Makan Timun saat Haid Sebabkan Gangguan Reproduksi, Mitos atau Fakta?


Ada mitos yang mengatakan bahwa makan timun saat haid dapat membahayakan organ reproduksi. Para ahli menyebutkan bahwa tidak ada hubungan antara makan timun segar dengan menstruasi. Artinya, ini mitos.

0,0
makan timun saat haidTidak ada hubungan makan timun saat haid dengan menstruasi
Banyak informasi di masyarakat mengenai bahaya makan timun saat haid. Salah satunya memicu risiko kanker akibat darah haid yang tertinggal di dinding rahim. Hal ini tentu membuat beberapa orang merasa khawatir dan menghindari timun ketika haid. Padahal, timun memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Benarkah makan timun saat haid memicu gangguan kesehatan? Simak ulasan berikut ini untuk mengetahui jawabannya. 

Makan timun saat haid, benarkah berbahaya?

Makan timun saat haid berbahaya, mitos atau fakta?
Makan timun saat haid berbahaya, mitos atau fakta?
Haid atau menstruasi adalah proses alamiah yang terjadi pada wanita setiap bulannya. Kondisi ini merupakan tanda wanita tidak hamil, berupa peluruhan dinding rahim yang tidak dibuahi oleh sel sperma. Menstruasi merupakan tanda bahwa sistem reproduksi wanita bekerja dengan baik. Tidak jarang, hal ini membuat sebagian wanita lebih hati-hati dalam menjaga diri agar kesehatan reproduksi tetap terjaga, termasuk memilih jenis makanan.Timun atau mentimun menjadi salah satu jenis makanan yang disebut-sebut bisa memengaruhi siklus menstruasi hingga menyebabkan kanker. Timun dipercaya berbahaya jika dikonsumsi saat haid karena bisa membuat darah haid tertinggal di dinding rahim.Padahal, tidak ada hubungan antara konsumsi timun segar dengan haid. Timun tidak akan menyebabkan darah haid tertinggal di rahim sehingga tidak berbahaya jika dikonsumsi saat haid. Darah haid akan luruh sesuai dengan periode waktu tertentu. Umumnya, siklus menstruasi wanita adalah 28 hari dan terjadi selama 3-7 hari. Namun, hal ini wajar berbeda pada tiap wanita akibat pengaruh hormonal. Satu-satunya konsumsi timun yang tidak diperbolehkan saat haid adalah acar timun asin. Sebuah penelitian dalam Irian Journal of Nursing and Midwifery Research menyatakan bahwa konsumsi acar timun asin dapat meningkatkan risiko gangguan menstruasi. Hal ini berkaitan dengan kandungan garam di dalamnya. Bukan karena masalah reproduksi yang disebut bakal mengancam Anda.Dengan demikian, mengonsumsi timun segar saat haid aman selama dikonsumsi dalam batas wajar. 

Manfaat timun untuk kesehatan

Makan timun segar saat haid membantu meredakan beberapa gejala menstruasi
Makan timun segar saat haid membantu meredakan beberapa gejala menstruasi

 

Di luar anggapan bahaya makan timun saat haid, mentimun justru memiliki beragam manfaat bagi kesehatan. Timun merupakan anggota keluarga Cucurbitaceae yang memiliki beragam nutrisi dan rendah akan kalori, lemak, kolesterol, dan natrium. Kandungan ini tentu sangat baik untuk menunjang kesehatan kardiovaskuler (jantung dan pembuluh darah) Anda.Timun juga memiliki rasa yang segar dan tinggi kandungan air. Ini dapat membantu Anda meredakan dehidrasi atau kekurangan cairan. Menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik sangat penting selama masa menstruasi. Pasalnya, hal ini bisa mengurangi risiko kemungkinan sakit kepala akibat dehidrasi, yang menjadi salah satu gejala menstruasiMentimun juga memiliki aktivitas antioksidan dari kandungan lignan di dalamnya. Antioksidan inilah yang membuat timun juga berpotensi melawan radikal bebas yang mengakibatkan kerusakan sel.  Meskipun memiliki banyak manfaat, ini tidak serta-merta membuat Anda mengonsumsi timun secara berlebihan. Konsumsi timun berlebihan bisa berdampak pada risiko gangguan kesehatan, seperti gangguan pencernaan, alergi, hingga pembekuan darah.

Makanan yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi saat haid 

Selain timun, makan sayur dan buah sangat dianjurkan saat menstruasi
Selain timun, makan sayur dan buah sangat dianjurkan saat menstruasi
Haid merupakan proses rutin yang terjadi pada wanita setiap bulannya. Untuk itu, memilih makanan yang tepat dapat membuat proses menstruasi lebih nyaman dan menghindari gangguan menstruasi.Berikut ini beberapa makanan yang dianjurkan selama haid:
  • Air putih
  • Buah-buahan
  • Sayuran berdaun hijau
  • Jahe
  • Sumber protein seperti ayam, ikan, tahu
  • Kunyit
  • Dark chocolate
  • Kacang-kacangan dan biji-bijian
  • Minyak biji rami
  • Yogurt
Sebaliknya, beberapa makanan yang sebaiknya dibatasi saat menstruasi, antara lain:
  • Makanan tinggi garam
  • Makanan tinggi gula
  • Kopi
  • Alkohol
  • Makanan pedas
  • Daging merah

Catatan dari SehatQ

Bahaya makan timun saat haid adalah mitos. Selama dikonsumsi dengan jumlah yang wajar dan tidak berlebihan, timun dapat memberikan manfaat bagi tubuh Anda, bahkan mengurangi gejala menstruasi yang mengganggu. Menstruasi adalah proses alamiah yang terjadi pada setiap wanita. Penting bagi Anda untuk memahami jenis makanan yang dianjurkan dan sebaiknya dihindari. Hal ini akan membuat periode menstruasi Anda lebih nyaman dan mengurangi gangguan menstruasi.Jika Anda masih ragu untuk makan timun saat haid, konsultasikan dengan dokter mengenai keluhan dan kekhawatiran Anda melalui aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download aplikasinya di App Store dan Google Play sekarang! 
siklus haidhaidmenstruasigangguan menstruasipremenstrual syndrome (PMS)
Irian Journal of Nursing and Midwifery Research. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4700688/
Diakses pada 13 September 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/womens-health/what-to-eat-during-period
Diakses pada 13 September 2021
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/283006
Diakses pada 13 September 2021
Cleveland Clinic. https://my.clevelandclinic.org/health/articles/10132-normal-menstruation
Diakses pada 13 September 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait