Ini Beragam Posisi Tidur yang Baik untuk Ibu Hamil


Posisi tidur ibu hamil pentin untuk diketahui, demi menjamin jam istirahat yang berkualitas. Posisi tidur yang ideal untuk ibu hamil pada trimester pertama termasuk tidur miring dan telentang.

0,0
Ketahui posisi tidur untuk ibu hamil yang tepat agar waktu tidur lebih berkualitasKurang tidur dapat meningkatkan risiko preeklamsia dan tekanan darah tinggi pada ibu hamil
Posisi tidur yang baik untuk ibu hamil harus diketahui. Hal ini dilakukan guna mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik.Waktu tidur yang seharusnya dapat digunakan untuk beristirahat, justru menjadi kegiatan yang kerap dirasa kurang nyaman bagi wanita hamil. Selain karena bentuk fisik (terutama perut) yang mulai berubah, beragam faktor seperti mual, nyeri ulu hati, gangguan pencernaan, sering berkemih, hingga restless leg syndrome (RLS) juga turut mengganggu pola tidur calon ibu. Kurang tidur pada awal kehamilan dapat meningkatkan risiko preeklamsia yang ditandai dengan tekanan darah tinggi. Supaya hal ini tidak terjadi, pelajari posisi tidur yang baik bagi ibu hamil berikut agar memperoleh kualitas tidur yang lebih baik

Posisi tidur yang baik untuk ibu hamil paling direkomendasikan

Selain beberapa solusi di atas, berikut beberapa posisi tidur yang nyaman dan menjadi posisi tidur yang baik untuk ibu hamil paling direkomendasikan:

1. Sleeping on Side (SOS) atau posisi tidur miring

SOS merupakan posisi tidur yang baik untuk ibu hamil muda paling ideal. Coba berbaring pada sisi kiri tubuh. Posisi tidur miring yang direkomendasikan adalah posisi tidur menyamping ke kiri. Posisi tidur menyamping ke kiri bertujuan untuk membuat sirkulasi darah yang menuju jantung, rahim, janin dan ginjal tetap lancar. Selain itu, posisi ini juga membuat lambung berada di posisi yang nyaman dan tidak menekan organ hati.Memosisikan tubuh ke kiri dapat memungkinkan asupan oksigen dan nutrisi untuk janin tetap lancar melalui plasenta. Manfaat lain dari posisi tidur yang baik bagi ibu hamil ini adalah baik untuk mengatasi keluhan mendengkur saat hamil.Namun, ibu hamil tidur miring ke kanan tidak direkomendasikan. Posisi miring ke kanan dapat meningkatkan tekanan pada liver. Oleh sebab itu, sebaiknya dihindari. Baca juga: Dianggap Berbahaya, Bolehkah Ibu Hamil Tidur di Pagi Hari?

2. Menggunakan bantal

Cara tidur yang baik untuk ibu hamil selain tidur miring adalah menggunakan bantal. Tidur menggunakan bantal dapat membuat tidur ibu hamil lebih nyaman.Jika saat hamil, Anda merasa sesak hingga nyeri ulu hati, letakkan bantal untuk mengganjal kepala dan punggung agar posisi bagian atas tubuh menjadi lebih tinggi.Kemudian agar asam lambung tidak naik, Anda juga dapat tidur dengan posisi setengah duduk untuk membuat tubuh lebih nyaman.Untuk menyangga tubuh menyamping ke kiri, Anda juga bisa menggunakan bantal yang diletakkan di bagian samping perut dan tubuh bagian bawah di antara kedua tungkai kaki atau lutut.Baca juga: Posisi Tidur agar Bayi Cepat Lahir, Bagaimana Seharusnya?

Posisi tidur untuk ibu hamil yang tidak disarankan

1. Tidur telentang

Telentang juga menjadi posisi tidur yang baik untuk ibu hamil muda yang ideal. Posisi tidur ini jga masih diperbolehkan pada trimester awal kehamilan. Namun, setelah memasuki trimester kedua, terutama setelah bulan kelima, Anda tidak lagi dianjurkan untuk tidur dalam posisi ini.Dikutip dari Mayo Clinic, ketika kehamilan makin membesar, posisi tidur ini menyebabkan uterus yang tumbuh memberikan tekanan pada otot punggung, tulang belakang, pembuluh darah utama, sehingga akan mengubah aliran darah dalam tubuh dan bayi.Selain itu, posisi tidur telentang saat sudah hamil tua dan perut semakin membesar, akan membuat usus tertekan, sehingga dapat membuat Anda mual dan pusing.

2. Tidur tengkurap

Tidak jauh berbeda dengan posisi telentang, tidur tengkurap juga bisa menekan rahim sehingga dapat memotong suplai darah dan nutrisi ke bayi.Saat memasuki hamil tua, perut dan payudara Anda akan semakin membesar. Sehingga, tidur tengkurap bisa membuat ibu hamil sesak napas.Selain posisi tidur yang baik untuk ibu hamil, agar tidur lebih nyenyak, Anda bisa melakukan sejumlah kegiatan seperti yoga, peregangan, terapi pijat, mandi air hangat hingga latihan pernapasan.Posisi tidur yang baik untuk ibu hamil sebaiknya diikuti agar waktu tidur menjadi lebih berkualitas tanpa membahayakan kesehatan ibu maupun bayi. Konsultasikan dengan dokter spesialis kandungan apabila kesulitan tidur yang Anda alami tidak juga mereda. Jika Anda ingin berkonsultasi langsung pada dokter, Anda bisa chat dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ.
Download aplikasinya sekarang di Google Play dan Apple Store.
posisi tidur trimester pertama
posisi tidur ibu hamiltrimester pertama kehamilankehamilaninfografis
MomJunction. https://www.momjunction.com/articles/important-sleeping-positions-pregnancy-first-trimester_0022645/
Diakses pada September 2018
National Center for Biotechnology Information, U.S. National Library of Medicine. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4935047/
Diakses pada September 2018
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/pregnancy-week-by-week/in-depth/sleep-during-pregnancy/art-20043827 Diakses pada 31 Maret 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait