logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Parenting

13 Mainan Anak 1 Tahun yang Cocok untuk Usia Si Kecil

open-summary

Mainan anak 1 tahun haruslah menyenangkan dan edukatif, seperti lego atau blocks, mencocokan bentuk, puzzle berpotongan besar, atau menyusun ring donat.


close-summary

4

(8)

12 Nov 2019

| Dina Rahmawati

Ditinjau oleh dr. Karlina Lestari

Mainan anak 1 tahun seperti mainan mencocokkan bentuk dapat mengasah keterampilan baru anak

Mainan mencocokkan bentuk merupakan salah satu mainan anak 1 tahun yang edukatif

Table of Content

  • Rekomendasi mainan anak 1 tahun
  • Perhatikan hal ini sebelum membeli mainan anak 1 tahun

Memasuki usia 1 tahun, anak-anak biasanya sudah mengenal banyak hal. Mereka pun semakin senang bermain dengan berbagai macam mainan yang dimilikinya.

Advertisement

Sebelum memilih mainan anak 1 tahun, Anda perlu mempertimbangkan beberapa hal sebagai orangtua yang baik. Jangan sampai mainan yang dibeli malah akan memberikan dampak buruk bagi buah hati Anda. Lantas, apa saja mainan untuk anak 1 tahun?

Rekomendasi mainan anak 1 tahun

Pada usia 1 tahun, anak mulai bereksperimen dengan ukuran, bentuk, dan ruang. Anak juga berusaha mencari tahu dunia dan mulai bereksplorasi dengan indera mereka, salah satunya melalui mainan.

Mainan memungkinkan anak usia 1 tahun untuk mengekspresikan kreativitas mereka dan melatih keterampilan motorik halusnya. Beberapa rekomendasi mainan untuk anak 1 tahun yang terbaik, di antaranya:

1. Lego atau blocks

Lego atau blocks cocok sebagai mainan anak laki-laki 1 tahun. Namun, bisa juga dimainkan oleh anak perempuan. Anak-anak berusia 1 tahun senang menyusun lego, menghancurkannya, dan menyusunnya kembali.

Ketika mereka berhasil menyusun lego sesuai keinginannya, ini tentu dapat menumbuhkan kreativitas dalam diri anak. Bukan hanya menyenangkan, mainan edukasi anak 1 tahun ini juga mampu mengasah keterampilan si kecil.

2. Mainan mencocokkan bentuk

Mainan anak 1 tahun selanjutnya, yaitu mainan mencocokan bentuk. Mainan yang terbuat dari plastik atau kayu ini memiliki banyak bentuk, seperti bintang, oval, bulatan, dan lainnya, untuk dimasukkan ke dalam lubang-lubang pada kotak atau bola sesuai dengan bentuknya.

Mainan edukasi anak 1 tahun ini dapat membantu anak mempelajari cara memecahkan masalah ketika harus memasukkan berbagai bentuk tersebut ke dalam kotak.

3. Mainan musik

Anda juga bisa membelikan Si Kecil mainan alat musik yang umumnya dimainkan dengan dipukul. Ketika anak memukul-mukulnya dengan palu khusus, maka mainan tersebut akan mengeluarkan suara.

Musik dapat mendorong kemampuan motorik halus, koordinasi gerak, dan kemampuan berbicara anak. Mainan anak 1 tahun ini sangat baik untuk membantu tumbuh kembangnya.

4. Bola warna-warni

Melihat dan memainkan bola warna-warni akan membuat anak merasa senang. Berusaha melempar dan menangkap bola dapat mengasah keterampilan motorik anak, serta mengatur keterampilan bahasanya karena anak 1 tahun biasanya akan mengoceh saat bermain. Mainan untuk anak 1 tahun ini bermanfaat guna menggerakan tubuh anak dengan aktif.

5. Puzzle berpotongan besar

Puzzle terbaik bagi anak 1 tahun memiliki potongan-potongan yang besar agar dan tidak membuat bingung dan memudahkan anak dalam memainkannya.

Beri anak puzzle dengan gambar hewan atau buah yang dapat membuatnya tertarik. Mainan edukasi anak 1 tahun ini dapat mendorong koordinasi mata, tangan, dan keterampilan visual anak.

6. Board book

Board book adalah buku yang tidak mudah robek meski si Kecil memainkannya dengan lincah karena terbuat dari karton tebal. Buku ini dilengkapi dengan ilustrasi sederhana atau foto-foto yang membuat anak akan tertarik.

Semakin realistis gambar yang ada, semakin mudah bagi anak untuk memahami dan menghubungkan dengan dunia di sekitarnya. Selain itu, adanya penamaan atau kata-kata yang Anda bacakan dalam buku tersebut bisa membantu anak menumbuhkan kosakata.

7. Menyusun ring donat

Mainan menyusun ring donat dapat menjadi permainan yang menyenangkan untuk anak 1 tahun. Anak diharuskan menyusun ring donat dari yang terbesar ke terkecil sehingga mengasah kemampuannya berpikir.

Selain itu, mainan ini juga mengajarkan anak mengidentifikasi warna, memcahkan masalah, dan memperkuat kemampuan motorik halusnya. Pilihlah mainan ring donat berwarna-warni agar menarik perhatian Si Kecil.

8. Mainan kitchen set anak

Mainan kitchen set umumnya cocok sebagai mainan anak perempuan 1 tahun. Dengan mainan ini, anak akan bermain masak-masakan atau bermain peran pura-pura berada dalam jamuan makan. Hal ini dapat mengasah kreativitas dan imajinasi anak.

9. Bola karet berduri

Rekomendasi mainan anak 1 tahun lainnya adalah bola karet berduri. Tenang, bola ini tidak akan menyakiti si kecil karena terbuat dari karet.

Bermain bola karet berduri dapat membantu perkembangan keterampilan motorik halus anak dengan melempar dan menangkap sesuka hatinya. Bola ini juga lebih mudah untuk digenggam anak.

10. Menyusun kayu bentuk

Menyusun kayu bentuk merupakan salah satu mainan edukatif anak usia 1-3 tahun. Seperti layaknya permainan ring donat, si kecil harus menyusun kayu bentuk dari ukuran paling besar ke paling kecil hingga mengerucut. 

Mainan ini umumnya memiliki bentuk dan warna yang beragam. Anda bisa mengenalkannya pada anak sekaligus membantunya jika kesulitan.

11. Mainan piano

Jenis mainan anak usia 1-2 tahun berikutnya adalah mainan piano. Anak cukup mengetuk tombol warna-warni di mainan piano itu untuk memainkan lagu klasik atau membuat suatu melodi sendiri. 

Kegiatan bermain ini dapat menjadi proses pembelajaran yang menarik bagi anak dalam mengenal musik.

12. Mainan berbentuk terowongan

Mainan anak umur 1 tahun yang tak kalah menyenangkan adalah mainan berbentuk terowongan. Si kecil bisa masuk dan merangkak di dalamnya, kemudian keluar dengan sambutan Anda.

Mainan yang cocok untuk anak 1 tahun ini dirancang khusus guna merangsang kecerdasan visual spasial si kecil. Namun, pastikan Anda selalu mengawasi anak selama melakukan permainan ini.

13. Krayon berbentuk telur

Rekomendasi mainan anak 1 tahun selanjutnya adalah krayon berbentuk telur. Si kecil mungkin suka mencorat-coret kertas atau kanvas. Namun, pensil memiliki ujung yang bisa berbahaya, cat lukis bisa berantakan, dan krayon biasa mungkin ia patahkan. 

Oleh sebab itu, krayon berbentuk telur bisa menjadi pilihan yang tepat. Ia dapat menggenggam krayon ini jika akan menggunakannya. 

Selain tidak mudah patah, mainan montessori anak 1 tahun ini berguna untuk melatih keterampilan motorik halusnya dan mendorong ekspresi artistiknya.

Baca Juga

  • Memahami Middle Child Syndrome dan Ciri-cirinya pada Anak
  • Manfaat Program Keluarga Berencana dan Jenis-jenisnya
  • 7 Trik Agar Cara Merapikan Kamar Tidak Dianggap Beban oleh Si Kecil

Perhatikan hal ini sebelum membeli mainan anak 1 tahun

Sebelum membelikan anak mainan, Anda harus memerhatikan standar keselamatannya. Hal ini dilakukan untuk melindungi anak dari bahaya yang dapat disebabkan oleh mainan yang tidak aman bagi anak seusianya.

Berikut beberapa hal yang harus orangtua perhatikan dalam memilih mainan untuk anak 1 tahun:

  • Selalu perhatikan rekomendasi usia pada label mainan. Ini dapat membuat anak terhindar dari mainan yang tidak diperbolehkan untuk anak seusianya.

  • Pilihlah mainan yang berukuran cukup besar setidaknya berdiameter 3 cm dengan panjang 6 cm sehingga tak akan tertelan atau bersarang di tenggorokan anak.

  • Hindari kelereng, koin, bola kecil, dan mainan lain yang berukuran kecil karena dapat tertelah sehingga menyangkut di tenggorokan dan menyebabkan masalah pernapasan.

  • Jika Anda memilih mainan yang dioperasikan dengan baterai, pilihlah mainan yang wadah baterai dan sekrupnya aman dan kuat sehingga anak tidak dapat membukanya. Baterai dan cairan baterai dapat menimbulkan risiko serius, seperti tersedak dan luka bakar kimia.

  • Pastikan mainan tidak mudah pecah dan cukup kuat ketika bayi memasukkannya ke dalam mulut dan mencoba mengunyahnya. Hindari mainan dengan ujung yang tajam atau memiliki bagian-bagian kecil.

  • Sebagian besar mainan yang dapat dikendarai dapat digunakan setelah anak bisa duduk dengan baik tanpa disangga. Akan tetapi, mengendarai mainan seperti kuda goyang harus dilengkapi dengan tali pengikat atau pengaman agar bayi terhindar dari risiko jatuh.

  • Jangan memberi anak berusia 1 tahun balon berbahan lateks karena anak dapat meledakkan atau mengunyahnya.

Sudah menjadi kewajiban bagi orangtua untuk memerhatikan keselamatan anaknya, termasuk soal mainan. Jadi, ada salahnya untuk membelikan anak mainan. Asalkan Anda selalu ingat untuk memilih mainan yang sesuai usia dan aman baginya.

Advertisement

tips parentingmainan anakperkembangan anak

Referensi

Terima kasih sudah membaca.

Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

Kumpulan Artikel dan Forum

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved