Macam-Macam Hobi yang Ampuh Redakan Stres


Ada banyak macam-macam hobi yang bisa dijadikan pereda stres. Jenis aktivitas positif yang dipilih bisa disesuaikan dengan apa yang disukai. Apa saja?

(0)
01 Dec 2020|Azelia Trifiana
Macam-macam hobi untuk hilangkan stresBerkebun dapat redakan stres
Satu paket dengan rasa bahagia, stres adalah hal yang tak terhindarkan. Mustahil menghindarinya, untuk itu yang diperlukan adalah kemampuan untuk mengelola stres secara efektif. Ada macam-macam hobi yang efektif redakan stres mulai dari berkebun, menggambar, hingga bermain puzzle.Jenis aktivitas positif yang dipilih bisa disesuaikan dengan apa yang disukai. Terkadang, wajar jika perlu beberapa kali mencoba sebelum menemukan hobi yang benar-benar disukai.

Macam-macam hobi pereda stres

Beberapa aktivitas berikut ini bisa membantu mengelola stres dengan lebih baik. Apa saja?

1. Berkebun

berkebun
Berkebun dapat redakan stres
Ada banyak alasan mengapa berkebun adalah hobi yang sangat positif. Mulai dari interaksi langsung dengan tanah serta cahaya matahari, hingga dampaknya bagi kesehatan mental. Menariknya, tanah sebagai media tanam bahkan berfungsi sebagai antidepresan. Riset menemukan bahwa bakteri dalam tanah dapat mengaktifkan sel otak yang memproduksi serotonin.

2. Fotografi

Jika tertarik menjelajah ke banyak tempat baru, seni fotografi bisa menjadi hobi yang positif. Ketika memotret situasi lewat kacamata fotografer, seseorang bisa melihat berbagai hal lewat sudut pandang berbeda. Gambar yang terekam di kamera bisa saja membuat seseorang merasa lebih bersyukur akan apa yang dimilikinya.

3. Memelihara ikan

Jika memiliki waktu dan dana untuk memelihara ikan, coba pasang akuarium di rumah. Hobi yang satu ini cukup menarik karena terbukti memiliki banyak manfaat untuk kesehatan mulai dari menurunkan tekanan darah hingga meredakan stres.Tak hanya itu, hobi merawat akuarium dan memelihara ikan ini juga bermanfaat karena membutuhkan perhatian namun tidak berlebihan. Ketika memilikinya, seseorang bebas berkreasi menghias akuariumnya menjadi lebih indah.

4. Bermain puzzle

Dari banyak aktivitas latihan otak yang bisa dilakukan, bermain puzzle adalah hobi pereda stres. Memusatkan perhatian pada teka-teki puzzle dapat mengalihkan fokus pada pemicu stres. Di saat bersamaan, otak menjadi lebih terasah. Setelah melakukan hobi ini, seseorang bisa menjadi lebih tangguh dan bisa berpikir jernih menghadapi pemicu stres.

5. Menggambar

menggambar
Menggambar membantu Anda menuangkan emosi
Aktivitas seni seperti menggambar atau mewarnai dapat membantu seseorang memproses emosi, mengalihkan pikiran sementara dari pemicu stres, serta manfaat positif lainnya bagi kesehatan mental. Bukan hasil akhirnya yang menjadi target, melainkan proses menggambarnya.Lebih jauh lagi, melukis memberikan manfaat mengelola stres sama efektifnya seperti menggambar. Hanya saja, medianya berbeda. Cari metode menggambar yang paling disukai sebagai pengalihan dari stres yang dirasakan.

6. Berolahraga

Aktivitas fisik seperti berolahraga tak hanya berdampak baik untuk kesehatan fisik saja. Hobi ini dapat meredakan stres serta baik untuk mental. Pilih jenis olahraga yang disukai dan jadikan bagian dari kebiasaan. Baik itu olahraga berintensitas rendah, sedang, maupun tinggi, pastikan memulai dengan pemanasan terlebih dahulu.

7. Merajut

Aktivitas seperti merajut membuat seseorang bisa lebih mengenal emosinya. Tak hanya itu, tentu macam-macam hobi yang berkaitan dengan merajut ini dapat meredakan rasa stres. Gerakan repetitif saat merajut memberikan sensasi mengalir sehingga energi seperti ketegangan bisa tersalurkan.

8. Bermain instrumen musik

Sejak lama instrumen musik dianggap sebagai hobi yang dapat meredakan stres. Mulailah dengan memainkan instrumen musik apapun, mana yang paling disukai. Saat mulai memainkannya, seseorang bisa terhanyut sehingga fokusnya beralih ke hal yang lebih positif. Tak hanya itu, instrumen musik juga menjadi media untuk mengekspresikan diri secara kreatif.

9. Menulis jurnal

perempuan menulis
Menulis adalah salah satu hobi untuk mengelola stres
Ketika pikiran kusut, hobi seperti menulis jurnal bisa menjadi pelarian yang sangat efektif. Terbiasa menuangkan pikiran dalam tulisan akan membantu mengelola stres. Apapun jenisnya mulai dari menulis jurnal dalam sebuah buku hingga menulis yang dijadikan profesi, metode ini dapat membuat pikiran lebih rileks.

Mengelola stres adalah skill yang harus dimiliki. Jika tidak, bukan rahasia lagi bahwa stres bisa menyebabkan fisik terganggu.Jika ingin berdiskusi lebih lanjut seputar kemampuan mengelola stres yang efektif, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
kesehatan mentalhidup sehatpola hidup sehat
Verywell Mind. https://www.verywellmind.com/top-stress-reliever-hobbies-3144592
Diakses pada 15 November 2020
PLOS One. https://journals.plos.org/plosone/article?id=10.1371/journal.pone.0220524
Diakses pada 15 November 2020
Bustle. https://www.bustle.com/articles/164878-11-hobbies-that-can-reduce-stress-besides-yoga-because-we-all-need-to-unwind-sometimes
Diakses pada 15 November 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait