apa manfaat buah ra untuk kesehatan
Buah ara memiliki banyak manfaat untuk kesehatan

Buah ara adalah buah dari pohon ara yang dipercaya berasal dari Asia Barat dan Timur Tengah. Buah ini sudah dikenal di dunia kuno sebagai makanan umum dan termasuk salah satu tanaman yang pertama kali dibudidayakan oleh manusia.

Di Indonesia kita bisa menemukan buah ara dijual dalam keadaan segar ataupun dalam bentuk kering. Buah ara memiliki kulit yang tipis dengan daging buah yang lembut dan berwarna merah. Kulit buah ara bisa berwarna ungu ataupun hijau.

Penampilan yang menarik dan rasanya yang manis bukanlah satu-satunya daya tarik dari buah ara. Faktanya, buah ara punya manfaat sangat beragam bagi kesehatan, mulai dari diabetes sampai menurunkan demam.

Manfaat buah ara bagi kesehatan

Anda mungkin tidak terlalu familiar dengan manfaat buah ara karena buah ara memang jarang ditemukan di supermarket ataupun pasar. Anda bisa berburu buah ini di toko online. Tidak ada salahnya mencoba buah yang namanya dikenal oleh hampir seluruh agama besar di dunia untuk merasakan manfaat kesehatannya.

  • Menjaga kesehatan kulit

Manfaat buah ara yang paling diketahui adalah dalam mengatasi kondisi kulit, seperti kutil. Senyawa lateks dari pohon buah ara diyakini mampu menghilangkan kutil di kulit tanpa efek samping apapun.

Selain itu, Anda bisa menggunakan buah ara mentah sebagai masker wajah yang kaya antioksidan, vitamin, dan mineral.

Anda bisa membuat masker wajah dengan menumbuk buah ara dan mengoleskannya pada wajah dengan pola melingkar. Setelahnya, biarkan masker di kulit 10 sampai 15 menit dan bilas dengan air hangat.

Anda tidak perlu membuat buah ara menjadi masker wajah untuk mendapatkan manfaatnya terhadap kesehatan kulit. Anda juga dapat mengonsumsi buah ara untuk mendapatkan kandungan nutrisinya bagi kulit.

  • Baik untuk rambut

Ingin rambut yang lebat dan lembut? Anda bisa menggunakan shampo, conditioner, ataupun masker rambut yang berbahan dasar buah ara. Buah ara diyakini mampu melembutkan dan menguatkan rambut, serta mendukung pertumbuhan rambut.

Hal ini karena buah ara memiliki kandungan tembaga dan seng yang dapat mencegah kerontokan rambut dan mempercepat perbaikan folikel rambut.

  • Mencegah sembelit

Manfaat buah ara yang lainnya adalah dalam mengatasi dan mencegah sembelit. Buah ara mengandung senyawa laksatif yang dapat mengatasi sembelit. Biasanya, buah ara yang digunakan untuk mengatasi sembelit dapat dibeli dalam bentuk sirup.

Buah ara mampu mengatasi sembelit dengan meningkatkan pergerakan usus besar, mengurangi upaya yang harus dilakukan untuk mengeluarkan tinja, menuntaskan BAB, serta mengurangi rasa sakit dan ketidaknyamanan pada perut

  • Mengatasi diabetes

Tidak hanya buahnya saja, daun dari pohon buah ara juga dapat membantu mengatur gejala dari diabetes. Ekstrak dari daun pohon buah ara mengandung ficusin yang mampu meningkatkan sensitivitas insulin.

Selain itu, ekstrak dari buah ara juga bermanfaat mengatasi diabetes dengan mengatur kadar asam lemak dan vitamin E dalam darah, serta memperlambat produksi glukosa dalam organ hati.

Meskipun demikian, manfaat buah ara dalam mengatasi diabetes tidak dapat menggantikan pola makan imbang dan obat diabetes yang diberikan oleh dokter.

  • Menurunkan demam

Meskipun masih membutuhkan riset lebih lanjut, daun buah ara berpotensi untuk menurunkan demam pada tikus.

Efek samping dari buah ara

Meskipun terdapat banyak manfaat buah ara bagi kesehatan, tetapi beberapa orang tidak dapat mengonsumsi buah ara. Bagi Anda yang memiliki alergi terhadap lateks, serbuk sari pohon birch, dan nangka, Anda sebaiknya tidak mengonsumsi buah ara.

Biasanya orang yang menderita alergi di atas berpotensi juga memiliki alergi terhadap buah ara. Bila Anda mengonsumsi obat pengecer darah, seperti warfarin, maka Anda juga sebaiknya menghindari buah ara yang tinggi vitamin K.

Saat akan mengonsumsi buah ara, konsumsilah buah ara secukupnya, karena konsumsi buah ara yang berlebih berpotensi menyebabkan diare. Selalu konsultasikan ke dokter sebelum mengonsumsi buah ara apabila Anda memiliki kondisi medis tertentu atau mengonsumsi obat tertentu.

Healthline. https://www.healthline.com/health/figs#nutritional-benefits
Diakses pada 18 Desember 2019

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/327207.php#benefits
Diakses pada 18 Desember 2019

Researchgate. https://www.researchgate.net/publication/281941455_Evaluation_Of_Anti-Pyretic_Potential_Of_Ficus_carica_Leaves
Diakses pada 18 Desember 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed