10 Rekomendasi Mainan Anak 3 Tahun yang Mengedukasi


Mainan anak 3 tahun haruslah menyenangkan sekaligus mengedukasi. Hal ini juga dapat membantu mendorong kreativitas, kemampuan motorik, dan kognitif Si Kecil.

0,0
13 May 2021|Dina Rahmawati
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Mainan anak 3 tahun harus menyenangkan sekaligus mengedukasiPasir kinetik merupakan salah satu mainan yang cocok untuk anak 3 tahun
Memasuki usia 3 tahun, keterampilan motorik dan kognitif anak semakin berkembang. Mereka juga mungkin sedang aktif-aktifnya bermain. Untuk mendukung tumbuh kembangnya, Anda bisa memberikan mainan anak 3 tahun yang menyenangkan sekaligus mengedukasi.Selain bisa dimainkan, berbagai mainan edukasi anak 3 tahun dapat membantu mendorong kreativitas dan mengasah kemampuan kognitif anak. Akan tetapi, pastikan mainan anak 3 tahun yang Anda berikan tergolong aman dan tidak memiliki potensi bahaya. 

Rekomendasi mainan anak 3 tahun

Berikut sejumlah rekomendasi mainan anak 3 tahun yang bisa Anda berikan untuk menunjang tumbuh kembang mereka.

1. Mainan menyusun bentuk bangunan

mainan menyusun bentuk
Mellisa & Doug Wooden Building-Blocks Set (sumber foto: Nymag)
Mainan menyusun bentuk-bentuk bangunan dapat menjadi tantangan yang mengasyikkan bagi anak. Selain menyenangkan, mainan edukasi anak 3 tahun ini dapat membantu menumbuhkan imajinasi dan mengembangkan kecerdasan logika sekaligus spasial sejak dini. Mainan menyusun bentuk bangungan juga bisa melatih anak untuk mengoordinasikan tangan dan matanya dengan baik. Anda dapat mengajak si kecil menyusun mainan anak 3 tahun ini menjadi rumah-rumahan atau gedung.

2. Mainan pasir kinetik

pasir kinetik
Kinetic Sand Bake Shop (sumber foto: Nymag)
Mainan anak 3 tahun selanjutnya yang direkomendasikan adalah mainan pasir kinetik. Pasir ini berbeda dengan pasir biasa karena memiliki tekstur yang halus, cenderung menggumpal dan tidak berantakan. Anak bisa membentuk pasir kinetik sesuai keinginannya dengan mudah. Tak heran, jika mainan edukasi anak 3 tahun ini dapat merangsang sensorik anak dan mengembangkan kreativitasnya. 

3. Alat musik mainan

ukulele
Janod Confetti Ukulele (sumber foto: Janod.com)
Anak 3 tahun umumnya senang mendengarkan bunyi-bunyian sehingga alat musik mainan bisa jadi pilihan yang cocok untuk mereka. Anda bisa membelikan mainan ukulele atau alat musik pukul untuk anak. Mainan edukasi anak 3 tahun ini dapat mendorong anak mengekspresikan diri, menunjukkan kreativitas, dan menghilangkan stres.

4. Boneka teddy bear