5 Minuman Pelancar Haid Alami Ini Bantu Anda Yang Sering Telat Datang Bulan


Beberapa perempuan mungkin ada yang rutin membeli minuman pelancar haid demi menstruasi yang lancar. Padahal tidak harus membeli, Anda bisa menemukan bahan-bahan alami untuk membuat minuman pelancar haid sendiri di rumah.

0,0
Kayu manis dapat digunakan untuk membuat minuman pelancar haid alamiKayu manis bisa menjadi bahan dasar minuman pelancar haid alami
Siklus haid yang tidak lancar menjadi salah permasalahan yang kerap dialami oleh kaum perempuan. Alhasil, beberapa orang memilih untuk minum obat atau minuman pelancar haid demi menstruasi yang lancar, teratur, dan tepat waktu.Terdapat beberapa rempah yang dipercaya mampu membantu melancarkan haid secara alami. Bahkan, tak harus membeli, Anda juga dapat membuat minuman untuk melancarkan haid sendiri di rumah dengan bahan yang mudah ditemukan. Apa saja? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Minuman pelancar haid agar menstruasi teratur

Umumnya, siklus menstruasi yang normal berlangsung selama 24-38 hari. Akan tetapi, beberapa wanita mungkin saja sering mengalami terlambat haid, terlalu cepat, atau malah bisa tidak menstruasi selama beberapa bulan.Sebelum memutuskan menggunakan obat-obatan untuk melancarkan menstruasi, Anda mungkin ingin terlebih dahulu mencari cara alami agar menstruasi lancar kembali. Berikut adalah beberapa bahan rempah alami rumahan yang bisa diolah untuk menyehatkan tubuh dan dipercaya dapat digunakan sebagai minuman pelancar haid.

1. Kayu manis

Kayu manis adalah salah satu jenis rempah alami yang diyakini sebagai minuman pelancar haid. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa seseorang yang rutin mengonsumsi kayu manis memiliki siklus mentruasi yang lebih teratur ketimbang mereka yang tidak.Untuk membuatnya, Anda hanya perlu menyeduhnya dengan air hangat atau mencampurkannya ke dalam teh hangat.Selain membantu memperlancar siklus haid, kayu manis juga dipercaya dapat mengurangi nyeri haid dan menjadi salah satu pilihan pengobatan untuk mengatasi kondisi PCOS.

2. Cuka apel

Menurut sebuah hasil studi, minum 15 gram cuka apel secara rutin dipercaya dapat melancarkan siklus haid pada penderita PCOS.Anda dapat meminumnya secara langsung atau mencampurkannya dengan satu sendok makan ke dalam segelas air.Selain memperlancar siklus haid pada penderita PCOS, cuka apel juga dapat menurunkan kadar gula darah dan insulin, serta dapat menurunkan berat badan.

3. Kunyit

Kunyit telah dikenal sejak lama sebagai salah satu minuman pelancar haid yang ampuh. Hal ini lantaran senyawa kurkumin yang terkandung di dalamnya juga berkhasiat sebagai obat.Kunyit juga memiliki efek yang mirip dengan hormon estrogen sehingga diyakini dapat membuat siklus haid menjadi teratur.Jika menstruasi tidak teratur, Anda dapat meminum racikan kunyit sebanyak 100-500 miligram, sebanyak dua kali sehari.

4. Jahe

Jahe dipercaya dapat membantu siklus haid menjadi lancar. Kendati demikian, keampuhan jahe sebagai salah satu minuman untuk menstruasi haid masih perlu diteliti lebih lanjut.Manfaat jahe yang berkaitan dengan menstruasi adalah meringankan gejala premenstrual syndrome (PMS) dan meredakan nyeri haid.

5. Nanas

Nanas adalah salah satu jenis buah-buahan yang diyakini memiliki manfaat yang berkaitan dengan masalah menstruasi. Kandungan bromelain, yaitu enzim yang diklaim dapat melunakkan dinding rahim sehingga melancarkan siklus haid.Anda dapat menjadikan nanas sebagai minuman pelancar haid dengan cara membuatnya menjadi jus. Meski demikian, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan keampuhan nanas untuk melancarkan haid secara alami.

Penyebab menstruasi tidak teratur

Beberapa bahan alami memang bisa dijadikan minuman pelancar haid. Meski begitu, Anda tetap perlu mengetahui penyebab menstruasi tidak teratur sehingga dapat mengetahui pengobatan yang tepat.Umumnya, haid yang tidak lancar disebabkan oleh perubahan kadar hormon estrogen dan progesteron. Perubahan itu bisa terjadi karena faktor stres, olahraga berlebihan, sedang hamil atau menyusui, dan menggunakan alat kontrasepsi.Beberapa kondisi kesehatan tertentu juga bisa menyebabkan menstruasi tidak lancar, seperti PCOS (sindrom ovarium polikistik), penebalan dinding rahim, fibroid rahim, atau gangguan kelenjar tiroid.Selain mengonsumi bahan-bahan alami untuk melancarkan menstruasi, Anda juga perlu menjalani gaya hidup sehat, seperti pola makan sehat dan rutin berolahraga. Makanan yang dapat membantu melancarkan haid adalah makanan yang tinggi folat, lemak, dan berbagai vitamin.Jika siklus haid masih tidak teratur setelah mencoba berbagai bahan pelancar menstruasi alami di atas dan perubahan gaya hidup, segera konsultasikan dengan dokter. Dokter akan melakukan pemeriksaan dan memberikan obat-obatan pelancar haid yang tepat sesuai sesuai penyebab gangguan siklus haid Anda.Anda juga bisa tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
siklus haidhaidkesehatan wanita
Healthline. https://www.healthline.com/health/womens-health/irregular-periods-home-remedies
Diakses pada 25 November 2019
Healthline. https://www.healthline.com/health/how-to-regulate-periods
Diakses pada 25 November 2019
Web Md. https://www.webmd.com/women/why-is-my-period-so-random#1
Diakses pada 25 November 2019
American Journal of Obstetrics & Gynecology. https://www.ajog.org/article/S0002-9378(14)00446-3/fulltext
Diakses pada 25 November 2019
NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/23666047
Diakses pada 25 November 2019
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait