Macam-macam Timbangan dan Tips Mengukur Berat Badan yang Tepat

(0)
07 Jul 2020|Annisa Trimirasti
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Macam-macam timbangan memiliki masing-masing fungsi yang berlainanMacam-macam timbangan memiliki fungsi yang berbeda pula
Saat Anda ingin menjaga, menurunkan, atau menambah berat badan, timbangan termasuk benda penting yang perlu dimiliki. Anda perlu mengetahui macam-macam timbangan, tips memilih dan menggunakannya agar bisa mencapai target berat badan yang diinginkan.Orang yang rutin menimbang berat badannya secara teratur bahkan dikatakan dapat mencapai berat badan yang diinginkan lebih cepat dan lebih mudah. Kebiasaan ini pun dinilai mampu memicu kebiasaan sehat.

Macam-macam timbangan badan yang bisa menjadi pilihan

Secara umum, ada dua macam timbangan badan yang banyak dijual di pasaran, yaitu timbangan analog dan timbangan digital.
  • Timbangan analog

Timbangan analog adalah timbangan yang menunjukkan angka berat dengan lengkungan berisi garis-garis. Tampilannya kira-kira mirip penggaris yang melengkung.Tiap garis biasanya diberi jeda 1 kg dan garis-garis akan lebih tebal saat jeda mencapai 5 kg dan 10 kg.
  • Timbangan digital

Berbeda dengan timbangan analog, timbangan digital akan menampilkan berat badan dengan angka yang jelas pada layar. Tampilan angka ini bahkan bisa mencapai 2-3 angka di belakang koma.Macam-macam timbangan tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Timbangan digital disebut lebih akurat dalam menghitung angka berat badan dibandingkan timbangan analog. Pasalnya, angkanya tertulis dengan jelas dan Anda tak perlu mengira-ngira.Meski demikian, timbangan digital membutuhkan lebih banyak perawatan daripada timbangan analog. Timbangan ini membutuhkan penggantian baterai secara berkala. Karena itu, jenis analog dinilai lebih awet daripada digital.Selain macam-macam timbangan, ada pula sejumlah hal yang perlu menjadi pertimbangan bila Anda berniat membeli timbangan badan.

Tips memilih timbangan badan

Ada banyak faktor yang perlu Anda pertimbangan saat memilih timbangan badan. Di samping jenis, keakuratan, dan biaya perawatan, hal-hal di bawah ini juga perlu Anda perhatikan:
  • Tampilan atau desain

Tampilan atau desain timbangan bisa memengaruhi tingkat antusias Anda dalam menimbang berat badan.Bayangkan bila bentuk timbangan tersebut tidak Anda sukai, Anda mungkin akan menyimpannya dan enggan memakainya. Akibatnya, potensi Anda untuk rajin menimbang berat badan tentu semakin kecil.Namun bila Anda suka dengan desain timbangan yang sudah dipilih, Anda akan menempatkannya di area yang mudah dilihat dan menjadi lebih semangat untuk menginjakkan kaki ke alat ini.
  • Fasilitas tambahan

Baik timbangan analog maupun digital, keduanya bisa menyediakan beberapa fasilitas tambahan selain menunjukkan angka berat badan. Kelebihan ini tergantung dari jenis mana yang Anda pilih.Ada macam-macam timbangan yang menyediakan angka lain seputar berat badan. Misalnya, tampilan angka indeks massa tubuh (IMT), massa otot, persentase lemak tubuh, hingga kadar air dalam tubuh.Sebagian jenis timbangan lain juga bisa menyimpan data berat badan Anda. Dengan ini, Anda dapat diketahui penambahan atau penurunan berat badan agar bisa membandingkannya dengan target yang Anda miliki.Tak hanya itu, ada pula macam-macam timbangan yang dapat dihubungkan dengan aplikasi kesehatan di ponsel Anda. Praktis, bukan?
  • Kapasitas

Kapasitas timbangan badan pun bisa bervariasi. Hal ini mungkin penting diperhatikan bagi Anda yang memiliki berat badan berlebih.Sebagian besar timbangan badan hanya bisa menampilkan angka maksimal pada 181 kg. Namun ada juga timbangan yang mampu menunjukkan angka lebih tinggi, yakni 318 kg.
  • Harga

Harga macam-macam timbangan tentu bervariasi dan tergantung pada fungsi yang melengkapinya. Semakin akurat dan lengkap, harganya tentu akan semakin mahal.Namun ada satu hal yang perlu Anda ingat. Hal terpenting saat memilih timbangan bukanlah harganya, namun fungsi dan tujuan Anda menggunakannya.Jangan sampai terlintas anggapan bahwa semakin mahal harga sebuah timbangan, semakin cepat pula Anda mencapai berat badan yang Anda inginkan. Pasalnya, keberhasilan proses ini sangat tergantung pada komitmen dan kedisipilnan Anda, bukan macam-macam timbangan yang Anda miliki.

Terapkan tips menimbang berat badan ini

Setelah mendapatkan jenis timbangan yang Anda inginkan, penting juga untuk mengetahui cara menggunakannya dengan benar. Berikut tips yang bisa Anda terapkan:
  • Cukup timbang berat badan satu kali seminggu

Berat badan bisa naik dan turun setiap hari karena fluktuasi cairan dalam tubuh.
  • Timbang berat badan di pagi hari saat baru bangun tidur

Cara ini bisa membantu agar Anda mendapatkan angka berat badan yang tepat, bukan karena tambahan berat sementara akibat konsumsi air maupun makanan.
  • Lakukan dengan cara yang konsisten

Bila Anda selalu menimbang berat badan tanpa pakaian, lakukan langkah ini tiap Anda naik ke timbangan.
  • Lacak perubahan berat badan Anda

Kebiasaan ini akan membantu Anda dalam memantau berat badan dengan lebih teliti dan membuat Anda lebih termotivasi.
  • Hentikan kebiasaan menimbang berat badan yang obsesif

Bila penimbangan berat badan sudah terasa mengganggu rutinitas Anda, batasi frekuensi ini dengan saksama. Misalnya, Anda mengalami penurunan rasa percaya diri tiap menimbang berat badan hingga memicu gangguan makan.Jika Anda merasakan gangguan ini atau melihat orang lain di sekitar Anda mengalaminya, segera konsultasikan ke dokter. Dengan ini, penanganan bisa diberikan agar amsalah ini tidak terus berlanjut.Dengan menerakan cara memilih macam-macam timbangan dengan tepat dan langkah menimbang berat badan yang tepat, proses Anda untuk menjaga berat badan diharap bisa lebih optimal. Selamat mencoba!
menurunkan berat badankelebihan berat badantambah berat badan
Healthline. https://www.healthline.com/health/fitness-exercises/weigh-yourself-guidelines#1
Diakses pada 7 Juli 2020
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/best-bathroom-scales
Diakses pada 7 Juli 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/best-bathroom-scale
Diakses pada 7 Juli 2020
Very Well Fit. https://www.verywellfit.com/todays-tip-pick-the-right-scale-3496059
Diakses pada 7 Juli 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait