logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Bayi & Menyusui

Penyebab Lidah Bayi Putih, dan Cara Tepat Menghilangkan Bercaknya

open-summary

Lidah bayi putih bisa disebabkan oleh berbagai faktor salah satunya adalah karena infeksi jamur. Atasi bercak putih pada mulut bayi dengan dua cara yakni melalui obat atau perawatan di rumah.


close-summary

3.33

(12)

16 Okt 2019

| Azelia Trifiana

Ditinjau oleh dr. Anandika Pawitri

Lidah bayi putih adalah tanda infeksi jamur

Cek apakah lidah bayi putih disebabkan oleh ASI atau infeksi jamur

Table of Content

  • Penyebab lidah bayi putih
  • Ciri-ciri lidah bayi putih karena infeksi jamur
  • Cara mengatasi lidah putih pada bayi
  • Catatan dari SehatQ

Lidah bayi putih adalah hal wajar yang kerap ditemukan oleh ibu pada bayi baru lahir. Sebenarnya, lidah putih pada bayi bisa dibersihkan segera. Namun, hal ini juga bisa menjadi tanda jika bayi mengalami infeksi jamur.

Advertisement

Bahkan, infeksi ini terjadi akibat adanya penularan yang dibawa dari ibunya. Untuk itu, penting mengetahui apa saja penyebab dari munculnya bercak putih pada mulut bayi tersebut agar Anda bisa memilih langkah penanganan yang tepat.

Penyebab lidah bayi putih

Lidah bayi putih dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Mulai dari faktor ringan yakni karena endapan susu, hingga faktor yang lebih serius yakni karena infeksi jamur.

Meski adanya bercak putih pada mulut bayi merupakan hal yang umum terjadi, namun Anda sebaiknya tetap mewaspadai penyebab tersebut agar tidak menimbulkan gangguan kesehatan mulut bayi yang lebih serius.

Berikut beberapa penyebab lidah bayi berwarna putih yang perlu Anda ketahui:

1. Endapan susu

no caption
Endapan susu sebabkan lidah bayi putih

Pada kondisi penyebab lidah bayi putih karena endapan susu, hal ini sangat alami terjadi. Endapan ASI atau susu formula kerap terjadi karena bayi belum memproduksi cukup air liur untuk “membilas” lidah mereka. 

Lapisan bisa relatif lebih tebal jika bayi diberi susu formula. ASI menumpuk karena bayi tidak menghasilkan banyak air liur dalam dua hingga tiga bulan pertama setelah mereka dilahirkan. Umumnya setelah ini, mereka akan menghasilkan lebih banyak air liur yang juga dapat membersihkan sisa susu pada lidah.

2. Infeksi jamur Candida albicans

no caption
Dot bayi yang kotor timbulkan jamur pada lidah bayi

Hal yang perlu diberi perhatian ekstra adalah penyebab lidah putih akibat jamur Candida albicans. Kondisi ini juga kerap disebut oral thrush.

Jika tidak segera ditangani, hal ini mampu menyebabkan infeksi jamur menyebar. Efeknya, bayi mengalami sariawan yang melebar ke area mulut lainnya.

Sebenarnya, lidah berwarna putih pada bayi ini erat kaitannya dengan imun. Sebab, saat masih bayi kekebalan tubuh mereka belum sempurna yang menyebabkan bayi rentan terinfeksi jamur Candida albicans.

Kebiasaan menggunakan empeng atau dot yang tidak langsung dibersihkan juga bisa menjadi tempat tumbuhnya jamur Candida. Mulut bayi yang lembap sangat mudah memicu perpindahan jamur dari benda-benda lain ke dalam mulut.

3. Penularan melalui ibu

no caption
Infeksi jamur pada lidah bayi putih bisa ditularkan sejak persalinan

Infeksi jamur yang mengakibatkan lidah putih pada bayi bisa terjadi sejak masa persalinan. Jamur Candida biasanya ada di mulut atau vagina.

Apabila sang ibu mengalami perubahan hormon seperti pada masa kehamilan, ada kemungkinan jamur Candida berkembang biak menjadi lebih banyak hingga memicu infeksi.

Ketika bayi dilahirkan lewat vagina dalam persalinan normal, bisa saja organisme jamur ini menginfeksi bayi. Itulah mengapa lidah putih pada bayi biasanya terlihat saat mereka baru lahir hingga bayi berusia 2 bulan.

Selain terkena infeksi jamur saat persalinan, infeksi jamur juga bisa terjadi saat bayi menyusui. Hal ini biasanya terjadi apabila payudara atau puting ibu sering lembap sehingga ditumbuhi jamur.

4. Konsumsi obat tertentu

no caption
Kortikosteroid sebabkan infeksi jamur pada lidah bayi

Rupanya, konsumsi obat tertentu juga membuat bayi mengalami lidah berwarna putih. Obat yang menjadi “biang keladi” di balik lidah putih pada bayi adalah obat antibiotik atau obat kortikosteroid. Obat ini mampu membunuh bakteri baik sehingga menyebabkan infeksi jamur pada lidah bayi.

Lidah berjamur pada bayi akibat Candida albicans ini juga bisa menular melalui ibu. Dalam hal ini, berdasarkan riset yang terbit pada jurnal Eukaryotic Cell, penularan oral thrush diakibatkan konsumsi obat estrogen seperti obat kontrasepsi.

Estrogen mampu meningkatkan kadar sel jamur  Candida albicans pada tubuh ibu. Akibatnya, hal ini membuat bayi juga terkena infeksi jamur.

Baca Juga

  • Kepala Bayi Lonjong Saat Baru Lahir, Bahayakah?
  • 11 Penyebab Munculnya Benjolan di Ketiak yang Mungkin Pernah Anda Alami
  • Umur Berapa Bayi Bisa Duduk Sendiri? Plus 3 Cara Stimulasinya agar Anak Cepat Duduk

Ciri-ciri lidah bayi putih karena infeksi jamur

no caption
Bintik putih di lidah pertanda oral thrush

Untuk membedakan mana lidah putih pada bayi yang disebabkan karena endapan ASI atau susu formula dengan yang terinfeksi jamur, Anda bisa mendeteksinya lewat beberapa hal berikut:

  • Bintik putih di lidah, pipi bagian dalam, dan langit-langit mulut
  • Lidah putih pada bayi tidak mudah hilang meski sudah diusap
  • Lapisan putih pada bibir bayi
  • Bayi merasa tidak nyaman saat menyusu
  • Perut terasa tidak nyaman karena infeksi jamur

Menurut ahli, bayi yang mengalami infeksi jamur pada lidah bayi putih akan lebih rewel saat menyusu. Hal ini terjadi karena mereka merasa lapar, tetapi sakit ketika mencoba untuk menyusu atau menghisap dot.

Cara mengatasi lidah putih pada bayi

Cara menghilangkan putih pada lidah bayi harus dilakukan sesuai dengan penyebabnya.

Apabila disebabkan oleh infeksi jamur di mulut bayi,  ibu juga harus mendapatkan pengobatan yang sesuai. Sebab, infeksi jamur di mulut bayi yang menyebabkan lidah berwarna putih ini mudah menular. Maka itu langkah pencegahan dan pengobatan penting untuk dilakukan bayi maupun ibunya.

Inilah cara mengatasi lidah bayi putih yang bisa Anda pilih sesuai penyebabnya:

1. Gunakan obat anti jamur

no caption
Oleskan krim antijamur di bagian yang terinfeksi

Salah satu cara untuk mengatasi oral thrush adalah menggunakan obat untuk menghilangkan jamur pada mulut bayi. Obat anti jamur ini berguna untuk mengatasi Candida albicans. Umumnya, obat untuk menghilangkan jamur pada mulut bayi berupa krim anti jamur yang diberikan untuk lidah seperti krim miconazole

Selain itu, jenis obat anti jamur yang kerap diberikan sebagai cara menghilangkan putih pada lidah bayi adalah obat tetes nystatin.

Kedua obat anti jamur ini digunakan dengan cara dioles atau ditetes pada area mulut yang terdapat jamur. Obat ini juga bisa diaplikasikan pada puting ibu yang juga ditemukan jamur.

2. Gunakan obat tradisional

no caption
Probiotik berisi bakteri baik untuk melawan jamur pada putih

Dalam hal ini, obat tradisional yang bisa dipilih adalah dengan konsumsi probiotik. Diketahui, probiotik berguna untuk melawan mikroba yang tumbuh pada lidah berwarna putih pada bayi. Probiotik biasanya dijual dalam bentuk tetes atau bubuk.

3. Cara membersihkan lidah bayi putih

no caption
Bersihkan lidah bayi mampu hilangkan lidah berwarna putih

Cara ini digunakan sebagai untuk membersihkan lidah bayi putih akibat endapan susu. Cara menghilangkan putih pada lidah bayi bisa dilakukan dengan mengusap lidah bayi menggunakan kasa steril atau kapas.

Jangan lupa untuk mencelup kasa steril atau kapas ini ini ke dalam air hangat terlebih dahulu kemudian bersihkan bercak putih pada mulut bayi dengan gerakan melingkar dengan lembut. 

4. Jaga kebersihan benda-benda yang menyentuh mulut bayi

no caption
Selalu jaga kebersihan botol susu agar jamur tidak tumbuh

Cara mengatasi lidah bayi putih akibat jamur adalah dengan mencuci bersih apapun yang mengalami kontak langsung pada mulut bayi.

Biasanya, barang-barang yang kerap bersentuhan dengan mulut bayi adalah botol bayi, empeng, alat pompa payudara, atau alat makan. Pastikan setiap dot, botol susu hingga alat makan steril sebelum digunakan dengan cara merebusnya dalam air selama kurang lebih 20 menit.

Pastikan juga payudara kering sempurna sebelum kembali ditutup dengan bra menyusui agar payudara tidak berjamur. Anda juga bisa membasuh payudara dengan kain lembut yang sudah direndam air hangat setiap kali selesai menyusui. Cara ini membuat jamur tidak mudah mengendap di payudara ibu.

Tidak lupa pula, ibu tetap menjaga kebersihan payudara dengan cara mencuci bra setiap kali bra basah. Agar tidak menyebabkan infeksi makin parah, cuci bra dengan air panas.

Catatan dari SehatQ

Lidah bayi putih umumnya terjadi akibat dua penyebab, yaitu adanya endapan susu maupun infeksi jamur Candida albicans

Cara menghilangkan putih pada lidah bayi bisa dilakukan adalah dengan membersihkan lidah bayi menggunakan kasa steril. Selain itu, penggunaan obat anti jamur juga mampu mengobati lidah putih pada bayi maupun pada puting payudara ibu.

Jika Anda masih melihat lidah bayi putih dan tak kunjung membaik, segera konsultasikan dengan dokter melalui chat di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ.

Download aplikasinya sekarang di Google Play dan Apple Store.

Advertisement

asi eksklusifinfeksi jamurbercak putih di lidahtumbuh kembang bayimengatasi bayi rewelmerawat bayi

Terima kasih sudah membaca.

Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

Kumpulan Artikel dan Forum

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved