Madu untuk Asam Lambung Dianggap Ampuh, Fakta atau Mitos Belaka?


Di dalam dunia pengobatan tradisional, mengonsumsi madu untuk asam lambung dianggap ampuh karena mengandung berbagai macam senyawa antioksidan yang bisa menangkal radikal bebas. Selain itu, madu juga dapat mengatasi peradangan di kerongkongan.

(0)
26 Nov 2020|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Madu untuk asam lambung dipercaya ampuh karena mengandung senyawa antioksidan.Berbagai penelitian masih harus dilakukan untuk buktikan efektivitas madu untuk asam lambung.
Madu dikenal sebagai obat alami untuk mengatasi berbagai kondisi medis, salah satunya adalah asam lambung. Madu dianggap ampuh mengatasi naiknya asam lambung ke kerongkongan karena mengandung berbagai senyawa antioksidan. Sebelum mencobanya, kenali dulu manfaat dan risiko mengonsumsi madu untuk asam lambung berikut ini.

Madu untuk asam lambung, apa manfaatnya?

Madu untuk asam lambung dipercaya ampuh karena mengandung senyawa antioksidan
Kandungan antioksidan madu dipercaya bisa atasi asam lambung
Naiknya asam lambung ke kerongkongan dapat menimbulkan sejumlah gejala yang mengganggu. Mulai dari sensasi terbakar di dada, nyeri ulu hati, nyeri dada, hingga sulit menelan.Menurut The Indian Journal of Medicine Research, terdapat beberapa alasan mengapa madu dipercaya ampuh mengatasi asam lambung, di antaranya:
  • Mengandung antioksidan

Salah satu penyebab naiknya asam lambung ke kerongkongan adalah rusaknya sel-sel pelapis saluran pencernaan akibat radikal bebas. Madu untuk asam lambung dianggap ampuh karena mengandung senyawa antioksidan yang ampuh membasmi radikal bebas.
  • Mengatasi peradangan di kerongkongan

Naiknya asam lambung dapat menyebabkan peradangan kronis pada kerongkongan. Madu dipercaya dapat meredakan peradangan ini.
  • Menjaga selaput lendir di kerongkongan

Saat asam lambung naik ke kerongkongan, membran mukosa (selaput lendir) yang sensitif dapat mengalami iritasi dan menyebabkan sensasi terbakar.Tekstur madu yang lembut dipercaya dapat melapisi selaput lendir sehingga ampuh mencegah iritasi di kerongkongan akibat asam lambung.Meskipun hasil penelitiannya menjanjikan, masih diperlukan studi lebih lanjut untuk membuktikan efektivitas madu sebagai pengobatan alami asam lambung yang ampuh.

Risiko mengonsumsi madu untuk asam lambung

Madu untuk asam lambung memiliki efek samping yang harus diwaspadai
Mengonsumsi madu untuk asam lambung berpotensi timbulkan efek samping
Sebagian besar orang umumnya tidak akan mengalami efek samping saat mengonsumsi madu. Namun ingat, madu dapat berpengaruh pada kadar gula dalam darah.Jika Anda mengidap diabetes, gula darah rendah, atau sedang mengonsumsi obat-obatan yang berpengaruh pada gula darah, sebaiknya berkonsultasilah dulu pada dokter sebelum mencoba madu untuk asam lambung. Konsumsi madu juga perlu dihindari jika Anda mengidap alergi madu.Bagi ibu hamil dan menyusui, hindari konsumsi madu sebelum mendapatkan izin dari dokter kandungan. Selain itu, jangan pernah memberikan madu pada anak yang masih berusia di bawah 12 bulan.  Madu mengandung gula yang cukup tinggi. Gula dapat merangsang lambung untuk memproduksi asam. Hal ini ditakutkan malah bisa memperparah kondisi asam lambung yang Anda derita.Intinya, jangan pernah mencoba madu untuk mengobati asam lambung sebelum Anda mendapatkan izin dari dokter. Pasalnya, dokter dapat memberikan pengobatan medis yang lebih aman dalam menangani naiknya asam lambung ke kerongkongan.

Pengobatan medis untuk asam lambung

Selain lewat cara alami seperti madu, Anda juga bisa mengobati asam lambung naik dengan mengonsumsi obat-obatan berikut.
  • Antasida

Antasida adalah obat-obatan yang bisa menetralisir asam lambung. Beberapa antasida mengandung simetikon, yakni senyawa yang bisa mengeluarkan gas dari dalam tubuh. Efek samping umum dari antasida adalah diare atau sembelit.
  • H2 receptor blocker

Obat-obatan H2 receptor blocker dapat mengurangi produksi asam lambung selama 12 jam. Berbagai obat H2 receptor blocker yang biasanya diresepkan dokter, di antaranya cimetidine, famotidine, dan nizatidine.
  • Penghambat pompa proton

Penghambat pompa proton adalah obat yang bisa mencegah naiknya asam lambung. Obat ini dianggap lebih kuat dibandingkan H2 receptor blocker sehingga bisa memberikan waktu pada kerongkongan untuk pulih. Obat penghambat pompa proton meliputi lansoprazole dan omeprazole.Obat-obatan ini bisa Anda dapatkan setelah berkonsultasi dengan dokter. Anda juga sebaiknya tidak mencoba obat-obatan untuk asam lambung ini tanpa berkonsultasi ke dokter untuk mencegah efek samping yang tidak diinginkan.

Catatan dari SehatQ

Walaupun madu untuk asam lambung dianggap ampuh, masih dibutuhkan penelitian untuk benar-benar membuktikan efektivitasnya pada manusia. Untuk mendapatkan pengobatan asam lambung yang lebih aman, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter.Untuk bertanya mengenai obat asam lambung yang paling ampuh, jangan ragu untuk bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play!
asam lambungmaduciri madu asli
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/gerd/symptoms-causes/syc-20361940
Diakses pada 12 November 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/digestive-health/honey-for-acid-reflux#research
Diakses pada 12 November 2020
Schoen Clinic. https://www.schoen-clinic.com/gastro-oesophageal-reflux-disease#:~:text=Most%20people%20experience%20acid%20reflux,membrane%20and%20cause%20burning%20pain.
Diakses pada 12 November 2020
Livestrong. https://www.livestrong.com/article/195882-honey-and-acid-reflux/
Diakses pada 12 November 2020
Web MD. https://www.webmd.com/heartburn-gerd/qa/what-are-antacids
Diakses pada 12 November 2020
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/gerd/diagnosis-treatment/drc-20361959
Diakses pada 12 November 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait