logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Hidup Sehat

Macam-macam Sayuran Penurun Darah Tinggi, Apa Saja?

open-summary

Hipertensi atau tekanan darah tinggi dapat menyebabkan masalah kesehatan. Pola hidup sehat dengan mengonsumsi sayuran penurun darah tinggi, seperti bayam dan sawi dapat bantu mengontrol tekanan darah.


close-summary

13 Jul 2020

| Dina Rahmawati

Ditinjau oleh dr. Karlina Lestari

Contoh sayuran penurun darah tinggi untuk penderita hipertensi, yaitu bayam dan kale.

Sayuran mengandung nutrisi tertentu yang bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah

Table of Content

  • Macam-macam sayuran penurun darah tinggi
  • Catatan SehatQ

Apakah Anda memiliki riwayat hipertensi? Tekanan darah tinggi atau hipertensi dapat menyebabkan kerusakan pembuluh darah sehingga memicu terjadinya penyakit jantung, penyakit ginjal, stroke, dan berbagai masalah lain.

Advertisement

Hipertensi juga kerap disebut sebagai silent killer karena terkadang tak menimbulkan gejala sehingga tak terobati untuk waktu yang lama dan mengakibatkan kematian. Namun, diet dengan mengonsumsi sayuran penurun darah tinggi berikut dapat membantu mengontrol tekanan darah Anda.

Macam-macam sayuran penurun darah tinggi

Sayuran mengandung nutrisi tertentu yang bermanfaat bagi kesehatan, salah satunya untuk menurunkan tekanan darah. Adapun macam-macam sayuran penurun darah tinggi yang bisa Anda konsumsi, di antaranya:

1. Kubis

Kubis adalah sumber kalium yang sangat baik. Satu cangkir kubis menyediakan 4% nilai harian kalium. Kalium dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi dengan menangkal efek natrium dalam tubuh, mengeluarkan kelebihan natrium melalui urine, dan melemaskan dinding pembuluh darah. Mengonsumsi kubis yang kaya kalium pun menjadi cara yang lezat untuk menjaga tekanan darah dalam kisaran yang normal.

2. Kale

Kale adalah sayuran hijau yang kaya nutrisi dan termasuk sebagai salah satu pilihan sayur untuk darah tinggi. Satu cangkir kale mengandung 170 mg kalium dan menyediakan 3,6% nilai harian akan nutrisi tersebut. Perlu Anda ketahui bahwa meningkatkan asupan kalium sambil mengurangi konsumsi garam tambahan atau natrium dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan risiko penyakit kardiovaskular. 

3. Selada

Studi menunjukkan bahwa diet tinggi kalium dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi dengan mengurangi efek natrium dan melebarkan pembuluh darah. Baik selada hijau maupun selada merah juga kaya akan kalium. Bahkan tiga cangkir selada menyediakan 5% nilai harian kalium sehingga menjadi salah satu sayuran untuk menurunkan darah tinggi yang baik untuk dikonsumsi. Sayuran ini juga dapat menurunkan risiko penyakit jantung atau stroke. 

4. Bayam

Karena memiliki kandungan kalium yang tinggi, bayam kerap direkomendasikan untuk penderita hipertensi. Satu cup bayam mengandung 167 mg kalium. Kalium dalam bayam pun membantu mengurangi efek natrium dalam tubuh sehingga menurunkan tekanan darah. Sebaliknya, asupan kalium yang rendah meningkatkan risiko Anda untuk terkena hipertensi.

5. Sawi

Sawi juga sayuran hijau yang tinggi kalium. Satu cangkir sawi menyediakan 4-5% nilai harian akan kalium. Selain dapat menurunkan tekanan darah, satu tinjauan terhadap 8 studi juga menemukan bahwa mengonsumsi sawi-sawian dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung secara signifikan sekitar 15%.

6. Bit

Bit mungkin lebih dikenal sebagai buah, namun ternyata ini merupakan umbi yang termasuk sebagai sayuran. Bit mengandung nitrit oksida yang dapat membantu membuka pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah. Bahkan para peneliti menemukan bahwa nitrat dalam bit dapat menurunkan tekanan darah peserta penelitian hanya dalam waktu 24 jam. Tidak heran jika bit menjadi salah satu rekomendasi sayuran yang bisa menurunkan darah tinggi. Anda dapat menjadikannya jus atau menambahkannya ke dalam tumisan.

7. Bawang putih

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa bawang putih dapat meningkatkan nitrit oksida tubuh yang dapat membantu otot-otot halus untuk rileks, dan melebarkan pembuluh darah. Hal inilah yang berpengaruh terhadap penurunan tekanan darah. Satu studi menemukan bahwa ekstrak bawang putih mampu mengurangi tekanan darah sistolik dan diastolik pada penderita hipertensi. Menambahkan bawang putih ke dalam masakan juga dapat meningkatkan rasa.

Baca Juga

  • Ini Makanan yang Mengandung Vitamin K dan Dosis Kebutuhan Hariannya
  • 7 Olahan Whole grain yang Sehat dan Wajib Dicoba
  • Tubuh Lesu? Coba 10 Makanan yang Mengandung Energi dan Siap Santap Ini

Catatan SehatQ

Anda sebaiknya menyeimbangkan asupan nutrisi dengan tetap mengonsumsi makanan yang mengandung protein hewani. Bila terlalu banyak serat, dapat menyebabkan kekurangan nutrisi penting dalam tubuh.

Selain sayuran, terdapat beberapa asupan lain yang dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi seperti buah beri, susu skim dan yogurt, oatmeal, pisang, salmon, mackerel, biji-bijian, cokelat hitam, kacang pistachio, minyak zaitun, dan delima. Namun, akan lebih baik jika Anda berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter terkait dengan rencana diet hipertensi yang akan Anda lakukan. Dokter akan memberi rekomendasi mengenai asupan yang sebaiknya dikonsumsi maupun tidak dikonsumsi oleh Anda.

Advertisement

makanan sehathipertensitekanan darah tinggidarah tinggibuah dan sayuran

Referensi

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved