logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
Forum
Kesehatan Mental

Macam-macam Bakat yang Perlu Diketahui, Kenali Bakat Anda

open-summary

Mengetahui macam-macam bakat membuat Anda bisa mengukur kemampuan yang dimiliki. Bakat ini pun membantu Anda bisa mengambil karier profesional yang tepat.


close-summary

Ditinjau secara medis oleh dr. Karlina Lestari

12 Agt 2023

Macam-macam bakat

Kenali bakat apa yang ada dalam diri

Table of Content

  • Apa Itu bakat terpendam?
  • Macam-macam bakat

Setiap orang memiliki sesuatu yang unik dan istimewa. Sesuatu yang unik dan istimewa inilah yang dinamakan bakat. Bakat adalah keterampilan yang dimiliki secara alami dalam diri seseorang, sehingga akan lebih mudah menguasai keterampilan tersebut. Macam-macam bakat yang dimiliki setiap orang dapat berbeda.

Advertisement

Bakat atau keterampilan dapat mencakup berbagai hal, seperti memasak, olahraga, seni, hingga bahasa. Salah satu cara memahami bakat apa yang Anda miliki yaitu dengan melihat kembali masa lalu dan mempertimbangkan kemampuan alami yang Anda kuasai saat masa anak-anak atau remaja.

Apa Itu bakat terpendam?

Bakat terpendam adalah kemampuan atau keterampilan yang mungkin tidak Anda ketahui atau bahkan tidak Anda sadari. 

Jika berbicara bakat, mungkin banyak yang hanya fokus pada menggambar, menari, akting, menyanyi, memainkan alat musik, belajar bahasa dengan cepat, dan lain sebagainya. Padahal, masih banyak jenis bakat lain yang luar biasa. Mungkin saja Anda memiliki bakat tersebut tetapi belum menyadarinya. 

Baca juga: Bakat vs Kerja Keras, Mana yang Lebih Penting?

Macam-macam bakat

Agar lebih memahami bakat yang dimiliki, berikut ini macam-macam bakat yang perlu Anda ketahui:

1. Adaptability (kemampuan beradaptasi)

Kemampuan beradaptasi atau menyesuaikan diri adalah bakat penting yang perlu dimiliki dan dikembangkan. 

Kemampuan ini dibutuhkan agar Anda lebih mudah menyesuaikan diri dengan dunia yang selalu berubah atau bergerak cepat. Orang dengan bakat ini biasanya menganggap perubahan sebagai teman, bukan musuh. 

2. Perseverance (ketekunan)

Terkadang, ada beberapa hal yang tidak berjalan sesuai rencana. Namun jangan biarkan hal ini menghentikan diri untuk mencapai tujuan.

Orang yang secara alami memiliki bakat ini cenderung dapat bangkit kembali dengan cepat dari kegagalan. Anda dapat menerima kegagalan dan menjadikannya sebagai peluang untuk bangkit kembali dan melanjutkan hidup.

3. Verbal intelligence (kecerdasan verbal)

Kecerdasan verbal merupakan kemampuan menggunakan bahasa, seperti bahasa Indonesia, Inggris, Spanyol, atau Mandarin. Selain berkomunikasi, kecerdasan verbal juga melingkupi proses berpikir menggunakan bahasa tertentu.

Kecerdasan verbal membantu Anda di berbagai bidang, seperti komunikasi, pemikiran strategis, pengambilan keputusan, hingga pemecahan masalah.

4, Visual thinking (pemikiran visual)

Seperti halnya kecerdasan verbal, kecerdasan visual juga mencakup proses berpikir dan komunikasi. Misalnya, kemampuan menciptakan suatu produk dengan memvisualisasikan proses di atas kertas. Tujuannya adalah untuk membuat proses produk jadi lebih efisien sekaligus mengidentifikasi inefisiensi.

5. Honesty (kejujuran)

Kejujuran penting dalam membangun kepercayaan di antara rekan kerja. Ketika Anda kehilangan kepercayaan dari rekan kerja, hampir tidak mungkin Anda bisa mendapatkannya kembali. 

Kejujuran merupakan hal mendasar dari suatu hubungan, terutama dalam dunia bisnis. Tidak hanya komunikasi yang baik, kejujuran juga merupakan karakter personal yang penting. Itu sebabnya, banyak perusahaan mencari orang dengan bakat yang satu ini.

6. Spatial reasoning (penalaran spasial)

Macam-macam bakat selanjutnya adalah Spatial Reasoning. Spatial reasoning adalah suatu kemampuan untuk mempersepsikan ruang tiga dimensi. Orang dengan bakat ini juga akan lebih mudah memecahkan masalah terkait pola, navigasi, dan desain. Contohnya, seorang desainer produk mampu mendesain interior kendaraan terasa lebih lapang meskipun ruang terbatas.

7. Situational intelligence (kecerdasan situasional)

Ini adalah bakat untuk menangani situasi yang bergerak cepat dan kompleks. Sebagai contoh, memenangkan video game yang kompleks atau sulit.

8. Kinesthetic intelligence (kecerdasan kinestetik)

Bakat ini berhubungan dengan kemampuan motorik seseorang. Orang dengan kecerdasan kinestetik umumnya terampil dalam menggunakan tubuhnya untuk melakukan hal-hal yang berkaitan dengan gerak tubuh. Bakat ini biasanya dibutuhkan dalam bidang, seperti olahraga, akting, dan tari.

Baca juga: Waktu Terbaik untuk Anak Melakukan Tes Minat dan Bakat

9. Musical intelligence (kecerdasan musik)

Sesuai namanya, bakat ini terkait dengan kepekaan akan nada, ritme, dan timbre musik. Orang dengan bakat ini juga biasanya memiliki keterampilan untukmenciptakan komposisi musik dan menampilkannya.

10. Mathematical intelligence (kecerdasan matematika)

Bakat ini berhubungan dengan matematika dan logika. Anda yang memiliki bakat ini akan terlihat lebih menonjol dalam hal logika dan perhitungan. Kemampuan menghitung dan logika Anda bekerja lebih cepat dibandingkan lainnya.

11. Critical thinking (berpikir kritis)

Bakat ini merupakan keterampilan berpikir yang disiplin, objektif, dan sistematis. Misalnya, kemampuan untuk melihat kelemahan dan bias dalam menganalisis diri Anda sendiri dan berusaha untuk memperbaikinya.

12. Rational thought (berpikir rasional)

Bakat ini merupakan kemampuan untuk berpikir logis. Orang dengan bakat ini umumnya mengedepankan logika dalam memahami suatu hal..

13. Social intelligence (inteligensi sosial)

Inteligensi sosial berarti suatu keterampilan dalam berinteraksi dengan lingkungan sosial, seperti kemampuan bersosialisasi dengan tetangga. Bakat ini juga  mencakup kemampuan Anda dalam mengendalikan sifat atau karakter, seperti kesabaran, kedewasaan emosional, kebaikan, atau persaingan yang sengit. 

14. Emotional intelligence (kecerdasan emosional)

Kecerdasan emosional menunjukkan kemampuan untuk membaca dan merespons emosi dengan cerdas. Misalnya, customer service yang bisa melihat kekecewaan pelanggan yang dapat berpengaruh terhadap pelanggan lainnya serta mampu mengatasi dan mencari solusi untuk memperbaiki hubungan dengan pelanggan.

15. Introspection (introspeksi)

Keterampilan ini berkaitan dengan diri sendiri, seperti kemampuan untuk memahami dan meningkatkan kepribadian, karakter, keterampilan berpikir, pengetahuan, emosi dan kinerja diri sendiri.

16. Design thinking (pemikiran desain)

Macam-macam bakat yang satu ini merupakan kemampuan memecahkan masalah menggunakan desain. Contohnya, seorang manajer hotel yang memecahkan masalah kepuasan pelanggan dengan merancang program insentif baru untuk staf pelayanan pelanggan.

17. Art (seni)

Keterampilan untuk menciptakan karya yang bernilai estetis. Misalnya, seorang pelukis yang pada akhirnya menghasilkan karya seni yang tak ternilai harganya. Bakat ini terkadang sering tidak terlihat atau bahkan tidak disadari dalam waktu yang lama.

18. Craft

Bakat untuk menciptakan benda atau karya berharga dengan tangan Anda sendiri. Misalnya saja, keterampilan membuat perabotan rumah dari kayu.

19. Komunikasi

Bakat ini terkait dengan keterampilan menulis, berbicara, serta pemahaman membaca dan mendengarkan. 

20. Storytelling (bercerita)

Storytelling merupakan keterampilan bercerita atau mendongeng dan membuat kisahnya menjadi lebih menarik. Keterampilan ini berlaku baik untuk menginformasikan fakta maupun cerita fiksi.

21. Public speaking

Keterampilan berkomunikasi dengan suatu kelompok, seperti menjadi pembicara di konferensi yang memotivasi pendengar dan memberikan mereka penyegaran dengan ide, emosi, dan humor. 

22. Influencing (mempengaruhi)

Keterampilan untuk memengaruhi dan mengubah ide, emosi, atau bahkan tindakan orang lain. 

23. Relationship building

Bakat ini merupakan keterampilan membangun dan mempertahankan hubungan yang produktif dengan orang lain.

24. Strategi

Keterampilan mengidentifikasi masalah serta menyusun rencana efektif untuk mencapai tujuan. Misalnya, seorang pengusaha yang dengan cepat memperoleh pangsa pasar.

25. Problem solving (penyelesaian masalah)

Keterampilan untuk memecahkan masalah. Contohnya adalah orang yang dengan cepat mampu mencari akar masalah dan mendapatkan solusi secara teknis serta memperbaikinya.

26. Decision making (pengambilan keputusan)

Kemampuan untuk membuat keputusan yang logis dan tepat waktu ketika menghadapi suatu permasalahan, tantangan, atau justru peluang..

27. Leadership (kepemimpinan)

Kemampuan memimpin suatu kelompok untuk mencapai tujuan bersama. Bakat ini juga melingkupi kemampuan memecahkan masalah serta bekerja sama secara produktif dan lebih kreatif.

28. Attention to detail (perhatian terhadap detail)

Bakat ini berhubungan dengan keterampilan dan ketekunan pada hal-hal kecil untuk mendapatkan hasil yang berkualitas tinggi.

Baca juga: Memahami Perbedaan Minat dan Bakat pada anak

Itulah sejumlah macam-macam bakat yang perlu Anda ketahui. Anda sadari atau tidak, bakat dapat dikembangkan dan ditingkatkan. Namun, Anda perlu melatihnya dengan disiplin. 

Bila masih belum menemukan apa bakat terpendam Anda, cobalah mengingat hal-hal yang Anda sukai. Bisa jadi, hal tersebut merupakan bakat terpendam Anda. Anda juga bisa mencoba hal-hal baru untuk menemukan bakat terpendam Anda.

Advertisement

kesehatan mentalmusik

Ditulis oleh Ade Irawan

Referensi

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq
    FacebookTwitterInstagramYoutubeLinkedin

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Perusahaan

Dukungan

Butuh Bantuan?

Jam operasional:
07:00 - 20:00 WIB

Hubungi Kami+6221-27899827

© SehatQ, 2023. All Rights Reserved