5 Macam Olahraga di Rumah Selama Gym Tutup karena Virus Corona

Olahraga di rumah menjadi opsi bijak, selama masa darurat virus corona menyebabkan gym tutup sementara.
Untuk cegah virus corona, kenali berbagai macam olahraga di rumah.

Olahraga di rumah menjadi opsi paling bijak, di saat gym dan pusat olahraga tutup karena merebaknya virus corona (Covid-19). Sebab, peneliti menyatakan bahwa gym menjadi salah satu tempat penyebaran virus corona.

Olahraga di rumah juga bisa menjadi upaya social distancing atau menjaga jarak, supaya penyebaran virus corona tidak semakin meluas.

Sambil menunggu gym favorit Anda buka kembali, menjaga kebugaran tubuh dengan olahraga di rumah adalah salah satu cara supaya virus corona tidak berani mendekat. Mari kenali beberapa macam olahraga di rumah, yang bisa Anda lakukan.

Olahraga di rumah selama masa darurat virus corona

Di gym, peralatan yang dibutuhkan untuk olahraga memang lengkap. Namun bukan berarti olahraga di rumah tidak bisa membuat Anda berkeringat layaknya di gym. Maka dari itu, kenali dulu berbagai macam olahraga di rumah ini:

1. Olahraga kardio

Kardio adalah jenis olahraga di rumah yang efektif membakar lemak dan membuat tubuh berkeringat, selama masa darurat virus corona. Berjalan di treadmill dengan kecepatan tertentu menjadi salah satu olahraga kardio yang mudah dilakukan. Jikalau Anda memiliki treadmill di rumah, alat olahraga ini bisa menjadi opsinya.

Olahraga kardio sangat beragam, berjalan kaki di halaman depan rumah saja, sudah termasuk dalam olahraga cardio. Namun ingat, jangan coba-coba ke luar rumah, kalau Anda mengalami gejala infeksi virus corona, seperti batuk, sesak, demam, atau sakit tenggorokan.

Lompat tali juga masuk dalam golongan olahraga kardio yang bisa dilakukan di rumah. Kalau belum terbiasa, lakukan secara perlahan untuk menghindari cedera, ya.

2. Yoga

Yoga
Yoga untuk cegah virus corona

Walau gerakan yoga terlihat mudah, tapi jangan anggap remeh olahraga di rumah ini. Bagi siapapun yang pernah mencoba yoga, pasti tahu efektivitasnya dalam membakar lemak dan membuat tubuh berkeringat.

Manfaat yoga tidak hanya berdampak pada kesehatan fisik, tapi juga mental. Beberapa manfaat yoga seperti menjaga metabolisme tubuh, meningkatkan pernapasan, memperkuat energi dan vitalitas, tentu bisa menguntungkan Anda selama masa darurat virus corona.

Selain itu, manfaat yoga untuk kesehatan mental adalah mencegah stres dan meningkatkan rasa damai dalam pikiran yang penat. Bagi Anda yang merasa takut dan cemas akan virus corona, melatih kemampuan Yoga di rumah, bisa menjadi obatnya.

3. Aerobik

Olahraga aerobik menjadi opsi yang cukup menarik untuk dilakukan di rumah, misalnya zumba. Biasanya, instruktur olahraga aerobik ada di hadapan Anda selama sesi berlangsung. Namun, karena darurat virus corona membuat banyak orang memilih untuk tetap di rumah, carilah instruktur online.

Bahkan di Spanyol, ada seorang instruktur senam yang rela mengajak orang-orang di sekitarnya, untuk olahraga. Dari atas gedung, ia memimpin gerakan senam yang kemudian diikuti oleh banyaknya warga Spanyol yang semangat berolahraga di balkon.

Sama seperti yoga, ternyata olahraga aerobik juga bisa meredakan gejala depresi dan gangguan cemas, yang mungkin diakibatkan oleh virus corona.

Dalam beberapa studi, aerobik berhasil mengurangi gejala pada penderita depresi dan gangguan cemas.

4. Menari

Nyalakan lagu favoritmu, dan menarilah! Penelitian membuktikan, menari juga tergolong sebagai olahraga karena bisa meningkatkan ketahanan dan kekuatan tubuh. Sebab, menari membuat tubuh kita menjadi lebih aktif dan terus bergerak.

Namun ingat, jangan memaksakan diri, terutama jika Anda adalah pemula yang baru memulai menari sebagai pilihan olahraga di rumah.

5. Push-up

Push up
Push up

Olahraga di rumah yang satu ini tidak memerlukan alat apa-apa, karena hanya memanfaatkan berat badan Anda. Sebab, push-up menjadi salah satu olahraga yang menjadikan berat badan sebagai “alat” untuk memperkuat diri Anda.

Push-up adalah olahraga yang tepat jika Anda ingin memperkuat badan bagian atas, misalnya dada. Kalau dilakukan setiap hari, lihatlah perbedaan pada bentuk dada Anda yang berpotensi menjadi lebih bidang.

Virus corona

Bisakah bawang putih sembuhkan virus corona?: Air Bawang Putih Sembuhkan Corona, Mitos atau Fakta?

Apakah aman memesan lewat ojek online selama pandemi virus corona?: Pesan Makanan Lewat Ojek Online Saat Pandemi Virus Corona, Amankah?

Ingin periksa corona? Cek dulu ini: Rapid Test Corona Tidak Sama dengan Pemeriksaan Swab, Ini Penjelasannya

Olahraga dan manfaatnya untuk cegah virus corona

Jangan meremehkan olahraga selama masa darurat virus corona masih berlangsung. Seorang dokter bahkan menegaskan, olahraga adalah hal penting yang bisa dilakukan untuk mencegah diri Anda dari penyakit, salah satunya virus corona.

Menurut dokter tersebut, menghindari tempat-tempat yang ramai dikunjungi orang, seperti gym, adalah salah satu cara menghindari penyebaran virus corona.

Apalagi, berolahraga menjadi salah satu cara populer untuk memperkuat sistem imun tubuh kita. Apalagi di masa darurat virus corona ini, di mana Anda sangat memerlukan sistem kekebalan tubuh yang kuat.

Tips olahraga di rumah untuk cegah virus corona

Olahraga di rumah mungkin akan menjadi tantangan yang besar untuk Anda. Bayangkan saja, di tempat Anda sedang push-up, ada kasur yang siap direbahi. Pastinya, akan ada godaan-godaan yang membuat Anda jadi malas olahraga.

Namun tenang saja, ada beberapa tips olahraga di rumah untuk cegah virus corona, yang bisa Anda lakukan:

  • Tantanglah diri Anda untuk berolahraga di rumah. Dengan merasa tertantang, motivasi untuk berkeringat dan bugar akan terus ada. Gunakanlah internet untuk mencari tahu gerakan-gerakan olahraga yang bisa dilakukan di rumah. Kalau perlu, cari instruktur olahraga online yang bisa membantu Anda
  • Carilah teman olahraga, bisa pasangan atau keluarga yang sedang ada di rumah
  • Buat jadwal olahraga yang membuat Anda bisa fokus dan berkomitmen dalam menjaga kebugaran
  • Tetapkan tujuan, seperti menurunkan berat badan 3-5 kg, selama olahraga di rumah. Dengan begitu, Anda jadi lebih semangat lagi dalam berolahraga.

Jangan ragu untuk berkeringat selama berada di rumah. Ingatlah, berolahraga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Ingat, banyak virus yang bisa menyerang jikalau sistem imun lemah. Maka dari itu, rutinkan olahraga walau banyak gym yang sedang tutup.

Healthline. https://www.healthline.com/health-news/exercise-at-home-to-avoid-gym-during-coronavirus-outbreak
Diakses pada 19 Maret 2020

Very Well Fit. https://www.verywellfit.com/cardiovascular-exercise-principles-and-guidelines-3432613
Diakses pada 19 Maret 2020

Osteopathic. https://osteopathic.org/what-is-osteopathic-medicine/benefits-of-yoga/
Diakses pada 19 Maret 2020

Independent. https://www.independent.co.uk/life-style/coronavirus-spain-covid-19-lock-down-quarantine-exercise-balconies-roof-personal-trainer-a9403426.html
Diakses pada 19 Maret 2020

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/327100#benefits-for-the-brain
Diakses pada 19 Maret 2020

Better Health. https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/healthyliving/dance-health-benefits
Diakses pada 19 Maret 2020

Psychology Today. https://www.psychologytoday.com/us/blog/exercise-is-medicine/202003/coronavirus-keep-exercising-anyway
Diakses pada 19 Maret 2020

Web MD. https://www.webmd.com/fitness-exercise/features/no-gym-required-how-to-get-fit-at-home#1
Diakses pada 19 Maret 2020

Artikel Terkait