Macam-macam Gerak Otot yang Mendukung Pergerakan Tubuh Anda


Ada macam-macam gerak otot yang dapat dilakukan tubuh kita. Gerak otot ini meliputi gerak otot antagonis, otot agonis, dan otot sinergis. Gerak otot juga berperan penting dalam melakukan berbagai gerakan tubuh, seperti fleksi (menekuk siku atau lutut) atau ekstensi (meluruskan tangan atau kaki).

0,0
11 Aug 2021|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Macam-macam gerak otot dilakukan tubuh untuk melakukan berbagai aktivitasGerak otot memungkinkan kita melakukan aktivitas seperti olahraga
Sistem otot di dalam tubuh dapat menghasilkan gerakan melalui kontraksi otot. Setiap kelompok otot dapat menghasilkan macam-macam gerak otot yang bervariasi dan memungkinkan gerak tubuh.Macam-macam gerak tubuh yang dilakukan dapat membantu Anda menjalankan aktivitas sesuai dengan kebutuhan dan keinginan. Misalnya untuk mengangkat barang, menulis, berolahraga, menari, dan lain sebagainya.

Macam-macam gerak otot

Otot disusun dalam kelompok agonis, antagonis, dan sinergis yang kemudian menghasilkan dan memodulasi gerakan. Di bawah ini adalah penjelasan mengenai kelompok otot dan macam-macam gerak otot yang dihasilkannya.

1. Pergerakan otot agonis

Otot agonis adalah jenis otot yang biasanya dikaitkan dengan gerakan tubuh. Otot ini kadang disebut sebagai penggerak utama karena mereka dapat menghasilkan gerakan utama atau serangkaian gerakan melalui kontraksi sendiri.Cara kerja otot agonis adalah dengan memendek saat kontraksi sehingga menghasilkan gerakan yang diinginkan. Kontraksi otot agonis akan menggerakkan anggota tubuh yang berhubungan dengan sendi tertentu. Tulang akan bertindak sebagai pengungkit, lalu kontraksi serat otot yang melekat pada tulang menghasilkan gerakan.Salah satu contoh gerak otot agonis adalah saat Anda menekuk siku lengan ke atas, maka bisep yang berkontraksi menjadi otot agonis sebagaimana otot ini berkontraksi untuk menghasilkan pergerakan. Pasangan otot agonis adalah otot antagonis.

2. Pergerakan otot antagonis

Mayoritas otot pada tubuh manusia dikelompokkan berpasangan, di mana terdapat otot antagonis untuk setiap otot agonis. Cara kerja otot antagonis bertindak sebagai lawan atau kebalikan dari otot agonis.Otot agonis dan antagonis disebut dengan pasangan otot antagonis. Gerakan yang dihasilkan disebut dengan gerak antagonis atau gerakan otot yang saling berlawanan.Otot antagonis biasanya berkontraksi saat hendak mengembalikan anggota tubuh ke posisi semula atau beristirahat. Contoh pasangan otot antagonis adalah otot bisep dan trisep.Salah satu contoh kerja otot antagonis adalah saat Anda menekuk lengan bawah ke atas (gerakan fleksi).Otot bisep berperan sebagai agonis yang berkontraksi dan memendek sehingga menarik lengan, sementara otot trisep berperan sebagai otot antagonis yang memanjang dan memungkinkan lengan bawah bergerak ke arah bahu sehingga gerakan fleksi dapat dilakukan.Saat lengan kembali diturunkan, otot antagonis yang dipasangkan dengan otot agonis akan mengembalikan tangan ke posisi semula. Contoh otot agonis dan antagonis selain bisep dan trisep adalah otot paha belakang dan paha depan.

3. Pergerakan otot sinergis

Otot sinergis juga termasuk salah satu dari macam-macam gerak otot. Ini adalah gerakan otot yang serupa atau bersamaan. Kerja otot sinergis terjadi di sekitar sendi dan bertindak untuk mengurangi kekuatan berlebihan yang dihasilkan oleh otot agonis.Contoh otot sinergis adalah otot brachioradialis dan brachialis pada lengan bawah. Otot sinergis ini bertindak membantu otot bisep dalam menarik lengan bawah ke arah bahu pada gerakan fleksi.Contoh otot sinergis lainnya adalah otot-otot manset rotator. Kerja otot sinergis manset rotator dapat memperbaiki sendi bahu yang memungkinkan bisep mengerahkan kekuatan lebih besar.

Macam-macam gerak tubuh

Macam-macam gerak otot di atas terjadi saat Anda berupaya melakukan gerak tubuh yang dibutuhkan. Berikut adalah berbagai gerak tubuh yang melibatkan sistem otot.
  • Abduksi: Gerakan menjauhi bagian tengah tubuh, contohnya merentangkan tangan ke samping.
  • Adduksi: Gerakan menuju bagian tengah tubuh, contohnya menurunkan tangan setelah merentangkan tangan.
  • Fleksi: Gerakan yang mengurangi sudut antara dua otot atau sendi, contohnya menekuk siku dan lutut kaki.
  • Ekstensi: Gerakan yang meningkatkan sudut antara dua otot atau sendi, contohnya meluruskan tangan atau lutut setelah ditekuk.
  • Rotasi: Gerakan melingkar dari sendi atau otot yang memungkinkan bagian tubuh bergerak secara melingkar.
  • Rotasi eksternal: Gerakan otot dan sendi yang memerlukan gerakan melingkar dan gerakan menjauh dari pusat tubuh
  • Rotasi internal: Gerakan otot dan sendi yang memerlukan gerakan melingkar dan gerakan menuju pusat tubuh
  • Pronasi: Gerakan tulang radius berputar dengan posisi di atas ulna atau menelungkupkan telapak tangan.
  • Supinasi: Gerakan tulang radius dan ulna sejajar atau menengadahkan telapak tangan.
  • Inversi: Gerakan menekuk telapak kaki ke dalam.
  • Eversi: Gerakan menekuk telapak kaki ke arah luar.
  • Plantar fleksi: Gerakan telapak kaki ke bawah.
  • Dorsofleksi: Gerakan telapak kaki ke atas.
Itulah macam-macam gerak otot yang terjadi saat Anda menggerakkan badan. Ada kalanya, gerakan ini tidak dapat dilakukan saat terjadi gangguan pada sistem otot.Sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter jika Anda mengalami kesulitan, kesakitan, atau kelemahan saat melakukan macam-macam gerakan otot tubuh untuk mendapatkan penanganan yang tepat.Apabila Anda memiliki pertanyaan seputar masalah kesehatan, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
cedera ototmasalah otot
LibreTexts. https://med.libretexts.org/Bookshelves/Anatomy_and_Physiology/Book%3A_Anatomy_and_Physiology_(Boundless)/9%3A_Muscular_System/9.6%3A_Overview_of_the_Muscular_System/9.6C%3A_How_Skeletal_Muscles_Produce_Movements
Diakses 6 Agustus 2021
BBC. https://www.bbc.co.uk/bitesize/guides/zpkr82p/revision/4
Diakses 6 Agustus 2021
Registered Nursing. https://www.registerednursing.org/teas/musculoskeletal-muscular-system/
Diakses 9 Agustus 2021
Oregon State Education. https://open.oregonstate.education/aandp/chapter/9-5-types-of-body-movements/
Diakses 9 Agustus 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait