Macam-macam Pengobatan Kanker Payudara dan Tips Memilihnya

(0)
29 Sep 2020|Annisa Trimirasti
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Pengobatan kanker payudara memiliki banyak jenisPengobatan kanker payudara harus dilakukan sedini mungkin
Kanker payudara adalah kanker yang mulai terbentuk dari sel-sel di payudara. Penyakit ini merupakan kanker paling umum dan paling mematikan bagi wanita.Menurut WHO, ada sekitar 2,1 juta orang wanita di dunia yang didiagnosis menderita kanker payudara setiap tahunnya. Jadi penting untuk mengetahui obat kanker payudara dengan tepat.

Macam-macam pengobatan kanker payudara

Pengobatan kanker payudara bertujuan untuk menghilangkan kanker sebanyak mungkin dan mencegah penyakit tersebut terjadi lagi. Pengobatan tersebut dapat berupa:
  • Radioterapi

Terapi radiasi adalah salah satu pengobatan kanker payudara untuk menghancurkan kanker di dalam payudara dan jaringan sekitarnya, seperti kelenjar getah bening. Radioterapi dilakukan dengan memancarkan sinar berenergi, seperti sinar X, ke area payudara untuk membunuh sel kanker.Terapi ini bisa berlangsung 3-6 minggu.Sama seperti semua jenis pengobatan, radioterapi pada kanker payudara juga berpotensi menimbulkan efek samping. Efek samping tersebut dapat berulang kelelahan, ruam merah di area radiasi, ataupun payudara bengkak.
  • Operasi

Operasi kanker payudara dapat dilakukan dengan mengangkat area tumor (lumpektomi) atau payudara secara keseluruhan (mastektomi). Lumpektomi umumnya direkomendasikan bila tumor atau kanker yang masih berukuran kecil.Tergantung prosedur operasi yang dipilih, sejumlah efek samping bisa saja terjadi. Efek samping ini bisa berupa perdarahan, nyeri payudara, timbul infeksi, hingga bengkaknya area lengan.
  • Kemoterapi

Kemoterapi adalah terapi menggunakan obat untuk menghancurkan sel yang berkembang dengan pesat, seperti sel kanker. Kemoterapi umumnya direkomendasikan bila kanker payudara berpotensi menyebar ke area tubuh lain atau bisa kembali lagi, setelah operasi.Pengobatan ini bisa saja menimbulkan sejumlah efek samping tergantung pilihan obat. Beberapa obat yang biasa dipakai untuk kemoterapi terapi kanker payudara adalah anthracyclines, taxanes, capecitabine, ixabepilone, dan mitoxantrone. Sedang efek samping yang umum terjadi setelah kemoterapi adalah rambut rontok, mual, muntah, dan kelelahan.
  • Terapi hormon

Terapi hormon biasanya dipilih pada kasus kanker payudara yang sensitif akan hormon. Terapi ini bisa dilakukan sebelum atau setelah operasi untuk menurunkan potensi terjadinya kembali kanker payudara. Bila kanker sudah menyebar, terapi ini bisa dipilih sebagai upaya untuk mengontrol dan menyusutkan ukuran kanker.Terapi hormon bisa menggunakan beberapa jenis obat, yaitu obat untuk mencegah hormon menempel dengan sel kanker, obat untuk menghentikan pembuatan estrogen setelah menopause, ataupun obat untuk menghentikan produksi hormon di ovarium.Terapi ini juga dapat menimbulkan sejumlah efek samping, seperti keringat dingin, vagina kering, dan hot flashes.
  • Terapi target dan immunotherapy

Terapi target berfungsi untuk mendorong sistem imun membantu menghancurkan sel kanker. Sistem imun mungkin tidak menyerang sel kanker karena sel tersebut memproduksi protein untuk menyamarkan dirinya.Terapi target bisa merusak protein tersebut. Terapi ini dapat menimbulkan sejumlah efek samping, seperti diare, gangguan hati, dan perubahan pada kulit, rambut, ataupun kuku.

Bagaimana memilih pengobatan kanker payudara yang tepat?

Dokter umumnya akan merekomendasikan satu atau beberapa pilihan penanganan untuk pasien. Rekomendasi ini didasari pada jenis kanker payudara yang diderita serta ukuran dan stadium kanker. Usia dan kondisi kesehatan pasien juga bisa menjadi bahan pertimbangan pilihan penanganan.Meski demikian, keputusan tetap ada di tangan pasien. Oleh karena itu, beberapa saran berikut bisa dilakukan:
  • Diskusikan setiap saran pilihan penanganan secara detail dengan dokter, seperti manfaat dan risikonya, dan dampaknya pada kehidupan setelahnya.
  • Coba ikut komunitas kanker payudara, sehingga bisa mencari tahu lebih banyak seputar pengobatan penyakit ini.
Ada berbagai pilihan pengobatan kanker payudara yang masing-masing memiliki manfaat maupun efek samping. Oleh karena itu, diskusikan matang-matang sebelum memilih dan pilihlah secara bijak.
kanker payudarakemoterapi
Healthline. https://www.healthline.com/health/breast-cancer
Diakses pada 28 September 2020
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/breast-cancer/diagnosis-treatment/drc-20352475
Diakses pada 28 September 2020
WebMD. https://www.webmd.com/breast-cancer/breast-cancer-treatment
Diakses pada 28 September 2020
World Health Organization. https://www.who.int/cancer/prevention/diagnosis-screening/breast-cancer/en/
Diakses pada 28 September 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait