konsumsi makanan ini tidak boleh dilakukan secara berlebihan.

7. Buah Jeruk

Buah untuk program hamil yang penting dikonsumsi jika ingin cepat mempunyami momongan, terutama jeruk. Jeruk dapat ditemukan di berbagai tempat dengan harga yang relatif murah. Vitamin C yang tinggi adalah salah satu kandungan dalam buah jeruk yang sudah umum diketahui.Vitamin C dalam buah jeruk membantu untuk menjaga keseimbangan hormon dalam tubuh wanita. Makanan agar cepat hamil yang satu ini juga mengandung polyamine putrescine yang dapat meningkatkan kesehatan indung telur.

8. Biji bunga matahari

Biji bunga matahari yang identik sebagai makanan kesukaan Hamtaro merupakan salah satu makanan agar cepat hamil yang bisa dikonsumsi.Kandungan vitamin E, asam folat, omega-6, dan omega-3 (asam lemak tak jenuh ganda) yang tinggi menjadikan biji bunga matahari sebagai cemilan yang membantu kesuburan.

9. Tiram

Tiram menjadi salah satu makanan yang harus dikonsumsi saat program hamil karena dipercaya dapat meningkatkan kesuburan.Makanan laut ini mengandung zinc yang berperan dalam produksi air mani dan testosteron pada pria, serta ovulasi dan kesuburan pada wanita. Meski begitu, tidak boleh mengonsumsinya secara berlebihan. Anda hanya perlu mengonsumsi asupan zinc yang direkomendasikan, yaitu sekitar 8 mg sehari agar sistem reproduksi bekerja dengan baik.

10. Biji-bijian utuh

Biji-bijian utuh merupakan makanan penyubur kandungan yang baik dikonsumsi oleh wanita. Direkomendasikan untuk mengonsumsi oatmeal, beras merah, atau roti gandum setiap hari.Hindari mengonsumsi karbohidrat olahan, seperti roti putih, pasta, dan nasi putih karena bisa menghilangkan serat, vitamin B, dan zat besi yang dapat meningkatkan peluang Anda untuk hamil.

Cemilan untuk program hamil yang bagus

Selain rekomendasi makanan di atas, beberapa cemilan ini juga harus dikonsumsi saat program hamil agar Anda cepat mendapat momongan:
  • Dark chocolate
  • Roti panggang dengan topping alpukat iris
  • Buah beri (raspberry, blueberry, blackberry)
  • Tomat
  • Sayuran berdaun hijau gelap
  • Buah delima
  • Apel
  • Ubi jalar dan kentang rebus
  • Pisang
Mengonsumsi makanan untuk program hamil, seperti buah dan cemilan yang sehat bisa bantu menjaga kesuburan agar Anda cepat hamil. Selain menjaga makanan, jangan lupa juga untuk selalu menjaga pola hidup sehat.

Nutrisi yang dibutuhkan dalam makanan agar cepat hamil

Mengapa makanan-makanan di atas bisa membantu kesuburan dan mempercepat kehamilan? Secara spesifik, jenis makanan dengan kandungan nutrisi tertentu bisa menjadi makanan agar cepat hamil. Beberapa kandungan nutrisi yang dapat meningkatkan kesuburan untuk membantu cepat hamil adalah:

1. Vitamin D

Meskipun penelitian mengenai vitamin D dan kehamilan belum terlalu jelas, tetapi vitamin D dipercaya mempengaruhi reseptor yang terdapat dalam indung telur dan lapisan bagian dalam rahim atau endometrium.Riset yang dilakukan oleh NIH menemukan bahwa tingkat vitamin D yang rendah meningkatkan risiko keguguran pada wanita. 

2. Omega-3

Asam lemak omega-3 membantu proses kehamilan dan melahirkan, serta mencegah endometriosis atau pertumbuhan jaringan rahim di luar rahim yang menimbulkan rasa sakit.

3. Karbohidrat

Karbohidrat, seperti biji-bijian utuh memiliki efek yang serupa dengan antioksidan dan meningkatkan sensitivitas terhadap insulin serta mempengaruhi kadar glukosa dalam tubuh. Sensitivitas terhadap insulin dan kadar glukosa dapat mempengaruhi sistem reproduksi. Namun, hindari karbohidrat yang telah diproses, seperti gula, roti putih, dan sebagainya. 

4. Asam folat

Makanan yang mengandung asam folat untuk program hamil membantu mencegah risiko anovulasi atau tidak adanya produksi sel telur. Makanan yang mengandung asam folat untuk program hamil di antaranya kacang-kacangan, asparagus, hati sapi hingga biji bunga matahari.

5. Protein

Makanan yang tinggi protein hewani, terutama ikan berlemak, membantu proses pembuatan sel telur dan menjaga kesuburan.Namun, Anda perlu waspada dengan kontaminasi bakteri pada makanan tinggi protein, seperti produk susu, daging, dan sebagainya.

6. Antioksidan

Makanan yang mengandung antioksidan mampu meningkatkan kesuburan pada pria dan wanita serta menangkal radikal bebas yang berpotensi merusak sel telur dan sperma.

7. Serat 

Serat tidak hanya berguna untuk pencernaan, tetapi juga menjaga kadar gula dan menghilangkan hormon yang berlebih dalam tubuh. Bahkan beberapa jenis serta mengeluarkan hormon estrogen berlebih dari tubuh.Meski demikian, hubungan antara konsumsi makanan berserat agar cepat hamil masih perlu riset lebih lanjut.Buat Anda yang sedang program hamil, tak ada salahnya mulai sekarang mengonsumsi makanan-makanan di atas untuk meningkatkan kesuburan. Selain itu, Anda juga harus menjaga berat badan dalam kisaran yang sehat untuk membantu meningkatkan peluang hamil.Jika Anda ingin tahu lebih lanjut terkait pilihan makanan agar cepat hamil yang terbaik, konsultasikan langsung dengan chat dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ.
Download aplikasinya sekarang di Google Play dan Apple Store.
meningkatkan kesuburanmakanan untuk hamil
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/17-fertility-tips-to-get-pregnant
Diakses pada 10 Juli 2019
Healthline. https://www.healthline.com/health/pregnancy/anovulatory-cycle
Diakses pada 10 Juli 2019
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/endometriosis/symptoms-causes/syc-20354656
Diakses pada 10 Juli 2019
Medscape. https://www.medscape.com/viewarticle/905821
Diakses pada 10 Juli 2019
NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/17329264
Diakses pada 10 Juli 2019
NIH. https://www.nih.gov/news-events/news-releases/insufficient-vitamin-d-linked-miscarriage-among-women-prior-pregnancy-loss
Diakses pada 10 Juli 2019
Verywell Family. https://www.verywellfamily.com/fertility-foods-recipes-1959903
Diakses pada 10 Juli 2019
Baby Center. https://www.babycenter.com/getting-pregnant/how-to-get-pregnant/how-and-what-to-eat-if-you-want-to-get-pregnant_3558
Diakses pada 09 November 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait