Berbagai Mainan Anak 1 Tahun yang Cocok untuk Usia Si Kecil

Mainan anak 1 tahun seperti mainan mencocokkan bentuk dapat memberikan keterampilan baru pada anak
Mainan mencocokkan bentuk merupakan salah satu mainan anak 1 tahun yang edukatif

Memasuki usia 1 tahun, anak-anak biasanya sudah mengenal banyak hal. Mereka pun semakin senang bermain dengan berbagai macam mainan yang dimilikinya.

Sebelum memilih mainan anak 1 tahun, Anda perlu mempertimbangkan beberapa hal sebagai orangtua yang baik. Jangan sampai mainan yang dibeli malah akan memberikan dampak buruk bagi buah hati Anda. Lantas, apa saja mainan untuk anak 1 tahun?

Beragam mainan anak 1 tahun

Pada usia 1 tahun, anak mulai bereksperimen dengan ukuran, bentuk, dan ruang. Anak juga berusaha mencari tahu dunia dan mulai bereksplorasi dengan indera mereka, salah satunya melalui mainan.

Mainan memungkinkan anak usia 1 tahun untuk mengekspresikan kreativitas mereka dan melatih keterampilan motorik halusnya. Beberapa mainan untuk anak 1 tahun yang terbaik, di antaranya:

  • Lego atau blocks

Anak-anak berusia 1 tahun senang menyusun lego, menghancurkannya, dan menyusunnya kembali. Ketika mereka berhasil menyusun lego sesuai keinginannya, ini tentu dapat menumbuhkan kreativitas dalam diri anak.

  • Mainan mencocokkan bentuk

Mainan yang terbuat dari plastik atau kayu ini memiliki banyak bentuk, seperti bintang, oval, bulatan, dan lainnya, untuk dimasukkan ke dalam lubang-lubang pada kotak atau bola sesuai dengan bentuknya.

Mainan mencocokkan bentuk ini dapat membantu anak usia 1 tahun mempelajari cara menemukan jawaban ketika memasukkan berbagai bentuk tersebut ke dalam kotak.

  • Bola warna-warni

Melihat dan memainkan bola warna-warni akan membuat anak merasa senang. Berusaha melempar dan menangkap bola dapat mengasah keterampilan motorik anak, serta mengatur keterampilan bahasanya karena anak 1 tahun biasanya akan mengoceh saat bermain.

  • Puzzle berpotongan besar

Puzzle terbaik bagi anak 1 tahun memiliki potongan-potongan yang besar agar dan tidak membuat bingung dan memudahkan anak dalam memainkannya.

Beri anak puzzle dengan gambar hewan atau buah yang dapat membuatnya tertarik. Memainkan puzzle dapat mendorong koordinasi mata, tangan, dan keterampilan visual anak.

  • Board book

Board book adalah buku yang tidak mudah robek meski si Kecil memainkannya dengan lincah karena terbuat dari karton tebal. Buku ini dilengkapi dengan ilustrasi sederhana atau foto-foto yang membuat anak akan tertarik.

Semakin realistis gambar yang ada, semakin mudah bagi anak untuk memahami dan menghubungkan dengan dunia di sekitarnya. Selain itu, adanya penamaan atau kata-kata yang Anda bacakan dalam buku tersebut bisa membantu anak menumbuhkan kosakata.

Perhatikan hal ini sebelum membeli mainan anak 1 tahun

Sebelum membelikan anak mainan, Anda harus memerhatikan standar keselamatannya. Hal ini dilakukan untuk melindungi anak dari bahaya yang dapat disebabkan oleh mainan yang tidak aman bagi anak seusianya.

Berikut beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam memilih mainan untuk anak 1 tahun:

  • Selalu perhatikan rekomendasi usia pada label mainan. Ini dapat membuat anak terhindar dari mainan yang tidak diperbolehkan untuk anak seusianya.

  • Pilihlah mainan yang berukuran cukup besar setidaknya berdiameter 3 cm dengan panjang 6 cm sehingga tak akan tertelan atau bersarang di tenggorokan anak.

  • Hindari kelereng, koin, bola kecil, dan mainan lain yang berukuran kecil karena dapat tertelah sehingga menyangkut di tenggorokan dan menyebabkan masalah pernapasan.

  • Jika Anda memilih mainan yang dioperasikan dengan baterai, pilihlah mainan yang wadah baterai dan sekrupnya aman dan kuat sehingga anak tidak dapat membukanya. Baterai dan cairan baterai dapat menimbulkan risiko serius, seperti tersedak dan luka bakar kimia.

  • Pastikan mainan tidak mudah pecah dan cukup kuat ketika bayi memasukkannya ke dalam mulut dan mencoba mengunyahnya. Hindari mainan dengan ujung yang tajam atau memiliki bagian-bagian kecil.

  • Sebagian besar mainan yang dapat dikendarai dapat digunakan setelah anak bisa duduk dengan baik tanpa disangga. Akan tetapi, mengendarai mainan seperti kuda goyang harus dilengkapi dengan tali pengikat atau pengaman agar bayi terhindar dari risiko jatuh.

  • Jangan memberi anak berusia 1 tahun balon berbahan lateks karena anak dapat meledakkan atau mengunyahnya.

Sudah menjadi kewajiban bagi orangtua untuk memerhatikan keselamatan anaknya, termasuk soal mainan. Jadi, ada salahnya untuk membelikan anak mainan. Asalkan Anda selalu ingat untuk memilih mainan yang sesuai usia dan aman baginya.

What to Expect. https://www.whattoexpect.com/baby-products/gift-guides/best-toys-1-year-olds/
Diakses pada 12 November 2019

Kids Health. https://kidshealth.org/en/parents/products-toys.html
Diakses pada 12 November 2019

WebMD. https://www.webmd.com/parenting/features/choosing-right-toys-for-right-age#1
Diakses pada 12 November 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed