Makan Sushi Saat Hamil? Boleh, Ini Aturannya


Ikan atau bahan lain yang mentah menjadi berbahaya karena bisa menjadi penyebab infeksi bakteri seperti Salmonella. Namun jika tetap ingin makan sushi, cara amannya adalah pilih yang olahannya matang sepenuhnya.

0,0
27 Sep 2021|Azelia Trifiana
Hindari mengonsumsi ikan dan bahan yang mentahHindari mengonsumsi ikan dan bahan yang mentah
Makan sushi saat hamil ini selalu jadi trending topic bagi ibu yang mengandung. Bahkan, banyak yang berujar akan “buka puasa” dengan sushi jika sudah melahirkan. Ini wajar, sebab ibu hamil tidak boleh mengonsumsi olahan sushi dari ikan mentah.Ikan atau bahan lain yang mentah menjadi berbahaya karena bisa menjadi penyebab infeksi bakteri seperti Salmonella. Namun jika tetap ingin makan sushi, cara amannya adalah pilih yang olahannya matang sepenuhnya.

Ketika makan sushi saat hamil jadi pantangan

Untuk memudahkan mengerti mengapa makan sushi saat hamil adalah pantangan, ini berlaku apabila olahan sushi itu mengandung bahan mentah. Selain mentah, menu dengan bahan setengah matang juga tidak disarankan.Bukan hanya risiko terpapar bakteri seperti yang disebutkan di atas, mengonsumsi sushi jenis ini juga membuat janin rentan terpapar parasit berbahaya lainnya hingga merkuri. Berikut penjelasannya:
  • Terpapar merkuri

Janin yang terpapar ikan tinggi merkuri bisa mengalami gangguan saraf. Sebab, methylmercury memberikan efek beracun kepada sistem saraf yang sedang dalam masa perkembangan. Utamanya, pada trimester pertama kehamilan.Ketika ibu hamil terpapar merkuri dalam jumlah tinggi, maka kesehatan baik ibu maupun janin sama-sama terancam. Tingginya level merkuri bisa menyebabkan kerusakan otak, pendengaran, dan juga penglihatan bayi.
  • Terpapar parasit

Dalam segala jenis makanan mentah berupa ikan, daging, dan produk olahan susu, terdapat parasit berbahaya.Lebih jauh lagi, pada 12 pekan pertama usia bayi dalam kandungan, inilah periode mereka paling rentan terkena paparan zat beracun. Padahal, sistem imun ibu menurun sebab harus berbagi dengan janin.Terlebih, sistem kekebalan tubuh ibu hamil tidaklah sama karena lebih rentan terkena infeksi. Jika ini terjadi, risikonya beragam.
  • Terpapar bakteri

Salah satu jenis bakteri yang dikhawatirkan bisa masuk ke tubuh ibu hamil apabila makan sushi dengan olahan mentah adalah listeria. Ini adalah bakteri yang bisa menyebabkan listeriosis, jenis keracunan makanan yang membahayakan kesehatan ibu dan janin.Bukan hanya muntah dan diare, penyakit ini bisa menyebabkan masalah seperti keguguran, stillbirth, infeksi rahim, dan persalinan prematur.Bayi yang terlahir dengan listeriosis juga bisa mengalami masalah pada ginjal dan jantung. Bahkan, darah atau otaknya juga bisa terinfeksi.Larangan makan sushi saat hamil ini berlaku mulai dari trimester pertama hingga akhir. Terutama pada trimester pertama ketika sumsum tulang dan otak mulai terbentuk di minggu ke-1 hingga ke-8 kehamilan.

Cara aman makan sushi saat hamil

Namun, bukan berarti selama sembilan penuh Anda sama sekali tidak boleh menyentuh sushi. Selama sushi yang dimakan mengandung ikan atau hewan laut matang, tak ada salahnya mengonsumsinya. Justru ini kaya nutrisi. Memilih sushi dengan tambahan sayur juga cukup bijak.Jenis ikan rendah merkuri yang boleh dikonsumsi oleh ibu hamil adalah salmon, lele, serta hewan laut bercangkang lainnya. Semuanya kaya akan asam lemak omega-3 yang bermanfaat bagi tubuh.Ingat syarat utamanya, yaitu matang sepenuhnya. Jadi, sebelum memesan pastikan bahwa pihak penjual atau restoran tahu permintaan khusus ibu hamil ini. Setidaknya, ikan dan produk lainnya harus sudah melalui proses pemanasan dengan suhu 62 derajat Celsius.Jangan ragu untuk bertanya kepada pihak restoran tentang kandungan dalam sushi yang akan Anda konsumsi. Hindari yang tinggi merkuri, lalu minta diolah hingga matang sempurna.Beberapa rekomendasi sushi yang aman dikonsumsi dan cukup populer sebagai menu utama adalah:
  • Ebi roll (udang)
  • Unagi roll (belut)
  • Spicy chicken sushi roll
  • Chicken katsu roll
  • Cucumber maki roll
  • Shiitake mushroom roll
  • California roll (imitation crab yang terbuat dari olahan daging ikan)

Catatan dari SehatQ

Jadi, kehamilan bukan berarti memisahkan Anda dengan restoran sushi kesayangan atau makan sushi selama sembilan penuh. Sebab, makan sushi saat hamil boleh-boleh saja dilakukan selama olahannya matang sempurna. Tak kalah penting, pilih juga ikan yang rendah merkuri.Ketika makan di restoran sushi, jangan ragu bertanya secara detail tentang komposisi dari menu-menu yang ada. Sampaikan bahwa Anda sedang mengandung sehingga tidak boleh mengonsumsi ikan mentah atau setengah matang.Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar pantangan dan lampu hijau makanan saat hamil, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
menjaga kehamilanhamilkehamilan
Healthline. https://www.healthline.com/health/pregnancy/can-pregnant-women-eat-sushi
Diakses pada 13 September 2021
The American College of Obstetricians and Gynecologists. https://www.acog.org/womens-health/faqs/nutrition-during-pregnancy?utm_source=redirect&utm_medium=web&utm_campaign=otn
Diakses pada 13 September 2021
The Bump. https://www.thebump.com/a/can-i-eat-sushi-while-pregnant
Diakses pada 13 September 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait