Macam-macam Olahraga Favorit Orang Indonesia

(0)
01 Oct 2020|Annisa Trimirasti
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Macam-macam olahraga menjadi kegemaran orang Indonesia, termasuk bulu tangkisBadminton termasuk jenis olahraga yang banyak disukai di Indonesia
Olahraga merupakan kegiatan yang menyenangkan sekaligus menyehatkan. Meski demikian, ada banyak sekali jenisnya. Mengetahui manfaat macam-macam olahraga dapat membantu Anda untuk memilih jenis yang tepat.Aktivitas fisik seperti olahraga sebaiknya dilakukan secara rutin karena memberikan beragam khasiat sehat. Contohnya, menjaga berat badan, mempertahankan tekanan darah dan dan kolesterol, menguatkan tulang, melenturkan otot, serta mencegah berbagai penyakit.Teratur melakukan macam-macam olahraga juga mampu memberikan dampak positif bagi kesehatan mental. Aktivitas ini dapat meningkatkan energi, menyenangkan hati, dan menurunkan risiko stres.Untuk mengetahui jenis yang bisa Anda lakukan, macam-macam olahraga di bawah ini mungkin bisa menjadi inspirasi bagi Anda.

Macam-macam olahraga yang digemari oleh orang indonesia

Berikut adalah berbagai jenis olahraga favorit orang Indonesia:

1. Sepak bola

Sepak bola adalah permainan di mana ada dua tim yang masing-masing terdiri dari 11 orang, yang saling memperebutkan bola. Tia[ tim perlu memasukkan bola tersebut ke gawang lawan untuk mendapatkan skor.Olahraga ini mengombinasikan berbagai macam gerakan fisik, seperti berlari, berjalan, dan menendang. Karena itu, sepak bola bermanfaat untuk meningkatkan stamina, kekuatan otot, serta koordinasi gerak.

2. Bulu tangkis

Bulu tangkis atau badminton adalah salah satu cabang olahraga raket yang dimainkan oleh dua orang pada sektor tunggal atau dua pasangan pada sektor ganda.Untuk mencetak skor, pemain perlu memasukkan kok (shuttlecock) ke area lawan dan melewati net.Jenis olahraga badminton tentu bermanfaat untuk kesehatan. Pasalnya, bermain bulu tangkis secara rutin bisa menguatkan otot-otot jantung dan mencegah gumpalan darah.
bola basket termasuk macam-macam olahraga berkelompok
Basket bisa menambah stamina dan melatih koordinasi gerakan

3. Basket

Basket merupakan salah satu dari macam-macam olahraga bola berkelompok, di mana setiap tim terdiri dari lima orang.Untuk mencetak skor, tiap tim perlu memasukkan bola basket ke ring lawan, yang posisinya cukup tinggi. Namun berbeda dengan pemain sepakbola yang menggunakan kaki, atlet basket memakai tangan untuk memasukkan bola ke ring.Olahraga ini dapat menambah stamina, membentuk otot, melatih koordinasi gerak, membakar kalori, hingga melatih konsentrasi dan disiplin diri.

4. Voli

Voli termasuk macam-macam olahraga yang dimainkan oleh dua tim, yang masing-masing terdiri dari enam orang. Untuk mencetak skor, pemain perlu melemparkan bola dengan tangan melewati net ke area lawan.Jenis olahraga ini dapat membentuk otot-otot tubuh dengan baik dan melatih koordinasi antarbagian tubuh.

5. Lari

Lari adalah cabang olahraga perseorangan, di mana setiap pemain bersaing untuk sampai lebih cepat di garis finish sesuai dengan rute yang telah ditentukan.Tak hanya menambah kekuatan otot, jenis olahraga ini akan membantu Anda untuk membakar kalori, mempertahankan berat badan, dan menjaga kesehatan jantung.
Berenang termasuk macam-macam olahraga air
Berenang dapat membantu dalam menjaga kesehatan jantung

6. Renang

Renang adalah olahraga cabang perseorangan, di mana pemain perlu berlomba berenang di jalur dan gaya tertentu, agar lebih cepat mencapai garis finish.Olahraga renang membantu dalam menjaga kesehatan jantung dan paru, sekaligus menguatkan seluruh otot-otot tubuh.

7. Tinju

Tinju merupakan salah satu dari macam-macam olahraga bela diri dan pertarungan antara dua orang di atas ring atau area yang telah ditentukan.Olahraga tinju menggunakan tangan untuk menyerang dan menjatuhkan lawan demi memperoleh skor. Tinju dapat membantu dalam menguatkan otot-otot, terutama pada tubuh bagian atas, dan menjaga kesehatan jantung.
Bersepeda merupakan jenis olahraga yang sedang tren
Bersepeda bisa mmebantu untuk menurunkan lemak dan menyehatkan sendi

8. Bersepeda

Pada olahraga bersepeda, pemain juga akan berlomba untuk lebih cepat sampai ke garis finish dengan rute yang telah ditentukan.Namun dewasa ini, bersepeda tak hanya menjadi lomba. Banyak orang awam yang melakukannya sebagai aktivitas fisik sekaligus sarana transportasi seperti ke kantor.Olahraga ini dapat membantu Anda untuk menyehatkan otot maupun sendi-sendi tubuh, menurunkan kadar lemak, hingga mengurangi potensi depresi.

9. Tenis meja

Tenis meja atau ping pong adalah olahraga yang dimainkan oleh dua orang di sektor tunggal atau dua pasangan di sektor ganda. Permainan ini mirip tenis, tapi dengan raket yang lebih kecil yang disebut bat dan memakai meja.Jenis olahraga tenis meja dapat meningkatkan refleks, keseimbangan, dan koordinasi gerak pada pemainnya.

10. Tenis

Sama seperti tenis meja, tenis termasuk olahraga yang dimainkan oleh dua orang untuk sektor tunggal dan dua pasangan untung sektor ganda. Tiap pemain menggunakan raket untuk memukul bola yang terbuat dari karet.Untuk mencetak skor dalam olahraga ini, bola perlu masuk ke area lawan dengan melewati net.Tenis dapat membantu Anda dalam mengurangi lemak tubuh, menambah kepadatan tulang, serta meningkatkan fleksibilitas otot.

Tips mencegah cedera saat Anda berolahraga

selalu lakukan pemanasan sebelum olahraga
Jangan lupa untuk selalu melakukan pemanasan sebelum olahraga
Anda bisa melakukan sejumlah cara berikut untuk mencegah risiko cedera saat olahraga:
  • Lakukan olahraga secara rutin
  • Jangan langsung melakukan olahraga berat dan mulai dari yang ringan dengan durasi singkat
  • Selalu lakukan pemanasan sebelum melaksanakan macam-macam olahraga
  • Jangan olahraga dengan perut kosong
  • Gunakan pakaian dan sepatu yang tepat
  • Tidak perlu memaksakan diri dan lakukan aktivitas semampu Anda
Ada macam-macam olahraga yang bisa Anda lakukan. Pilihlah sesuai kesukaan Anda dan coba ajak teman agar lebih bersemangat.Meski begitu, ada satu hal yang perlu Anda ingat. Apapun jenis olahraga pilihan Anda, kegiatan fisik ini mesti dilakukan setidaknya 30 menit setiap hari atau 150 menit per minggu. Dengan ini, Anda pun bisa mendapatkan manfaat sehatnya.Bagi Anda yang memiliki kondisi medis tertentu, senantiasa bicarakan dengan dokter sebelum melakukan olahraga. Untuk berdiskusi lebih lanjut, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
olahragatips olahraga
Better Health. https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/healthyliving/sports-and-physical-activity
Diakses pada 1 Oktober 2020
Verywell Fit. https://www.verywellfit.com/tips-for-injury-prevention-during-exercise-3120450
Diakses pada 9 September 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait