Makan Tahu Tempe Bisa Jadi Cara Meningkatkan Hormon Estrogen

Tahu tempe adalah sumber fitoestrogen yang dapat meningkatkan hormon estrogen
Makan tahu tempe dipercaya dapat meningkatkan hormon estrogen

Wanita di usia produktif memiliki hormon estrogen yang tinggi. Hormon ini berperan dalam reproduksi dan aktivitas seksual. Namun pada beberapa kondisi, hormon estrogen bisa menurun seperti saat menopause. Jika ini yang terjadi, Anda harus tahu cara meningkatkan hormon estrogen.

Fitoestrogen adalah senyawa mirip estrogen yang bisa diperoleh dari bahan makanan. Orang yang menopause atau mengalami kekurangan hormon estrogen disarankan mengonsumsi fitoestrogen untuk meningkatkan estrogen.

Cara meningkatkan hormon estrogen lewat makanan

Sebelum mengulik apa saja makanan yang mengandung fitoestrogen, perlu diingat bahwa senyawa yang satu ini cukup kompleks. Fitoestrogen bisa mengandung efek estrogenik dan anti-estrogenik sekaligus.

Itulah mengapa hingga kini para peneliti masih kerap memperdebatkan topik soal fitoestrogen dan manfaatnya untuk tubuh.

Terlepas dari itu, penting untuk tahu cara meningkatkan hormon estrogen lewat bahan-bahan makanan seperti:

1. Buah kering

Ganti kudapan Anda dengan buah kering seperti kurma, prune, atau kismis yang mengandung fitoestrogen cukup tinggi. Bonusnya, buah-buahan ini kaya akan serat dan juga nutrisi yang diperlukan tubuh.

2. Kacang kedelai dan edamame

Cara meningkatkan hormon estrogen berikutnya bisa dengan mengonsumsi kacang kedelai dan edamame yang kaya protein. Kandungan isoflavon dalam kacang kedelai serta edamame ini dapat bekerja mirip sekali dengan estrogen alami.

Menurut penelitian, kandungan isoflavon ini bisa meningkatkan sekaligus menurunkan kadar estrogen dalam tubuh.

3. Bawang putih

Bawang yang punya banyak khasiat ini juga bisa meningkatkan hormon estrogen dalam tubuh. Sebuah penelitian selama sebulan mengungkap bahwa wanita yang mengonsumsi suplemen minyak bawang putih bisa mencegah kekurangan hormon estrogen.

4. Persik

Buah peach atau persik juga mengandung vitamin, mineral, dan fitoestrogen yang disebut lignans. Tak hanya itu, mengonsumsi peach secara berkala dapat mengurangi risiko kanker payudara hingga 15% terutama pada wanita yang telah mengalami menopause.

5. Berries

Buah-buahan berries seperti stroberi, blueberry, dan raspberry juga bisa jadi alternatif cara meningkatkan hormon estrogen. Tak hanya itu, buah-buahan ini juga kaya antioksidan, mineral, vitamin, dan juga serat.

6. Tahu dan tempe

Masih terkait dengan olahan kedelai, salah satu sumber fitoestrogen yang populer dikonsumsi adalah tahu. Kandungan isoflavon yang cukup tinggi juga bisa menjadi alternatif bagi para vegan.

Tempe juga mengandung isoflavon yang tinggi. Tak hanya itu, protein ini juga kaya akan prebiotik, vitamin, dan mineral.

7. Sayuran

Dari kelompok sayuran, senyawa fitoestrogen bisa diperoleh dari sayuran seperti kol, brokoli, kubis, dan lainnya. Jenis fitoestrogen yang terdapat dalam sayuran ini adalah lignans dan coumestrol.

8. Flaxseed

Salah satu makanan dengan kandungan estrogen tinggi adalah flaxseed. Flaxseed juga sumber serat yang bisa membantu menurunkan kolesterol dan menjaga kesehatan saluran cerna. Anda bisa mencampur flaxseed di salad, smoothies, atau mengonsumsinya bersama yogurt.

Ketika mengupayakan cara meningkatkan hormon estrogen, perlu diingat bahwa masih ada risiko dari konsumsi fitoestrogen. Ada yang menyebut senyawa ini sangat baik untuk tubuh, namun ada juga yang menyebut risiko komplikasi yang mungkin terjadi.

Masih perlu banyak penelitian untuk memperjelas hubungan antara fitoestrogen dan kesehatan tubuh manusia.

Cara meningkatkan hormon estrogen lewat suplemen

Selain lewat makanan yang tinggi kandungan fitoestrogen, cara meningkatkan hormon estrogen lainnya adalah lewat suplemen atau menjalani terapi. Beberapa jenis alternatifnya adalah:

  • Pil

Medikasi oral untuk meningkatkan hormon estrogen ada dalam bentuk pil yang kerap dikonsumsi wanita dalam fase menopause. Meski demikian, ada efek samping seperti keputihan berlebihan, payudara sensitif, mual, dan sakit kepala.

  • Obat oles

Ada juga cara meningkatkan hormon estrogen lewat cara topikal yaitu dengan obat oles seperti krim, gel, dan juga spray. Metode ini dianggap lebih aman terutama bagi mereka yang memiliki masalah dengan kolesterol dan gangguan hati.

  • Terapi

Cara meningkatkan hormon estrogen yang juga cukup populer adalah estrogen replacement therapy atau ERT. Ini adalah alternatif bagi wanita yang berada di fase pra menopause atau menopause. Dalam waktu 3 bulan, mereka yang menjalani terapi ini akan merasakan perubahannya.

Sebelum memutuskan cara meningkatkan hormon estrogen terbaik untuk Anda, tak ada salahnya berkonsultasi dengan dokter. Selama masih bisa lewat cara alami yaitu dengan konsumsi makanan tertentu, jelas efek sampingnya lebih kecil.

Namun apabila benar-benar perlu, menambah hormon estrogen dengan terapi atau suplemen juga bisa jadi pilihan. Tapi ingat, selalu kalkulasikan apa saja kelebihan dan kekurangannya sebagai konsiderasi utama.

Flo. https://flo.health/menstrual-cycle/menopause/symptoms/estrogen-rich-foods
Diakses 13 November 2019

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/foods-with-estrogen#section14
Diakses 13 November 2019

Live Science. https://www.livescience.com/35645-5-experts-hormone-replacement-therapy-safe.html
Diakses 13 November 2019

WebMD. https://www.webmd.com/menopause/guide/which-type-of-estrogen-hormone-therapy-is-right-for-you#1
Diakses 13 November 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed