Ingin Makan Salmon Saat Hamil? Ini Syaratnya


Ikan salmon adalah sumber makanan yang bergizi namun bisa juga berbahaya. Bergizi karena di dalamnya terdapat asam lemak omega-3 dan juga vitamin D. Namun, bisa jadi berbahaya ketika mengandung merkuri tinggi.

0,0
28 Sep 2021|Azelia Trifiana
Hindari makan salmon mentahHindari makan salmon mentah
Saat hamil, memilih menu di restoran tak sesederhana dulu lagi. Sebab, harus mempertimbangkan keamanannya untuk janin juga. Termasuk pertimbangan makan salmon saat hamil. Selama diolah benar-benar matang, tak masalah mengonsumsinya.Di sisi lain, salmon asap setengah matang sebaiknya tidak dikonsumsi. Sebab, bisa menyebabkan infeksi berbahaya bahkan masuk ke janin lewat plasenta.

Aturan ibu hamil makan salmon

Bagai dua sisi mata uang, ikan adalah sumber makanan yang bergizi namun bisa juga berbahaya. Bergizi karena di dalamnya terdapat asam lemak omega-3 dan juga vitamin D. Namun, bisa jadi berbahaya ketika mengandung merkuri tinggi.Bagi ibu hamil, aspek membahayakan dari ikan ini bertambah. Yaitu ketika proses pengolahannya tidak benar-benar matang.Jadi, ketika ingin makan salmon saat hamil, sebenarnya ini pilihan yang bagus. Sebab, smoked salmon adalah ikan rendah merkuri dan kaya gizi.Namun, ada beberapa aturan yang perlu dipahami:

1. Kenali jenisnya

Salmon asap biasanya dikategorikan dalam cold-smoked atau hot-smoked, berdasarkan metode pemberian bahan-bahan preservatifnya.Berikut penjelasannya:
  • Cold-smoked
Salmon ini diasapi pada suhu 21-32 derajat Celsius. Proses pengolahannya adalah dry-curing, yaitu pemberian garam tanpa melalui proses perendaman. Salmon dalam jenis ini tidak matang sempurna, sehingga warnanya cenderung terang dengan tekstur lunak.
  • Hot-smoked
Salmon melewati proses perendaman dengan cairan garam atau brine-cured. Kemudian, dipanaskan hingga mencapai suhu 49 derajat Celsius hingga temperatur internalnya mencapai 57 derajat Celsius atau lebih.Mengingat salmon jenis ini benar-benar matang, rasanya lebih berasap. Tekstur dan rasanya pun lebih kencang.Dari kedua jenis salmon asap di atas, yang aman untuk ibu hamil tentu saja hot-smoked karena matang sempurna. Hindari salmon cold-smoked karena belum matang.

2. Periksa label

Sebelum ibu hamil makan salmon, sebaiknya lihat dulu label yang ada dalam kemasannya. Biasanya, salmon asap jenis ini dikemas dalam kantung kedap udara atau kaleng.Biasanya, label makanan menunjukkan metode pengasapannya. Bahkan, ada juga yang mencantumkan apakah produk telah dipasteurisasi atau belum. Jika masih ragu, sebaiknya pastikan terlebih dahulu kepada produsen sebelum mengonsumsinya.Tak kalah penting, ibu hamil perlu tahu nama lain dari cold-smoked salmon agar tidak sampai salah pilih. Beberapa nama lainnya adalah pâté, Nova style, fish jerky, dan kippered.Sementara ikan yang disimpan di lemari pendingin tetap termasuk dalam ikan belum matang. Ini berbeda dengan jenis salmon yang dikemas dalam kaleng, aman dimakan tanpa perlu dimasak lebih lanjut.

Manfaat ibu hamil makan salmon

Setelah memahami kedua aturan main utama di atas, kini tak perlu ragu lagi memasukkan salmon dalam menu sehari-hari. Sebab, manfaatnya sangat baik baik untuk ibu maupun janin.Lebih lanjut lagi, dalam 100 gram salmon asap terdapat kandungan nutrisi berupa:
  • Kalori: 117
  • Lemak: 4 gram
  • Protein: 18 gram
  • Karbohidrat: 0 gram
  • Vitamin B12: 136% AKG
  • Vitamin D: 86% AKG
  • Vitamin E: 9% AKG
  • Selenium: 59% AKG
  • Zat besi: 5% AKG
  • Seng: 3% AKG
Bahkan dibandingkan dengan sumber protein lainnya, ikan kaya akan nutrisi penting untuk pertumbuhan janin dalam kandungan. Sebut saja yodium, vitamin D, dan juga vitamin B12.Hebatnya lagi, kandungan asam lemak omega-3 seperti EPA dan DHA dalam ikan juga sayang dilewatkan. DHA sangat berperan dalam pembentukan otak janin. Bahkan, berdampak pada perkembangan bayi saat sudah besar nantinya.

Catatan dari SehatQ

Makan salmon saat hamil sah-sah saja selama proses pengolahannya benar-benar matang. Namun, perhatikan apakah ada kemungkinan terjadi kontaminasi silang dengan olahan ikan mentah selama proses penanganan di restoran.Jika ini terjadi, bisa memicu terjadinya infeksi bakteri dan cacing parasit. Tingginya sodium pada produk salmon asap dalam kemasan juga perlu diperhatikan.Ibu hamil dan orang dewasa tidak boleh melewati batas maksimal konsumsi sodium sebanyak 2.300 miligram setiap harinya. Padahal, 100 gram smoked salmon saja sudah mengandung 30% dari batas harian itu.Jadi, meski baik mengonsumsi salmon berkat kandungan nutrisinya, porsinya tetap harus wajar. Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar cara mengatur pola makan ibu hamil, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
menjaga kehamilanhamilkehamilan
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/smoked-salmon-pregnancy
Diakses pada 14 September 2021
Pregnancy Food Checker. https://www.pregnancyfoodchecker.com/smoked-salmon-whilst-pregnant/
Diakses pada 14 September 2021
NHS. https://www.nhs.uk/pregnancy/keeping-well/foods-to-avoid/
Diakses pada 14 September 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait