logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Parenting

4 Macam Menu Bekal Sekolah yang Sehat dan Mudah Dibuat

open-summary

Sebagai orangtua, penting untuk mempersiapkan menu bekal sekolah anak untuk memenuhi kebutuhan gizinya. Berikut adalah beberapa pilihan menu sehat dan mudah untuk dibuat.


close-summary

4.5

(2)

30 Jun 2020

| Adhenda Madarina

Ditinjau oleh dr. Reni Utari

Salah satu menu bekal sekolah anak yang menyehatkan adalah sandwich

Seorang ibu sedang menyiapkan sandwich sebagai bekal sekolah anaknya

Table of Content

  • Menu bekal sekolah anak yang sehat dan mudah dibuat

Orangtua memiliki tanggung jawab yaitu memastikan anaknya mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi seimbang. Hal ini biasanya bukan menjadi masalah di rumah karena Anda sebagai orangtua dapat memasak sendiri berbagai makanan bergizi yang dibutuhkan oleh anak. Namun, bagaimana jika anak sudah bersekolah?

Advertisement

Solusi terbaiknya adalah mempersiapkan menu bekal sekolah bagi anak setiap harinya. Dengan mengonsumsi bekal yang Anda persiapkan, Anda tidak perlu khawatir Si Kecil jajan sembarangan dan kebutuhan gizinya dapat terpenuhi dengan baik.

Berikut adalah berbagai menu bekal sekolah anak yang sehat, bergizi, dan lezat sehingga Si Kecil tidak bosan.

1. Nasi goreng

Nasi goreng adalah salah satu makanan yang sering menghiasi menu bekal sekolah anak di Indonesia. Lengkapi nutrisi dalam nasi goreng yang Anda buat untuk bekal sekolah anak dengan menambahkan sayuran segar, seperti tomat, bayam, atau selada; serta tambahan protein dalam bentuk telur, daging, atau tempe.

Anda juga bisa menghias penyajian nasi goreng ini dalam kotak bekal anak, misalnya dengan membuat bentuk wajah dari bahan-bahan yang digunakan atau hiasan sayuran dalam bentuk binatang lucu, supaya mereka lebih bersemangat dalam mengonsumsinya.

2. Lumpia isi sayuran

Lumpia adalah makanan ringan yang bisa menjadi pilihan menu bekal sekolah anak PAUD atau TK yang jam sekolahnya tidak lama. Pasalnya, menu ini hanya bisa dijadikan sebagai camilan di antara waktu makan (pagi dan siang), yang cocok dengan waktu istirahat anak-anak usia PAUD atau TK.

Ganti isian lumpia dengan sayuran-sayuran sehat, seperti wortel, kol, atau bayam, yang dikombinasikan dengan daging sapi atau ayam. Anda juga bisa menambahkan keju yang mengandung protein dan sumber energi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Cara membuatnya pun mudah. Pertama, siapkan kulit lumpia dan isi dengan sayuran serta daging. Lipat lumpia yang sudah diisi dan kencangkan. Kemudian, masukkan lumpia ke dalam telur kocok dan tepung roti, sebelum memasukkannya ke dalam wajan berisi minyak panas

Goreng lumpia hingga berubah warna menjadi kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan mnyaknya sebelum Anda sajikan dalam wadah makan siang anak-anak.

3. Sandwich

Meski sandwich identik dengan makanan khas barat, makanan ini tetap cocok untuk dijadikan sebagai menu bekal sekolah anak Anda. Sandwich pun dapat dikreasikan menjadi makanan sehat dengan gizi seimbang bagi anak.

Anda bisa menambahkan sayur-mayur, seperti tomat, mentimun, selada, hingga wortel, ke dalam sandwich untuk membuatnya kaya akan nutrisi. Selain itu, lengkapi menu ini dengan potongan bacon daging sapi dan keju untuk menambah jumlah lemak sekaligus protein yang dibutuhkan anak.

Untuk varian rotinya, Anda bisa memilih roti gandum utuh yang kaya akan serat sehingga baik bagi kesehatan pencernaan anak.

4. Nasi bento

Menu nasi bento akan memudahkan Anda menyisipkan berbagai nutrisi penting untuk memenuhi kebutuhan gizi anak. Pastikan Anda memiliki kotak bekal yang punya beberapa ruang terpisah untuk menyimpan jenis makanan yang berbeda, sebelum membuat menu bekal sekolah ini.

Pertama, isi bagian yang paling besar dalam kotak bekal dengan karbohidrat, seperti nasi putih atau nasi merah yang lebih sehat. Kemudian, isi masing-masing ruang dalam kotak makanan dengan sayur-mayur (biasanya dalam bentuk wortel, selada, atau bayam), ayam goreng (bisa dalam bentuk katsu), telur, dan rumput laut kering.

Agar penyajiannya lebih menarik, Anda dapat membentuk pola wajah atau binatang dari bahan-bahan di atas dalam kotak bekal anak Anda. Jika masih ada ruang, Anda juga bisa menyelipkan buah-buahan untuk melengkapi kebutuhan nutrisi Si Kecil.

Baca Juga

  • 7 Tips Pilih Sekolah Anak yang Tepat untuk Orangtua
  • Kenali Cara Membuat Finger Painting yang Aman untuk Si Kecil
  • 12 Cara Meningkatkan Daya Ingat Anak yang Efektif

Itulah empat contoh menu bekal sekolah yang sehat untuk anak Anda. Pastikan kebutuhan nutrisi Si Kecil terpenuhi dengan baik setiap harinya, baik ketika ia makan di rumah ataupun di luar rumah.

Advertisement

sekolahanak sekolah

Referensi

Terima kasih sudah membaca.

Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

Kumpulan Artikel dan Forum

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved