Ini Alasan Mengapa Luka Bekas Operasi Terasa Gatal


Sensasi gatal terkadang bisa mengalahkan rasa nyeri pada area luka bekas operasi. Namun sebenarnya, rasa gatal atau pruritis ini adalah bagian dari proses pemulihan bekas luka operasi.

0,0
29 Jun 2021|Azelia Trifiana
Luka bekas operasi gatalLuka bekas operasi
Sensasi gatal terkadang bisa mengalahkan rasa nyeri pada area luka bekas operasi. Terlebih, menggaruk bekas jahitan adalah pantangan yang tak boleh dilakukan. Namun sebenarnya, rasa gatal atau pruritis ini adalah bagian dari proses pemulihan  bekas luka operasi.Meski bisa membuat frustrasi, sensasi gatal ini sangatlah normal. Ketika ini terjadi, artinya sel-sel di area luka sedang terbentuk kembali.

Penyebab gatal luka bekas operasi

Rasa gatal adalah bagian normal dari proses penyembuhan luka. Ini berlaku pada bekas jahitan apapun dan di manapun lokasinya.Penyebab munculnya sensasi gatal ini dapat dijelaskan lewat tahapan penyembuhan luka berikut ini:

1. Hemostasis dan pembekuan darah

Pada tahap pertama penyembuhan luka, tubuh akan menghentikan aliran darah ke luka. Proses ini disebut dengan vasoconstriction. Dengan cara ini, pembuluh darah akan berhenti mengalirkan darah ke area luka.Ini juga berlaku pada kondisi cedera atau bekas jahitan. Ketika darah mulai menggumpal pada sisi-sisi luka, protein fibrinogen dalam plasma akan membentuk lapisan keras dan kering disebut scab. Biasanya, warnanya gelap seperti hitam atau kecokelatan dan melindungi luka.

2. Peradangan

Di tahap kedua proses pemulihan luka inilah rasa gatal dan nyeri mulai muncul. Sebab, sel-sel imun berbondong-bondong menuju lokasi luka untuk membantu membersihkan bagian dasar luka. Di saat yang sama, tengah dipersiapkan sel-sel yang baru.Beberapa sel yang disebut histamin membantu membuka pembuluh darah di sekitar luka sehingga sel-sel imun bisa mulai bekerja. Sayangnya, histamin ini juga merupakan zat kimia utama penyebab munculnya rasa gatal.Selain itu, apabila luka sudah terinfeksi maka rasa gatal akan lebih dominan karena sel-sel imun bekerja lebih keras untuk melawan bakteri. Pada beberapa kasus yang tidak diharapkan, proses pemulihan luka justru berhenti.Ketika luka bekas operasi atau bekas jahitan tetap berada di tahapan ini, bisa menjadi luka kronis. Salah satu komplikasinya adalah rasa gatal luar biasa.

3. Perbaikan

Tahap selanjutnya adalah pembentukan jaringan baru yaitu tahap proliferasi. Sel-sel mulai membuat matriks yang berisi beragam sel sehingga area kulit menjadi lebih sensitif. Ketika lapisan ini mulai masuk ke fase final, akan muncul cairan di bawah permukaan luka.Di tahap inilah koneksi saraf yang baru bergabung dengan yang lama sehingga ada reaksi mekanik dengan ciri khas timbulnya sensasi gatal.

Kapan harus mendapat penanganan medis?

Meski rasa gatal pada bekas luka operasi adalah hal yang wajar, ada kalanya hal ini juga memerlukan penanganan medis. Terlebih, apabila rasa gatal terjadi begitu signifikan hingga tidak terasa.Segera hubungi dokter apabila terjadi hal-hal berikut:
  • Peradangan
  • Demam tinggi
  • Luka tampak kemerahan
  • Sensasi kebas di area luka
  • Perdarahan berlebihan
  • Benang jahitan lepas
  • Keluar nanah
  • Keluar cairan dalam jumlah banyak
  • Area bekas jahitan mengeras (induration)

Cara merawat luka bekas jahitan

Biasanya, dokter akan memberikan petunjuk spesifik bagaimana cara merawat luka bekas jahitan, termasuk apakah ada jadwal untuk melepas jahitan. Ada kalanya jahitan tidak perlu prosedur melepas benang karena menggunakan benang atau lem khusus.Berikut ini beberapa tips merawat luka bekas jahitan:
  • Dalam periode 24-48 jam pertama, jangan sampai terkena air
  • Setelah beberapa hari, bersihkan perlahan area sekitar bekas jahitan dengan air dingin dan sabun lembut
  • Ketika mengeringkan, tepuk perlahan dan jangan menggosoknya
  • Hindari aktivitas fisik berlebihan yang berisiko merobek jahitan
  • Jangan melepas perban khusus jahitan tanpa persetujuan dokter
  • Jangan mengelupas benang jahitan atau scab yang menutupi luka
  • Pastikan tangan dan seluruh peralatan benar-benar steril saat proses mengganti perban

Bagaimana cara mencegahnya?

Terkadang, menangani bekas luka operasi adalah hal yang gampang-gampang susah. Utamanya berkaitan dengan cara membersihkan serta melindungi area luka. Menggaruk area yang gatal baik dengan sengaja maupun tidak bisa membuatnya kembali terbuka. Ini justru akan membuat proses pemulihan jadi jauh lebih lama.Sebagai alternatif, berikut ini cara meredakan gatal di area luka:
  • Mengaplikasikan kompres es batu
  • Mengonsumsi antihistamin
  • Melindungi luka dengan perban dan plester
  • Menjaga kulit sekitarnya tetap lembap
  • Melindungi luka dari iritasi akibat gesekan dengan pakaian
Sebaiknya jangan sembarangan mengaplikasikan balsam atau obat oles apapun pada area luka, kecuali ada supervisi langsung dari dokter.

Catatan dari SehatQ

Menggaruk luka bekas operasi atau bekas jahitan – meski pelan sekalipun – bisa mengganggu tahapan pemulihan seperti yang dijelaskan di atas. Lapisan jaringan yang baru sangatlah tipis dan halus, sehingga mudah sobek ketika tanpa sengaja tergaruk.Bahkan, bukan tidak mungkin akibat menggaruk sembarangan ini maka proses pemulihan luka akan kembali lagi ke tahap awal. Artinya, luka perlu waktu lebih lama lagi untuk sembuh dan rasa gatal pun kian lama menghantui.Jika ragu tentang bagaimana cara merawat luka bekas operasi, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
operasi caesaroperasi aclinfeksi luka pasca operasi
Healthline. https://www.healthline.com/health/itchy-stitches#causes
Diakses pada 15 Juni 2021
Medicine Net. https://www.medicinenet.com/caring_for_stitches_sutures/views.htm
Diakses pada 15 Juni 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/skin/itchy-scar
Diakses pada 15 Juni 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait