Macam-Macam Sex Toys, Mana yang Paling Bisa Memberikan Kenikmatan?

(0)
04 Nov 2020|Azelia Trifiana
Macam-macam sex toyBermacam jenis sex toy
Seks adalah aktivitas seru yang tak ada habisnya dikulik. Tak harus penikmat BDSM (Bondage and Discipline, Sadism and Masochism), siapapun bisa menjajal petualangan baru menggunakan macam-macam sex toys. Menariknya, alat-alat ini bukan satu-satunya sumber kepuasan saat bermain solo karena bisa juga dipadukan dengan saat momen bercinta dengan pasangan.Terlepas dari menggunakannya sebagai cara memanjakan miss V atau sebagai eksperimen saat berhubungan dengan pasangan, pastikan sudah tahu risiko yang mungkin terjadi. Termasuk dengan tahu betul bagaimana cara membersihkan sex toys, sebelum dan sesudah menggunakannya.

Macam-macam sex toys

sex toys
Sex toys tak harus selalu dikaitkan dengan BDSM
Permainan dewasa adalah objek yang digunakan untuk menambah kenikmatan saat bercinta maupun masturbasi. Terkadang, marital aid ini juga bisa digunakan untuk keperluan medis. Contohnya apabila seseorang memiliki masalah terkait fungsi seksualnya.Bahkan bagi beberapa orang, sex toys merupakan objek yang dapat membantu mencapai orgasme. Ini sepenuhnya normal. Orang boleh menggunakan mainan dewasa ini atau tidak berminat sama sekali, tidak ada yang salah.Bagi yang penasaran, berikut ini adalah macam-macam sex toys:

1. Vibrator

Sesuai namanya, vibrator adalah objek yang bisa bergetar terus menerus sehingga memberikan rangsangan pada titik sensitif. Ketika masturbasi atau sebelum bercinta, vibrator bisa ditempatkan di klitoris atau bagian lain di sekitar vulva dan vagina.Tak hanya itu, vibrator juga bisa digunakan sebagai stimulus di penis, skrotum, dan juga testis. Tidak terbatas, personal massager ini juga bisa digunakan untuk merangsang payudara. Bentuk sex toys ini beragam, dengan berbagai fitur yang semuanya membantu menambah rangsangan.

2. Dildo

Sama seperti vibrator yang memiliki bentuk dan ukuran beragam, dildo adalah obek yang bisa dimasukkan ke dalam vagina, anus, dan mulut. Bentuk dildo biasanya menyerupai penis, baik yang terlihat nyata maupun abstrak.Selain itu, dildo juga bisa berbentuk sedikit melengkung untuk memberi rangsangan pada G-spot. Mainan yang satu ini bisa terbuat dari berbagai bahan seperti silikon, karet, plastik, metal, hingga kaca yang tak bisa pecah.

3. Sleeves

Kerap disebut masturbation sleeves atau strokers, ini adalah sex toys berbentuk tabung lembut yang bisa dimasuki penis. Bentuk dan ukurannya beragam, dengan tekstur di bagian dalam untuk menambah sensasi. Beberapa jenis penis sleeves juga memiliki fitur hisapan dan getar.

4. Penis rings

Sesuai namanya, penis rings atau cock rings adalah cincin yang dipasang melingkari skrotum dan/atau penis. Ketika mengalami ereksi, cincin ini akan membuat aliran darah lebih lambat sehingga sensasi terasa semakin dahsyat. Tak hanya itu, ereksi pun bisa lebih keras dan lama.Menariknya, beberapa jenis cincin penis ini memiliki vibrator kecil untuk memberikan stimulasi baik bagi yang menggunakan maupun pasangannya. Namun, jangan gunakan cincin ini lebih dari 30 menit karena fungsinya membatasi aliran darah.Ketika muncul rasa tidak nyaman atau nyeri, segera lepaskan. Bagi orang yang mengalami gangguan darah atau mengonsumsi obat pengencer darah, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

5. Pompa

Berbentuk seperti vacuum, pompa ini biasa disebut dengan penis pumps atau vacuum pumps. Ketika digunakan, pumps akan memberikan hisapan pada penis, klitoris, vulva, atau puting payudara. Dengan demikian, area-area itu akan menjadi lebih sensitif terhadap rangsangan.Sex toy ini bisa membantu merangsang ereksi, namun bukan alat pembesar penis. Terkadang, alat ini juga digunakan sebagai terapi untuk mengatasi disfungsi ereksi atau masalah orgasme. Pastikan mengikuti cara penggunaan dan tidak memompa terlalu lama dari instruksi yang tersedia.

6. “Ben Wa balls

Ini adalah benda bulat yang bisa dimasukkan ke dalam vagina. Alat ini bisa membantu latihan senam kegel untuk memperkuat otot dasar panggul. Umumnya, bola ini memiliki berat tertentu sehingga penggunanya harus menggunakan otot kegel agar bola tetap bertahan di dalam vagina.

Cara membersihkan sex toys

Apapun macam-macam sex toys yang digunakan, penting untuk tahu cara membersihkannya. Idealnya, mainan dewasa ini harus dicuci sebelum dan sesudah digunakan.Bergantung pada bahannya, cara membersihkannya adalah:
  • Silikon

Untuk sex toys berbahan silikon dengan motor di dalamnya, bersihkan dengan air hangat dan sabun. Sementara jika tidak ada motor, bisa disterilkan dengan merebusnya di air mendidih.
  • Kaca dan stainless steel

Bersihkan dengan air hangat dan sabun. Apabila membersihkan dengan air mendidih, pastikan membiarkannya dingin secara alami. Bahan kaca terkadang lebih sensitif terhadap perubahan temperatur.
  • Plastik

Sabun dan air hangat bisa digunakan untuk membersihkan sex toys berbahan plastik. Namun sebaiknya jangan merendamnya dalam air karena sifatnya hanya water-resistant, bukan water-proof.
  • Karet, latex

Bersihkan dengan air suhu ruangan dan kain yang telah diberi sabun. Biasanya, bahan alat semacam ini berpori sehingga tidak bisa terkena air langsung.

Setelah dibersihkan, pastikan mainan ini kering sepenuhnya. Bakteri rentan membentuk koloni di area yang lembap. Kemudian, simpan di tempat yang lembut dan terhindar dari debu.Sebisa mungkin jangan berbagi sex toys dengan orang lain untuk menghindari penularan infeksi menular seksual. Jika Anda ingin tahu lebih banyak seputar cara aman penggunaan sex toys, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
hubungan sekshubungan seksualmasturbasi
Healthline. https://www.healthline.com/health/healthy-sex/sex-toys-and-stis
Diakses pada 18 Oktober 2020
Planned Parenthood. https://www.plannedparenthood.org/learn/sex-pleasure-and-sexual-dysfunction/sex-and-pleasure/sex-toys
Diakses pada 18 Oktober 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/healthy-sex/kinky-bdsm-sex-toys
Diakses pada 18 Oktober 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait