Setiap masalah jerawat yang timbul di kulit memiliki jenis dan cara penanganan yang berbeda-beda
Dalam merawat kesehatan dan kecantikan kulit, umumnya banyak orang yang mengeluhkan berbagai masalah kulit yang muncul

Dalam merawat kesehatan dan kecantikan kulit, umumnya banyak orang yang mengeluhkan berbagai masalah kulit yang muncul. Salah satunya seperti jerawat.

Masalah kulit ini dapat mengganggu penampilan, terasa nyeri, dan bisa menyebabkan noda kehitaman yang sulit dihilangkan jika sudah mengempis. Jerawat juga memiliki berbagai jenis yang perlu Anda kenali untuk mendapat perawatan yang tepat. Berikut adalah macam-macam jerawat yang perlu Anda ketahui:

1. Jerawat Vulgaris

Jerawat vulgaris merupakan nama medis untuk jerawat yang umum. Ditandai dengan komedo, whiteheads, dan jenis jerawat lainnya pada kulit.

Tempat yang paling umum untuk muncul jerawat adalah wajah, dada, bahu, dan punggung. Meski jerawat ini bisa membaik dengan perawatan kulit, namun dalam kasus jerawat yang serius, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter.

2. Komedon

Komedon lebih sering disebabkan oleh folikel rambut yang tersumbat oleh minyak dan sel-sel kulit mati. Komedon dapat berkembang menjadi benjolan yang disebut whiteheads.

Produk kecantikan yang dapat memicu komedon memiliki label "comedogenic". Lebih baik pilih tipe makeup yang berlabel "noncomedogenic" untuk melindungi kulit Anda dari jerawat.

3. Komedo/Blackheads

Komedo biasanya berbentuk bintik hitam yang ada di permukaan kulit. Jerawat ini dipenuhi minyak berlebihan dan sel kulit mati. Warna hitam komedo berasal dari minyak dan sel kulit mati yang tersumbat di pori-pori kulit.

4. Whiteheads

Jerawat yang tertutup di permukaan kulit disebut whiteheads. Penyebabnya karena sel minyak dan kulit mati sehingga menyumbat pori-pori kulit. Anda bisa menggunakan obat yang efektif mengatasi komedo untuk menangani whiteheads.

5. Papula

Jenis jerawat ini merupakan salah satu yang paling mengganggu. Selain berbentuk benjolan memerah atau merah mudah, jerawat ini bisa meradang dan terasa nyeri bila disentuh.

Bila papula dipencet atau ditekan, kondisinya akan semakin parah dan membengkak hingga menyebabkan bekas luka.

6. Pustula

Jenis lain dari jerawat yang meradang adalah pustula. Jenis jerawat ini mirip seperti whiteheads, tapi ada cincin merah di sekitar jerawat.

Jerawat ini biasanya berisi nanah putih atau nanah kuning. Disarankan agar tidak memencet atau menekan pustula. Pasalnya, tindakan ini nantinya bisa menyebabkan peradangan yang lebih serius, atau muncul bekas noda yang sulit dihilangkan.

7. Jerawat Conglobata

Bentuk jerawat yang paling parah adalah jerawat conglobata. Ada banyak benjolan nodul yang meradang dan terhubung dengan nodul-nodul lain di bawah lapisan permukaan kulit.

Selain wajah, jerawat conglobata dapat muncul di area leher, dada, lengan, dan bagian belakang. Yang paling menjengkelkan, jerawat jenis ini akan menimbulkan bekas atau noda kehitaman.

Jerawat conglobata lebih sering muncul pada laki-laki. Penyebabnya karena penggunaan steroid atau testosteron. Langkah pengobatan dengan konsultasi dokter sangat disarankan agar jerawat tidak semakin parah.

Setelah mengenali macam-macam jerawat di atas, Anda dapat menyesuaikan perawatan yang cocok untuk mengobati jerawat yang diderita. Selain itu, perhatikan juga pola makan yang sehat dan perawatan kulit yang tepat untuk mencegah macam-macam jerawat tersebut muncul kembali.

WebMD. https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/acne/ss/slideshow-acne-dictionary

Diakses pada Oktober 2018

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed