Mengenal Manfaat Buah Tin Alias Buah Ara untuk Kesehatan Anda


Manfaat buah tin atau buah ara baik untuk penderita diabetes hingga mampu meningkatkan ereksi. Buah tin tingga kandungan vitamin dan mineral. Namun, konsumsinya tidak boleh berlebihan karena bisa meninmbulkan efek samping.

0,0
19 Dec 2019|Anita Djie
manfaat buah tin untuk kesehatan salah satunya menyehatkan rambutBuah ara memiliki banyak manfaat untuk kesehatan
Buah tin banyak tumbuh di daerah Asia Barat dan Timur Tengah. Buah tin atau yang juga dikenal buah ara ini sudah dikenal di dunia kuno sebagai makanan umum dan termasuk salah satu tanaman yang pertama kali dibudidayakan oleh manusia. Manfaat buah tin untuk kesehatan dikenal beragam, bahkan baik untuk sistem reproduksi.Di Indonesia kita bisa menemukan buah ara dijual dalam keadaan segar ataupun dalam bentuk kering. Buah tin memiliki kulit yang tipis dengan daging buah yang lembut dan berwarna merah. Kulit buah ara bisa berwarna ungu ataupun hijau.Penampilan yang menarik dan rasa buah ara yang manis bukanlah satu-satunya daya tarik dari buah ara. Faktanya, buah ara punya manfaat sangat beragam bagi kesehatan, mulai dari diabetes sampai menurunkan demam.

Manfaat buah tin untuk kesehatan

Anda mungkin tidak terlalu familiar dengan manfaat buah ara karena buah ara memang jarang ditemukan di supermarket ataupun pasar. Anda bisa berburu buah ini di toko online. Tidak ada salahnya mencoba buah yang namanya dikenal oleh hampir seluruh agama besar di dunia untuk merasakan manfaat kesehatannya.Berbagai manfaat buah tin adalah:

1. Menjaga kesehatan kulit

Salah satu manfaat buah tin adalah membantu mengatasi kondisi kulit, seperti kutil. Senyawa lateks dari pohon buah ara diyakini mampu menghilangkan kutil di kulit tanpa efek samping apapun.Selain itu, Anda bisa menggunakan buah ara mentah sebagai masker wajah yang kaya antioksidan, vitamin, dan mineral.Anda bisa membuat masker wajah dengan menumbuk buah ara dan mengoleskannya pada wajah dengan pola melingkar. Setelahnya, biarkan masker di kulit 10 sampai 15 menit dan bilas dengan air hangat.Anda tidak perlu membuat buah ara menjadi masker wajah untuk mendapatkan manfaatnya terhadap kesehatan kulit. Buah tin juga digadang-gadang bisa untuk mengobati jerawat, tapi klaim ini masih perlu penelitian lebih lanjut. Namun jika Anda sudah merasakan manfaat buah tin ini, lanjutkan perawatan tersebut karena tidak ada salahnya merawat wajah dengan bahan yang alami.

2. Baik untuk rambut

Ingin rambut yang lebat dan lembut? Anda bisa menggunakan shampo, conditioner, ataupun masker rambut yang berbahan dasar buah ara. Buah ara diyakini mampu melembutkan dan menguatkan rambut, serta mendukung pertumbuhan rambut.Hal ini karena buah ara memiliki kandungan tembaga dan seng yang dapat mencegah kerontokan rambut dan mempercepat perbaikan folikel rambut.

3. Mencegah sembelit

Manfaat buah ara yang lainnya adalah dalam mengatasi dan mencegah sembelit. Buah ara mengandung senyawa laksatif yang dapat mengatasi sembelit. Biasanya, buah ara yang digunakan untuk mengatasi sembelit dapat dibeli dalam bentuk sirup.Buah ara mampu mengatasi sembelit dengan membantu meningkatkan pergerakan usus besar, membantu mengurangi upaya yang harus dilakukan untuk mengeluarkan tinja, menuntaskan BAB, serta mengurangi rasa sakit dan ketidaknyamanan pada perut, hingga menurunkan berat badan.

4. Mengatasi diabetes

Tidak hanya buahnya saja, daun dari pohon buah tin juga dapat membantu mengatur gejala dari diabetes. Ekstrak dari daun pohon buah ara mengandung ficusin yang mampu meningkatkan sensitivitas insulin.Penelitian menunjukkan, minuman dari ekstrak buah tin memiliki kandungan indeks glikemik yang lebih rendah, sehingga dapat membantu menjaga kadar gula darah pada penderita diabetes.Selain itu, ekstrak dari buah ara juga bermanfaat mengatasi diabetes dengan mengatur kadar asam lemak dan vitamin E dalam darah, serta memperlambat produksi glukosa dalam organ hati.Meskipun demikian, manfaat buah ara dalam mengatasi diabetes tidak dapat menggantikan pola makan imbang dan obat diabetes yang diberikan oleh dokter.Baca juga: Buah untuk Diabetes yang Aman Dikonsumsi Penderitanya

5. Mencegah kanker

Manfaat buah tin bukan hanya baik untuk pencernaan, tapi juga dapat mencegah pertumbuhan sel kanker usus. Buah tin mengandung antioksidan seperti flavonoid yang dapat mencegah kerusakan sel akibat terpapar radikal bebas. Bukan hanya dari buahnya, manfaat buah tin untuk mencegah kanker juga didapat dari ekstrak daunnya. Namun, khasiat buah tin untuk mencegah kanker masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.

6. Menjaga kesehatan jantung

Buah tin mengandung tinggi kalium, tembaga, dan zat besi yang merupakan mineral penting dalam fungsi vitam sistem kardiovaskular. Kandungan mineral tersebut berkhasiat untuk melancarkan aliran darah dan mengurangi risiko penyakit jantung serta stroke. Kalium berfungsi sebagai komponen untuk mengendalikan denyut jantung dan menurunkan tekanan darah. Sementara zat besi dan tembaga diperlukan untuk membantu produksi sel darah merah dalam tubuh.Selain itu, buah tin juga berkhasiat untuk meningkatkan kadar kolesterol baik dalam darah. Namun, penelitian ini baru ditemukan pada hewan, dan membutuhkan penelitian lebih lanjut pada manusia.

7. Meningkatkan kepadatan tulang

Kandungan mineral kalsium dan kalium di dalam buah tin dapat meningkatkan kepadatan tulang dan mencegah pengeroposan, seperti osteoporosis. Kalium berkhasiat untuk menjaga kesehatan tulang dan mengurangi risiko tulang rusak. Sementara kalsium berperan sebagai komponen penting untuk menyusun struktur tulang. 

8. Meningkatkan kesehatan ereksi

Manfaat buah tin untuk masyarakat Arab kerap digunakan sebagai obat tradisional untuk memperbaiki masalah seksualitas. Buah tin dipercaya menjadi obat untuk mengatasi disfungsi ereksi. Buah tin juga kerap dijadikan sebagai makanan afrodisiak untuk meningkatkan stamina saat berhubungan seksual. Namun, manfaat buah tin ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut. 

Efek samping dari buah ara

Buah tin dapat dikonsumsi langsung ataupun dikeringkan. Buah ini juga bisa dicampurkan ke dalam salad atau dikombinasikan dengan makanan lain, seperti keju atau kacang-kacangan.Meskipun terdapat banyak manfaat buah ara bagi kesehatan, tetapi beberapa orang tidak dapat mengonsumsi buah tin. Bagi Anda yang memiliki alergi terhadap lateks, serbuk sari pohon birch, dan nangka, Anda sebaiknya tidak mengonsumsi buah ara.Biasanya orang yang menderita alergi di atas berpotensi juga memiliki alergi terhadap buah fig. Bila Anda mengonsumsi obat pengencer darah, seperti warfarin, maka Anda juga sebaiknya menghindari buah ara yang tinggi vitamin K.Saat akan mengonsumsi buah fig, konsumsilah buah ara secukupnya, karena konsumsi buah ara yang berlebih berpotensi menyebabkan diare. Selalu konsultasikan ke dokter sebelum mengonsumsi buah ara apabila Anda memiliki kondisi medis tertentu atau mengonsumsi obat tertentu.Jika ingin berkonsultasi langsung pada dokter, Anda bisa chat dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ.
Download aplikasinya sekarang di Google Play dan Apple Store.
makanan sehathidup sehatpola hidup sehat
Healthline. https://www.healthline.com/health/figs#nutritional-benefits
Diakses pada 18 Desember 2019
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/327207.php#benefits
Diakses pada 18 Desember 2019
Researchgate. https://www.researchgate.net/publication/281941455_Evaluation_Of_Anti-Pyretic_Potential_Of_Ficus_carica_Leaves
Diakses pada 18 Desember 2019
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait