Macam-Macam Gaya dalam Renang yang Bisa Anda Pelajari

(0)
11 Oct 2020|Asni Harismi
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Gaya kupu-kupu adalah salah satu macam-macam gaya dalam renang.Salah satu gaya dalam renang adalah gaya kupu-kupu.
Anda tidak harus menjadi seorang atlet untuk menguasai macam-macam gaya dalam renang. Asalkan mengetahui prinsip dasar dalam gerakan tersebut, Anda bisa mempelajarinya di kolam renang secara individu maupun dengan bantuan pelatih.Berenang adalah olahraga yang baik bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Prinsip gerakannya yang memaksa seluruh anggota tubuh untuk bergerak melawan arus air, mampu membangun kekuatan otot, stamina, sekaligus menyehatkan jantung.Bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan, berenang juga merupakan salah satu olahraga yang cocok untuk membakar kalori berlebih. Meski bobot menjadi lebih ringan, tubuh Anda akan lebih padat dan semakin kuat.

Macam-macam gaya dalam renang

Suatu penelitian menyatakan bahwa berenang secara rutin dapat mengurangi lemak tubuh sehingga dapat menurunkan risiko penyakit metabolik, penyakit jantung dan arthritis.Mencoba macam-macam gaya dalam renang bisa menjadi pilihan agar kegiatan berenang Anda tidak monoton dan membosankan. Terdapat 4 jenis gaya renang yang biasa dijadikan sebagai teknik dasar dalam olahraga renang, yaitu gaya bebas, gaya dada, gaya punggung, dan gaya kupu-kupu.

1. Gaya bebas (freestyle atau front crawl)

Gaya bebas adalah dasar berbagai gaya dalam renang.
Renang gaya bebas bisa dibilang sebagai gerakan paling dasar dari macam-macam gaya dalam renang. Ada 3 teknik utama di dalamnya, yaitu gerakan kaki yang mengepak, gerakan lengan yang berputar, dan pernapasan berirama.Ini adalah gaya renang yang tepat bila Anda ingin melatih kecepatan bergerak di dalam air. Langkah untuk melatih gaya bebas ini ialah sebagai berikut.
  • Posisikan badan seperti telungkup (perut dan dada menghadap ke lantai kolam renang).
  • Gerakkan kaki ke atas dan ke bawah seperti mengepak.
  • Di saat yang sama, gerakkan lengan kanan dan kiri secara bergantian dalam gerakan mirip kincir angin.
  • Dorong tubuh ke depan dengan kecepatan sedang.
Jika dilakukan dengan teknik yang benar, renang gaya bebas bisa membantu melakukan berenang jarak jauh tanpa merasa kelelahan.

4. Gaya dada (breaststroke)

Salah satu dari macam-macam gaya dalam renang ini banyak digunakan orang karena dinilai lebih hemat energi dibanding teknik lainnya. Apalagi, nomor ini ‘mengizinkan’ kepala Anda untuk selalu berada di atas air sehingga bisa mengatur napas dan Anda bisa berenang dengan santai.Bila dilakukan dengan teknik yang tepat, Anda pun bisa berenang dalam jarak jauh. Langkah melakukan gaya dada adalah sebagai berikut ini.
  • Cobalah mengapung dengan perut menghadap ke bawah.
  • Gerakkan lengan setengah lingkaran dengan arah ke luar tubuh.
  • Tekuk kaki, kemudian tendang ke belakang terus-menerus.
  • Gerakan ini akan mendorong badan Anda ke atas dan ke depan.
Gaya renang ini juga bisa dijadikan latihan yang bagus dan direkomendasikan bagi para pemula.

3. Gaya punggung (backstroke)

Ketika Anda sudah menguasai kedua gaya renang di atas, saatnya mencoba gaya renang yang lebih menantang, yakni gaya punggung. Gaya ini pada dasarnya mirip dengan gaya bebas, hanya saja dilakukan dengan posisi badan dan gerakan tangan yang terbalik.Langkah untuk melakukan gaya punggung adalah sebagai berikut.
  • Posisikan badan seperti telentang (perut dan dada menghadap ke langit-langit).
  • Gerakkan kaki ke atas dan ke bawah seperti mengepak.
  • Di saat yang sama, gerakkan lengan ke belakang dalam gerakan kincir angin.
Tidak sedikit dokter yang merekomendasikan teknik ini kepada pasien yang memiliki masalah punggung atau untuk melatih otot punggung agar lebih kuat. Bila Anda baru pertama kali melakukan salah satu dari macam-macam gaya dalam renang ini, sebaiknya minta bantuan instruktur untuk mendampingi.

4. Gaya kupu-kupu (butterfly stroke)

Gaya renang terakhir yang bisa Anda pelajari adalah gaya kupu-kupu. Teknik ini kerap disebut sebagai gerakan yang paling sulit karena membutuhkan koordinasi tubuh dan stamina yang prima.Berikut ini langkah untuk melakukan gaya kupu-kupu.
  • Posisikan badan Anda seperti telungkup.
  • Lengan harus lurus, kemudian gerakkan keduanya secara bersamaan hingga melewati atas kepala.
  • Kaki juga digerakkan secara terus-menerus seperti gerakan ekor lumba-lumba.
Tingginya tingkat kesulitan dalam salah satu dari macam-macam gaya dalam renang ini akan mengharuskan Anda untuk berlatih beberapa kali bersama instruktur. Tidak heran bila Anda baru akan dikatakan sebagai perenang yang sudah matang ketika sudah menguasai teknik kupu-kupu ini.Gerakan renang seperti apa yang menjadi favorit Anda?

Catatan dari SehatQ

Sebelum berenang, jangan lupa untuk mengoleskan krim tabir surya ke kulit tubuh dan wajah, apalagi jika Anda memilih kolam renang outdoor alias di luar ruangan. Pastikan juga untuk selalu melakukan pemanasan sebelum berenang, agar tidak mengalami cedera seperti kram.Untuk mengetahui lebih lanjut tentang cara mencegah cedera ketika berenang, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
olahragaolahraga ibu hamiltips olahragaolahraga anakberenang
Better Health. https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/healthyliving/swimming-health-benefits
Diakses pada 26 September 2020
Boy Scouts of America. https://troopleader.scouting.org/basic-swimming-strokes/
Diakses pada 26 September 2020
Swimright Academy. https://www.swimrightacademy.com/various-types-of-swimming-strokes-and-styles/
Diakses pada 26 September 2020
NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4625655/
Diakses pada 26 September 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait