Lupa Ingatan Belum Tentu Alzheimer, Ini Informasi Lengkapnya


Lupa ingatan adalah ciri khas dari Alzheimer. Namun, tak semua kasus lupa ingatan diakibatkan oleh Alzheimer. Lupa ingatan pada lansia ini dapat disebabkan oleh faktor lain seperti konsumsi zat-zat yang mempengaruhi fungsi kognitif ataupun kondisi medis tertentu.

(0)
10 Jun 2019|Anita Djie
Lupa ingatan pada lansiaLupa ingatan pada lansia bisa disebabkan karena faktor pertambahan usia, namun belum tentu karena penyakit Alzheimer
Penyakit Alzheimer adalah penyakit yang memengaruhi fungsi kognitif dari penderitanya. Salah satu ciri khas dari penyakit Alzheimer adalah lupa ingatan. Namun, lupa ingatan tidak selalu berarti gejala dari Alzheimer.Amnesia atau lupa ingatan adalah gangguan yang menyebabkan seseorang tidak dapat mengingat fakta, informasi, atau kejadian yang pernah dialami oleh penderitanya. Gangguan daya ingat pada penderita amnesia bisa terasa ringan dan juga berat, sehingga mengganggu kehidupan penderitanya. Bagaimana membedakan lupa ingatan yang bukan disebabkan oleh Alzheimer dan lupa ingatan yang disebabkan oleh Alzheimer?[[artikel-terkait]]

Penyebab lupa ingatan

Penyebab lupa ingatan tidak hanya disebabkan karena Alzheimer saja, tetapi terdapat banyak penyebab lain dari lupa ingatan.

1. Usia

Lupa ingatan dapat diakibatkan oleh faktor usia. Seiring bertambahnya usia, otak semakin mengalami perubahan. Namun, lupa ingatan yang dialami oleh kaum lansia merupakan lupa ingatan yang ringan. Kaum lansia bisa saja mengalami kesulitan untuk mempelajari hal-hal baru dan mudah untuk melupakan informasi tertentu. Namun, lupa ingatan ini dapat diingat kemudian dan tidak mengganggu kehidupan sehari-hari kaum lansia.

2. Masalah emosional

Stres dan rasa cemas dapat membuat seseorang menjadi linglung dan lupa ingatan. Hal ini karena stres dan rasa cemas dapat mengganggu konsentrasi dan kemampuan seseorang dalam mengingat suatu informasi.

3. Konsumsi medikasi dan zat-zat tertentu

Medikasi dan konsumsi zat-zat tertentu juga dapat menjadi penyebab lupa ingatan. Obat antidepresan, obat penenang, obat tekanan darah, dan sebagainya dapat berefek ke memori dan konsentrasi seseorang. Konsumsi zat tertentu, seperti alkohol dapat mengganggu memori jangka pendek dan kemampuan kognitif individu.

4. Kondisi medis tertentu

Kondisi medis seperti gangguan kognitif ringan ditandai dengan menurunnya fungsi memori di otak yang memicu lupa ingatan. Lupa ingatan yang dialami biasanya tidak separah Alzheimer tetapi lebih parah daripada lupa ingatan karena usia. Kondisi medis lain yang dapat memicu lupa ingatan adalah tumor, infeksi otak, hipotiroid, gangguan hati, gangguan ginjal, kekurangan vitamin B-12, cedera atau trauma otak, dan sebagainya.

5. Kurang tidur

Kurang tidur biasanya dianggap sepele, tetapi sebenarnya dapat memicu lupa ingatan karena dapat mengganggu fungsi memori dan emosi.
lupa ingatan

Lupa ingatan Alzheimer versus lupa ingatan karena usia

Lupa ingatan karena Alzheimer dan karena faktor usia terkadang sulit untuk dibedakan. Pada penderita Alzheimer, lupa ingatan yang dialami terjadi secara terus-menerus dan dapat mengganggu kehidupan sehari-hari. Sementara, pada kaum lansia, lupa ingatan yang dialami dapat ditangani dan biasanya dapat mengingat kembali nantinya. Salah satunya adalah tanggal. Kaum lansia dapat melupakan tanggal tetapi akan mengingatnya kembali. Lain dengan penderita Alzheimer yang tidak dapat mengingat tanggal dan bahkan tahun. Penderita Alzheimer tidak mampu mengingat kejadian atau percakapan yang baru saja terjadi, tetapi kaum lansia mungkin hanya melupakan kejadian atau percakapan yang sudah terjadi tahun lalu. Kaum lansia dapat melupakan kata-kata tertentu, tetapi penderita Alzheimer dapat mengalami kesulitan saat bercakap-cakap dengan orang lain. Saat bertemu dengan kerabat, penderita Alzheimer bisa jadi tidak mengenal kerabatnya, tetapi kaum lansia mungkin hanya melupakan namanya. Soal keuangan, kaum lansia mungkin dapat melewatkan pembayaran listrik bulanan, tetapi penderita Alzheimer mengalami kesulitan untuk mengatur pengeluaran bulanannya.

Cara mengetahui penyebab lupa ingatan

Terdapat berbagai penyebab lupa ingatan dan tentunya penyebab yang berbeda memerlukan penanganan yang berbeda pula. Oleh karenanya, Anda perlu mengunjungi dokter untuk mengetahui penyebab lupa ingatan yang dialami.Umumnya, dokter akan meminta rekam medis dan melakukan pemeriksaan fisik yang juga meliputi pemeriksaan neurologis atau saraf, serta mengetes kemampuan mental yang dimiliki. Pada kasus tertentu, dokter akan meminta Anda untuk melakukan tes darah, tes urine, dan tes saraf.Tes pencitraan berupa MRI ataupun CT Scan juga terkadang diperlukan untuk pemeriksaan lebih lanjut.
penanganan lupa ingatan

Penanganan untuk lupa ingatan

Tergantung dari penyebab lupa ingatan, dokter akan memberikan penanganan yang tepat. Pada lupa ingatan yang disebabkan oleh kekurangan nutrisi, dokter akan memberikan suplemen nutrisi. Sementara untuk lupa ingatan karena depresi, dokter akan memberikan obat-obatan untuk mengatasi depresi yang dialami.Bagi penderita stroke yang mengalami lupa ingatan, terapi akan disarankan sebagai salah satu cara untuk meningkatkan fungsi memori yang dimiliki.Namun, untuk penyebab lupa ingatan yang tidak dapat disembuhkan, seperti Alzheimer, dokter hanya bisa memberikan penanganan yang dapat membantu untuk meringankan gejala dari penyebab hilang ingatan yang dialami.

Konsultasikan ke dokter

Apapun penyebabnya, Anda perlu untuk segera berkonsultasi ke dokter apabila merasa terganggu dengan lupa ingatan yang dirasakan. Penanganan yang tepat dapat membantu Anda untuk mengatasi masalah lupa ingatan yang dialami.
alzheimerdemensiapikun
Alzheimer’s Associations. https://www.alz.org/alzheimers-dementia/10_signs
Diakses pada 24 April 2019
Alzheimer Society Canada. https://alzheimer.ca/en/Home/About-dementia/What-is-dementia/Normal-aging-vs-dementia
Diakses pada 24 April 2019
Harvard Medical School. https://www.health.harvard.edu/blog/7-common-causes-of-forgetfulness-201302225923
Diakses pada 24 April 2019
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/alzheimers-disease/in-depth/memory-loss/art-20046326
https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/alzheimers-disease/symptoms-causes/syc-20350447
Diakses pada 24 April 2019
National Institute of Aging. https://www.nia.nih.gov/health/do-memory-problems-always-mean-alzheimers-disease
Diakses pada 24 April 2019
WebMD. https://www.webmd.com/brain/memory-loss#2
Diakses pada 22 Juli 2019
MSD Manual. https://www.msdmanuals.com/professional/neurologic-disorders/function-and-dysfunction-of-the-cerebral-lobes/amnesias
Diakses pada 20 November 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait