Mengenal Macam-Macam Flu dan Cara Pencegahannya


Meski gejala yang muncul sama, nyatanya ada macam-macam flu yang dapat menyerang manusia. Virus ini pun dapat bermutasi dan menciptakan strain virus baru, yang dapat menyebabkan jenis flu lain, seperti flu burung atau flu babi. Namun, tidak semua dapat menular ke manusia.

0,0
Flu atau influenza mungkin menjadi penyakit yang paling umum terjadi pada manusia. Meskipun sering dianggap ringan, ternyata flu memiliki beragam jenis yang patut Anda waspadai. Simak penjelasan lengkap mengenai macam-macam flu serta cara pencegahannya.

Apa itu flu?

Flu, disebut juga influenza, adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus influenza. Virus ini menyerang tubuh melalui saluran pernapasan. Bersin, hidung tersumbat, dan sakit tenggorokan merupakan gejala flu yang paling umum dirasakan. Beberapa orang mungkin juga mengalami gejala lain, seperti demam, batuk, sakit kepala, meriang, kelelahan, hingga nyeri otot.  

Macam-macam virus flu 

macam macam flu yang umum terjadi
Setidaknya, ada 6 jenis flu yang terjadi
Virus influenza selalu bermutasi. Terdapat lebih dari 1.000 virus penyebab flu yang telah ditemukan. Namun, sebagaimana dilansir CDC, peneliti membagi virus flu menjadi empat jenis, yaitu tipe A, B, C, dan D. Influenza tipe A, B, dan C dapat bermutasi dan menghasilkan strain (jenis mutasi) virus baru, terutama influenza tipe A.

1. Influenza tipe A

Virus influenza tipe A dapat menyerang manusia maupun hewan. Tipe virus ini rentan sekali bermutasi dan menyebabkan pandemi flu yang lebih besar, seperti flu burung dan flu babi.  Influenza tipe A diketahui menyumbang 75% dari infeksi flu yang pernah terjadi. Tipe virus ini bersifat dinamis dengan jangkauan inang yang lebih luas, serta berpotensi menyebabkan pandemi.

2. Influenza tipe B

Virus influenza tipe B hanya dapat menular antar manusia. Gejala yang muncul tidak tidak separah influenza tipe A. Namun, influenza tipe B tetap menimbulkan bahaya kesehatan dan berpotensi menyebabkan epidemi.

3. Influenza tipe C

Sama seperti influenza tipe B, virus flu tipe C hanya menyerang manusia. Gejala yang ditimbulkan influenza tipe C lebih ringan dibandingkan dengan tipe A dan B. Itu sebabnya, virus tipe ini tidak berpotensi menimbulkan epidemi ataupun pandemi.

4. Influenza tipe D

Berbeda dengan influenza tipe A, B, dan C, influenza tipe D hanya menyerang hewan, seperti sapi. Virus ini tidak dapat menginfeksi manusia.

5. Flu burung 

Flu burung (H5N1) merupakan salah satu jenis mutasi dari virus flu tipe A. Virus ini menular dari hewan, khususnya unggas ke manusia melalui kontak langsung. Penularan infeksi dari manusia ke manusia jarang terjadi.. Meski begitu, tidak menutup kemungkinan hal tersebut dapat terjadi.

6. Flu babi 

Flu babi (H1N1) pertama kali ditemukan di Meksiko dan pernah menjadi pandemi pada tahun 2009 dan berakhir pada 2010. Virus flu babi ini diketahui hasil mutasi dari influenza tipe A dan menular ke manusia. Jenis flu ini merupakan kombinasi flu pada manusia, babi, dan burung. 

Cara mencegah penularan virus influenza

vaksin dapat mencegah flu
Vaksin influenza dapat mencegah macam-macam flu
Mencegah selalu lebih baik daripada mengobati. Berikut ini adalah beberapa cara mencegah flu yang bisa Anda lakukan: 

1. Vaksinasi

Melakukan vaksinasi menjadi cara efektif mencegah flu. Vaksin dapat mengaktifkan antibodi yang akan melindungi tubuh terhadap infeksi virus. Vaksin influenza biasanya disesuaikan dengan strain virus tertentu. 

2. Hindari kontak dengan orang sakit

Flu dapat menular melalui droplet, alias percikan air liur. Itu sebabnya, menghindari kontak dekat dengan orang sakit dapat menghindarkan Anda dari flu.Menjaga jarak sekitar 1,5 meter dengan orang sakit dapat mencegah penularan flu. Kontak erat dengan orang sakit memungkinkan Anda tertular flu, antara lain dari batuk, bersin, atau memegang wajah (mata, hidung, mulut) dengan tangan yang tidak bersih. 

3. Tetap di rumah ketika Anda sakit

Ketika sakit, Anda sebaiknya berada di rumah dan beristirahat. Hal ini dapat melindungi orang sekitar dari risiko penularan flu. 

4. Tutup hidung dan mulut saat bersin

Flu dapat menular melalui droplet dari hidung dan mulut. Untuk mencegah penularan, Anda dapat menutup hidung dan mulut menggunakan tisu saat batuk dan bersin. Penggunaan masker juga bisa menjadi cara efektif. 

5. Mencuci tangan dengan sabun

Mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir sesering mungkin dapat melindungi Anda dari risiko penularan flu. Sebagai alternatif, Anda juga bisa menggunakan cairan antiseptik berbahan dasar alkohol untuk mencuci tangan.

6. Hindari menyentuh mata, hidung, dan mulut

Mata, hidung, dan mulut menjadi perantara masuknya virus flu ke saluran pernapasan. Menyentuh mata, hidung, dan mulut dengan tangan atau benda yang terkontaminasi virus flu dapat meningkatkan risiko Anda terinfeksi flu.

7. Terapkan pola hidup bersih dan sehat

Pola hidup bersih dan sehat dapat meningkatkan imunitas tubuh sehingga dapat melawan virus yang masuk. Pola hidup sehat dapat dilakukan dengan makan makanan bergizi seimbang, cukup konsumsi air mineral, rutin beraktivitas fisik, menjaga kualitas tidur, mengelola stres, dan rutin memeriksakan diri ke dokter. 

Catatan dari SehatQ

Pandemi Covid-19 yang kini tengah melanda juga memiliki gejala yang mirip dengan flu. Namun, keduanya disebabkan oleh virus yang berbeda.Tidak ada pengobatan khusus yang diberikan untuk penyakit flu. Umumnya, virus flu akan hilang dengan sendirinya karena sistem imun Anda. Itu sebabnya, penting untuk beristirahat saat kena flu, agar sistem imun dapat bekerja dengan baik.Jika Anda ragu dengan gejala yang Anda alami termasuk jenis virus yang mana, konsultasikanlah dengan dokter.Anda juga bisa menggunakan fitur chat online dengan dokter melalui aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download aplikasinya di App Store dan Google Play sekarang!
pilekfluinfluenzaflu babiflu burung
Web MD. https://www.webmd.com/cold-and-flu/what-is-flu
Diakses pada 7 Mei 2021
CDC. https://www.cdc.gov/flu/about/viruses/types.htm
Diakses pada 7 Mei 2021
CDC. https://www.cdc.gov/flu/prevent/actions-prevent-flu.htm
Diakses pada 7 Mei 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/cold-flu/influenza-a-vs-b#types
Diakses pada 7 Mei 2021
Verywell Health. https://www.verywellhealth.com/learn-about-different-types-of-flu-770509
Diakses pada 7 Mei 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait